Sabtu, 20 Desember 2008

Ismail atau Ishak ?

JAWABAN UNTUK ARTIKEL Abd Moqsith Ghazali
“Ismail atau Ishak? ”

Oleh : Armansyah

Artikel saya berikut ini merupakan tanggapan maupun jawaban terhadap salah satu artikel Sdr. Abd Moqsith Ghazali berjudul : Ismail atau Ishak? sebagaimana yang dimuat dalam dalam situs Jaringan Islam Liberal http://islamlib.com/id/index.php?page=article&id=978


Sdr. Abd Moqsith Ghazali menulis :

Ismail atau Ishak ?

Seluruh kitab suci yang berada dalam rumpun tradisi abrahamik mengisahkan peristiwa penyembelihan Ibrahim terhadap puteranya. Karena itu, umat Islam, kristiani, dan kaum Yahudi mengimani bahwa penyembelihan itu bukan mitos yang perlu dijebol, tapi fakta yang harus diimani. Begitulah. Hanya para ulama Islam berbeda pandangan tentang siapa yang hendak disembelih di antara putera-putera Ibrahim. Ada yang menyebut Ismail, anak Ibrahim dari hasil perkawinannya dengan Hajar (Perjanjian Lama [PL] menyebutnya Hagar), isteri kedua.

Dan ada pula yang menyatakan Ishak, anak Ibrahim dari hasil perkawinannya dengan Sarah (PL menyebutnya Sarai atau Sara), isteri pertama. Perlu diketahui bahwa Ismail lebih tua dari Ishak. Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, Tafsir al-Qur`an al-Karim (Juz IV hlm. 16) menjelaskan bahwa Ismail lahir saat Ibrahim berumur 86 tahun. Sementara Ishak lahir ketika Ibrahim berumur 99 tahun--menurut PL 100 tahun.

Tanggapan saya :

Apa yang anda sampaikan diatas memang benar, dari sisi usia, jelas Ismail as memang lebih tua daripada Ishaq namun alangkah lebih bijaknya apabila kita memperlihatkan juga dalil-dalilnya baik itu dari al-Qur'an maupun Perjanjian Lama agar lebih jelas dan bisa dipahami oleh yang lainnya terutama masyarakat awam :

Dari Surah Ash Shaffat (37) ayat 99 sampai dengan ayat 113 :

99 Dan Ibrahim berkata: Sesungguhnya aku pergi menghadap Tuhanku dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

100. Wahai Tuhanku, anugerahilah aku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh;

101. Maka Kami gembirakan dia dengan (kelahiran) seorang anak yang amat sabar.

102. Maka tatkala anak itu telah sampai pada usia dapat membantu bapaknya, berkatalah Ibrahim : 'Wahai anakku sayang, sesungguhnya aku melihat didalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Untuk itu bagaimanakah pendapatmu ?' Anaknya menjawab: 'Hai Bapakku, laksanakanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapati aku termasuk golongan orang-orang yang sabar'.

103. Maka tatkala keduanya (bapak dan anak) telah menyerahkan diri (kepada Allah) dan Ibrahim telah merebahkan anaknya diatas pipinya (ditempat penyembelihan dan hampir menyembelihnya).

104. Maka Kami panggillah dia, 'Wahai Ibrahim' (Janganlah engkau lanjutkan perbuatan itu.)

105. Sungguh, engkau telah membenarkan (melaksanakan perintah-Ku dalam) mimpi itu. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

106. "Sesungguhnya (perintah penyembelihan) ini benar-benar suatu ujian yang nyata,

107. Dan Kami tebus sembelihan itu dengan sembelihan yang agung,

108. dan Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.

109. Yaitu, Kesejahteraan yang senantiasa dilimpahkan atas Ibrahim."

110. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik,

111. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh,

113. Dan Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ismail) dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucu mereka berdua, ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zhalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata."

Dari pemaparan ayat-ayat diatas, maka jelas bahwa al-Qur'an menggambarkan Ismail lahir lebih dahulu daripada Ishaq dan dari keduanya ini kelak akan lahir dua komunitas atau bangsa yang masing-masing menjalani hidupnya dengan dua sisi, yaitu baik dan jahat. Hemat saya ini hal yang alamiah saja sebagai sifat kefitrahan yang ada pada diri setiap manusia.

Perjanjian Lama sendiri menyebutkan bahwa putera tertua Ibrahim adalah Ismail :

Ini dimulai dari ayat ke-2 dan 3 dari Kitab Kejadian pasal 16 dimana Sarah sebagai istri pertama dari Ibrahim telah memberikan persetujuan kepada suaminya untuk menikahi Hajar budaknya sendiri.

Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya. Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai. (Kejadian 16:2-3)

Dari Hajar (Hagar) ini lahirlah putra pertama Ibrahim yang bernama Ismail disaat usia Ibrahim kala itu 86 tahun.

Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. (Kejadian 16:15-16)

Kisah ini bersesuaian dengan al-Qur'an pada surah 37 ayat 101, dan Kitab Kejadian pada pasal 21 ayat 5 menceritakan bahwa Ibrahim juga akhirnya mendapatkan keturunan dari Sarah, yaitu Ishak, dimana pada kala itu usia Ibrahim sudah mencapai 100 tahun.

Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. (Kejadian 21:5)

Jadi beda antara usia Ismail dan Ishak adalah 14 tahun.
Suatu perbedaan usia yang cukup jauh.


Sdr. Abd Moqsith Ghazali menulis :

Al-Qurthubiy dalam al-Jami' li Ahkam al-Qur`an (Jilid VIII, hlm. 87) mengemukakan perihal perbedaan pandangan itu. Ada yang menyatakan bahwa yang diperintahkan untuk dikurbankan adalah Ismail. Pendapat ini dikemukakan oleh sejumlah sahabat Nabi dan tabi'in, seperti Abu Hurairah, Abu Thufail, Amir bin Watsilah, Sa'id ibn al-Musayyab, Yusuf bin Mihran, Rabi' bin Anas, dan Muhammad ibn Ka'b al-Quradhiy. Pendapat ini konon didasarkan pada sebuah data historis yang menjelaskan bahwa penyembelihan tersebut berlangsung di Mekah (dahulu bernama Bakkah), sehingga yang hendak disembelih tersebut pasti Ismail, karena Ishak sepanjang hidupnya tidak pernah sampai ke sana. Mereka mengajukan bukti tambahan. Tanduk hewan kurban, pengganti Ismail, di gantung di Ka'bah. Sekiranya Ishak yang mau disembelih, maka tanduk itu kiranya tak digantung di Ka'bah, mungkin di tempat lain seperti Baytul Maqdis. Lepas dari argumen yang disodorkannya, terang bahwa pendapat pertama ini yang paling banyak dipercaya.
Sementara yang lain berpendapat bahwa anak yang diminta untuk disembelih, tidak lain, adalah Ishak bin Ibrahim. Pendapat ini diikuti oleh sejumlah sahabat dan tabiin. Dari kalangan sahabat tercatat nama-nama seperti Abdullah ibn Abbas, Abdullah bin Mas'ud, Umar bin Khaththab, Jabir, Abdullah bin Umar, dan Ali bin Abi Thalib. Dari kalangan tabi'in yang berpendapat demikian di antaranya, Alqamah, Sya'biy, Mujahid, Sa'id bin Jubair, Ka'ab al-Ahbar, Qatadah, Masruq, Ikrimah, Qasim bin Abi Bazzah, Atha`, Abdurrahman bin Sabith, al-Zuhry, al-Sadiy, Abdullah bin Abi al-Hudzail, dan Malik bin Anas. Pendapat ini bukan hanya didasarkan pada hadits, tapi juga asumsi kesejarahan. Kelompok kedua ini mengakui bahwa tanduk domba yang disembelih itu digantung di Ka'bah, tapi--menurut mereka--itu dibawa Ibrahim dari negeri Kan'an, tempat tingal Ishak.
Sayangngnya, sekalipun pendapat kedua ini memiliki argumentasi yang kuat, tetap saja ia kalah populer dengan pendapat pertama. Jangan-jangan, pendapat yang kedua ini tertolak hanya karena ia didukung atau (malah) merujuk pada Perjanjian Lama. Di dalam Perjanjian Lama disebut bahwa Ishak lah yang akan dikurbankan, dan bukan Ismail. Tuhan berfirman kepada Ibrahim, "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu" (Kejadian, 22: 2]. Pada sumber inilah, seluruh umat Yahudi dan Nashrani mengacu, sehingga tak terlalu tampak perselisihan pendapat di antara mereka.
Tanggapan saya :
Pada ayat al-Qur'an surah Ash Shaffat ayat 102, disebutkan bahwa tatkala usia anak yang dilahirkan pertama tersebut, dalam hal ini adalah Ismail sudah mencapai usia yang cukup untuk mengerti, maka Allah mengadakan ujian bagi Ibrahim antara kecintaannya terhadap Allah dan kecintaannya terhadap anak yang selama ini sudah dia nanti-nantikan. Kisah ini jika kita kembalikan pada kitab Kejadian, sangat bersesuaian, dimana pada usia Ismail yang sudah lebih dari 10 tahun itu, beliau sudah cukup mengerti untuk berpikir dan tengah meranjak menuju kepada fase kekedewasan. Nabi Ibrahim yang mendapatkan perintah dari Allah itu, melakukan dialog tukar pikiran dengan putranya mengenai pengorbanan yang diminta oleh Allah terhadap diri anaknya ini. Dan kisah yang ini sama sekali bertentangan dengan kisah Kitab Kejadian yang menyebutkan Ibrahim telah membohongi putranya.

Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.(Kejadian 22:2)

Dari sini kita lihat sudah, bahwa Kitab Kejadian 22:2 sudah mengalami distorsi dengan penyebutan anak tunggal itu adalah Ishak (Isaac).

Pada kitab Kejadian pasal 16 ayat 16 yang sudah kita bahas sebelumnya diterangkan pada waktu Hagar memperanakkan Ismail bagi Abram, ketika itu umur Ibrahim 86 tahun. Pada kitab kejadian 21:5 disebutkan pada waktu Ishak lahir maka umur Ibrahim 100 tahun. Berdasarkan kedua ayat itu, maka anak Ibrahim yang lahir lebih dahulu ialah Ismail. Jika kitab Kejadian pasal 22 ayat 2 menerangkan bahwa firman Tuhan kepada Ibrahim untuk mengorbankan "anak tunggal", jelas pada waktu itu anak Ibrahim baru satu orang. Adapun anak yang baru seorang ini sudah tentu anak yang lahir pertama atau yang lahir lebih dahulu. Dan anak Ibrahim yang lahir pertama ini ialah Ismail. Jadi kitab Kejadian pasal 22 ayat 2 yang menyebutkan "anak tunggal" itu Ishak, jelas merupakan sisipan atau penggantian yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Apabila pada kitab Kejadian pasal 16 ayat 16 dan kitab Kejadian pasal 21 ayat 5 anak Ibrahim pada waktu itu sudah dua orang, yaitu Ismail dan Ishak lalu mengapa pada kitab Kejadian pasal 22 ayat 2 disebutkan "anak tunggal" ?

Yang berarti bahwa anak Ibrahim baru satu orang, lalu kemana anak yang satunya lagi ? Padahal kedua anak tersebut masih sama-sama hidup !

Jadi seharusnya ayat yang menerangkan kelahiran Ishaq itu letaknya sesudah ayat pengorbanan, sehingga setelah ayat pengorbanan lalu diikuti oleh ayat kelahiran Ishak. Inilah yang disebut dengan "tahrif" oleh al-Qur'an, yaitu mengubah letak ayat dari tempatnya yang asli ketempat lain sebagaimana yang disitir oleh Surah An Nisa' ayat 46 :

"Diantara orang-orang Yahudi itu, mereka mengubah perkataan dari tempatnya ..."

Dengan begitu semakin jelas saja bahwa Perjanjian Lama memang mengandung tahrif (pengubahan, penambahan, pengurangan dan sebagainya), dan jelas pula bahwa kitab yang sudah diubah-ubah itu tidak dapat dikatakan otentik dari Tuhan melainkan merupakan kitab yang terdistorsi oleh ulah tangan-tangan manusia. Bahkan umat Kristen Protestan dengan reformasi “Sola Scripturanya” telah terang-terangan menolak tujuh kitab dalam yang ada didalam Bible dengan dasar bahwa ketujuhnya adalah kitab-kitab yang palsu. Lebih ekstrim lagi, sekte “kesaksian Yehovah” seperti yang dikutip oleh Kristolog Ahmad Deedat dari majalah Awake 08 September 1957 secara transparan menyatakan bahwa didalam Bible sekarang terdapat 50.000 kesalahan atau manipulasi.

Setelah ternyata Ibrahim lebih mengutamakan kecintaan dan kepatuhannya kepada Allah, maka Allah melimpahkan rahmat-Nya yang sangat besar kepada Ibrahim juga Allah telah meluluskan doa Ibrahim sebelumnya agar memperoleh anak yang saleh, yaitu putra tunggalnya, Ismail.

Dalam beberapa diskusi saya dengan umat Kristen, mereka berargumen bahwa penyebutan Ishak sebagai anak tunggal Ibrahim tidak lain karena Ismail terlahir dari budak dan merupakan anak tidak sah ..... menurut saya pendapat ini konyol dan tidak beralasan ... sebab Kitab Kejadian 16:3 secara jelas menyebutkan bahwa Hagar sebelum ia melahirkan Ismail terlebih dahulu ia dijadikan istri oleh Ibrahim yang artinya itu adalah sah menurut hukum, apalagi ini Tuhan sendiri yang memberkatinya.

Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, --yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan--,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya. (Kejadian 16:3)

Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar. (Kejadian 17:20)

Adapula yang membantahnya dengan merujuk kitab Kejadian pasal 21 ayat 12 bahwa yang dimaksud dengan keturunan Ibrahim adalah yang berasal dari benih Sarah :

Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. (Kejadian 21:12)

Tetapi pernyataan ini tertolak sendiri dengan ayat berikutnya yaitu kitab Kejadian pasal 21 ayat 13

Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu. (Kejadian 21:13)

Sehingga yang dimaksud oleh ayat dikitab Kejadian pasal 21 ayat 13 bukan soal "Ishak adalah anak asli keturunan Ibrahim dan menjadi anak tunggalnya" namun lebih pada masalah warisan Ibrahim sebagaimana isi dari ayat dikitab Kejadian pasal 21 ayat 10.

Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak." (Kejadian 21:9-10)

Jikapun argumentasi yang diberikan untuk tetap membenarkan penyebutan Ishak sebagai anak sulung sehingga dialah yang menjadi putera yang dikorbankan adalah dengan alasan Ismail terlahir dari Hagar yang sebenarnya tidak dicintai oleh Ibrahim dan menikahinya hanya karena ketiadaan keturunan maka ini akan bertentangan dengan pernyataan Kitab Ulangan pasal 21:15-17 :

Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung. Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan. (Ulangan 21:15-17)


Sdr. Abd Moqsith Ghazali menulis :

Berbeda dengan Perjanjian Lama, Alquran tidak menuturkan dengan tegas tentang siapa yang hendak disembelih Ibrahim tersebut. Dari sinilah kiranya perbedaan pendapat itu bermula. Mungkin ada yang meng-copy PL bahwa Ishak lah yang hendak disembelih. Ada yang menyangkal bahwa yang mau disembelih itu Ismail, bukan Ishak. Anehnya, hadits yang menjelaskan hal ini pun cukup beragam. Suatu waktu Nabi menyebut Ismail. Kala yang lain berkata Ishaq.

Tanggapan saya :
Dari analisa kita panjang lebar diatas tadi, kiranya jelas sudah bahwa putera Ibrahim yang dikorbankan adalah Ismail dan bukan Ishak, adapun mengenai perbedaan hadis yang bisa dijumpai mengenai permasalahan ini rasanya sebagai orang yang berpendidikan sangat jelas bagaimana harus bersikap. Bahwa tidak mungkin ada dua pernyataan berbeda tentang satu hal yang sama, jika kasus seperti ini ditemukan maka satu diantaranya pasti benar dan yang lain salah atau dua-duanya pasti salah sebab tidak mungkin dua-duanya benar !
Maka dari itu kita bisa dengan tegas untuk menolak otorisasi hadis yang menyebutkan bahwa putera yang dikorbankan oleh Ibrahim as adalah Ishaq sesuai dengan bukti-bukti yang kita dapatkan. Disisi lain, tidak mungkin kalimat yang salah ataupun plin-plan keluar dari mulut seorang Nabi seperti Muhammad, olehnya saya pribadi tidak akan ragu membuang hadis yang demikian itu siapapun perawinya dan dari jalur sahabat manapun sanadnya.
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya. (QS AL-Israa (17) :36)
Sdr. Abd Moqsith Ghazali menulis :
Pada hemat saya, ini merupakan bukti betapa tidak mudahnya melakukan verifikasi terhadap sejumlah peristiwa yang terjadi pada zaman lampau. Sejumlah kisah yang disajikan Alquran tak sepenuhnya bisa dan boleh di cek secara ilmiah, menyangkut akurasi dan validitas datanya. Sebab, terlalu banyak orang yang berkeberatan jika Alquran diperlakukan secara demikian.
Tanggapan saya :
al-Qur'an itu diturunkan sebagai kitab yang tidak hanya berisi peraturan dan larangan, namun juga berisikan pelajaran dari kisah-kisah orang-orang terdahulu, ia juga berisi ayat-ayat yang bersifat muhkamat dan mutasyabihat yang masih sangat layak untuk dikaji secara proporsional dan ilmiah.
Dia-lah yang menurunkan Kitab kepada kamu. Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat itulah pokok-pokok isi al-Qur'an, dan yang lain mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah /perselisihan/ dan untuk mencari-cari pengertiannya, padahal tidak ada yang mengetahui pengertiannya melainkan Allah serta orang-orang yang mendalam ilmunya. Katakanlah:"Kami beriman kepada yang semua ayat-ayatnya itu dari sisi Tuhan kami". Dan tidak dapat mengambil pelajaran melainkan orang yang mau memikirkan." (QS Ali Imron (3) : 7)
Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS AN-Nuur (24) :34)
Jika menurut anda al-Qur'an tidak sepenuhnya bisa dan boleh dicek secara ilmiah sebaliknya buat saya itu terdengar seperti pernyataan seorang yang berada dalam keputusasaan yang hanya menutupi ketidak berdayaan dalam memahami al-Qur'an secara ilmiah dan lebih banyak terpengaruh dengan doktrin gereja yang berkeberatan bila alkitab dicocok-cocokkan dengan sains. Bukankah Allah berfirman :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS AL-Mujaadilah (58) :11)
Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal. (QS AL-Baqarah (2): 269)
Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya. (QS Yunus (10) :100)
Sebagai akhir, untuk lebih memperkuat analisa saya mengenai kebenaran isi ayat al-Qur'an yang menyebutkan bahwa alkitab itu sudah terdistorsi oleh tangan-tangan jahil manusia, maka pada kesempatan ini sayapun akan memperlihatkan bukti-bukti lain mengenainya yang masih berhubungan erat dengan kasus Ismail dan Ishak ini.
Pengusiran Ismail dan Ibunya, Hajar yang dilakukan oleh Sarah sebagaimana yang dimuat didalam Kitab Kejadian terjadi pada waktu Ishak disapihkan karena ketakutan Sarah akan ikut terjatuhnya warisan ketangan Ismail yang juga merupakan putra dari Ibrahim (Lihat Kejadian 21:8-10).

Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak." (Kejadian 21:8-10)

Hal ini sebenarnya bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh Perjanjian Lama dalam ayat lainnya yaitu kitab Kejadian pasal 21:15-17.

Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba. Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak, dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring. Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring. Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar." (Kejadian 21:14-18)

Kenapa bertentangan ?
Jawabnya adalah, Ishak ketika disapih berusia sekitar 2 tahun, sementara Ismail 16 tahun dan saat terjadi pengusiran atas Ismail dan ibunya ini telah terjadi konflik baru dalam ayat-ayat Bible, Kejadian 21:8-10 bertentangan dengan Kejadian 21:14-21.
Dimana dalam ayat itu digambarkan seolah-olah Ismail masih berupa seorang bayi yang digendong dibahu ibunya (Kejadian 21:14), kemudian Ismail yang menurut Bible sendiri saat itu sudah berusia 16 tahun yang notabene sudah cukup dewasa kembali digambarkan bagai anak kecil yang mesti dibaringkan dibawah pokok serumpun (Kejadian 21:15) lalu diperintahkan untuk diangkat, digendong (Kejadian 21:18).
Bagaimana mungkin, Hagar yang seorang perempuan, harus menggendong seorang anak laki-laki "tua" yang berusia 16 tahun ?
Lalu disambung pada kitab Kejadian 21:20 seolah Ismail masih sangat belia sekali sehingga dikatakan "...Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah". Jadi dari sini saja sudah kelihatan telah terjadi kerusakan dan manipulasi sejarah dan fakta yang ada pada ayat-ayat Bible. Jika kemudian kalimat "untuk diangkat, digendong ... " yang termuat didalam Bible adalah dalam bentuk kiasan, sehingga tidak bisa diartikan secara harfiah, sehingga maksud yang ada pada ayat itu bahwa nasib hidup dan makan dari Ismail ada dipundak Hagar juga tidak bisa dibenarkan secara ilmiah.
Mari kita buktikan :
Kejadian 21:14
Maka bangunlah Ibrahim pada pagi-pagi hari, lalu diambilnya roti dan sebuah kirbat yang berisi air, diberikannya kepada Hagar, ditanggungkannya pada bahunya dan anak tersebut, lalu disuruhnya pergi. Maka berjalanlah ia lalu sesatlah ia dalam padang birsjeba.

Tidak lupa saya akan mengutip juga beberapa terjemahan ayat diatas didalam beberapa versi alkitab dunia :

(ASV) And Abraham rose up early in the morning, and took bread and a bottle of water, and gave it unto Hagar, putting it on her shoulder, and gave her the child, and sent her away. And she departed, and wandered in the wilderness of Beer-sheba.

(BBE) And early in the morning Abraham got up, and gave Hagar some bread and a water-skin, and put the boy on her back, and sent her away: and she went, wandering in the waste land of Beer-sheba.

(DRB) So Abraham rose up in the morning, and taking bread and a bottle of water, put it upon her shoulder, and delivered the boy, and sent her away. And she departed, and wandered in the wilderness of Bersabee.

(ITB) Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

(KJV+) And Abraham rose up early in the morning, and took bread, and a bottle of water, and gave it unto Hagar, putting it on her shoulder, and the child, and sent her away: and she departed, and wandered in the wilderness of Beer-sheba.

(The Scriptures '98) And Aḇraham rose early in the morning, and took bread and a skin of water, which he gave to Hagar, putting it on her shoulder, also the boy, and sent her away. And she left and wandered in the Wilderness of Be’ĕrsheḇa.

Jadi jelas bahwa Ibrahim mengambil roti dan sebuah kirbat yang berisi air lalu memberikannya kepada Hagar dengan meletakkan keduanya itu diatas pundak Hagar bersama Ismail yang jelas sudah lebih dulu ada dalam dukungannya lalu menyuruh Hagar pergi. Lihat kalimat dalam bahasa Inggris tidak menyebutkan Hagar dan Ismail tetapi hanya menyebutkan kata "...and sent HER away: and SHE departed, and wandered"

Sementara pihak yang diusir dan berjalan serta tersesat disana adalah Hagar sendirian, sebab Ismail ada dalam gendongan Hagar, bukankah mustahil anak berusia 16 tahun digendong ?

Lalu kita lanjutkan pada kalimat berikutnya :

"Hatta, setelah habislah air yang didalam kirbat itu, maka dibaringkannyalah budak itu dibawah pokok serumpun." (Alkitab LAI terbitan Djakarta 1963: Kitab Kejadian 21:15)

(ASV) And the water in the bottle was spent, and she cast the child under one of the shrubs.

(BBE) And when all the water in the skin was used up, she put the child down under a tree.

(DRB) And when the water in the bottle was spent, she cast the boy under one of the trees that were there.

(ITB) Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,

(KJV+) And the water was spent in the bottle, and she cast the child under one of the shrubs.

(The Scriptures '98) And the water in the skin was used up, and she placed the boy under one of the shrubs.

Semua data-data ini membuktikan dengan akurat bahwa ketika air didalam kirbat sebagai bekal sudah habis, lalu Ismail (yang secara jelas disebut sebagai THE CHILD atau THE BOY) yang digendong itu diturunkan dari tubuhnya dan dibaringkan dibawah pohon.

Sehingga tidak bisa tidak kata "menggendong atau memikul" THE CHILD disana bukan dalam arti yang sebenarnya !

Lalu kita lihat sendiri pada ayat-ayat berikutnya dimana Hagar akhirnya mendapatkan mata air dan memberi minum kepada anaknya (THE CHILD) yang menangis kehausan lalu anak tersebut dibawah bimbingan Tuhan meranjak dewasa, jadi anak itu pada masa tersebut belumlah dewasa, padahal usianya kala itu sudah hampir 17 tahun. Bagi Ishak sendiri, beliau pun dijanjikan oleh Allah menjadi seorang Nabi yang hanif sebagaimana ayah dan juga saudara tuanya, Ismail, dimana nantinya dari Ishak ini akan terlahir Ya'qub yang kelak menjadi bapak bagi bangsa Israil.

Kepada rekan-rekan dari Kristen yang kebetulan membaca tulisan ini, saya juga ingin meminta maaf, karena dalam hal ini saya bukan hendak menggurui anda atau juga hendak mengadakan pelecehan terhadap kitab suci yang anda yakini, tetapi kita sekarang berbicara masalah kebenaran dan keobjektivitasan secara ilmiah yang bisa sama-sama kita buktikan sendiri berdasar sumber-sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.

Sebagai penutup, saya akan mengutip empat ayat al-Qur’an dan satu ayat dari Bible.

Kebenaran itu adalah dari Tuhan-mu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (QS AL-Baqarah (2) :147)
Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka barangsiapa melihat (kebenaran itu), maka manfa'atnya bagi diri sendiri; dan barangsiapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudharatannya kembali kepadanya. (QS AL-An'am (6) :104)
Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. (QS AL-Hajj (22) :46)
Dan sesungguhnya Kami telah menjadikan isi neraka itu beberapa banyak dari Jin dan manusia, yang mempunyai hati tetapi tidak untuk mengerti dengannya, mempunyai mata tidak untuk melihat dengannya dan mempunyai telinga tidak dipergunakan untuk mendengarkan; mereka itu seperti binatang, malah mereka lebih sesat. (QS AL-A'raaf (7) :179)
Sekalipun melihat, mereka tidak melihat. Sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. (Matius 13:13)
Dengan demikian semoga artikel saya ini menambah wawasan dan pencerahan.

Salamun 'ala manittaba al Huda


Armansyah
Penulis Buku "Rekonstruksi Sejarah Isa Al-Masih"
Jejak Nabi "Palsu"
Ramalan Imam Mahdi

30 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo gue sih g usah bingung. ga usah tengok katanya dari kitab2, mana yang palsu mana yang asli. yang jelas keturunan ishak sekarang menguasai dunia, segi ekonomi, pendidikan, dan tehnologi. banyak nabi2 besar muncul, sesuai dengan nubuat Tuhan Allah Ibrahim, Allah Ishak, Allah yakub. sedangkan keturunan ismael, g jelas bangsa mana?? yang pasti selalu memusuhi keturunan yakub, pada hal Tuhan sendiri sudah bilang para musuh keturunan yakub akan diletakkan di bawah kaki keturunan yakub. yang terpenting adalah yang diberkati dan dibuktinyatakan Tuhan di dunia nyata itulah yang benar. pasti ishak yang disembelih.

Khamdan Hadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Khamdan Hadi mengatakan...

Hai Anonim,..
Anda bilang Ismael gak jelas Bangsa mana? Nih, baca:

BANGSA ARAB

Pada awalnya, yang menyuruh Ibrahim mengusir Ismail dari tanah Kanaan (Palestina) ke Paran (Arab) adalah Sara. Ibrahim sendiri tidak mengusir Ismail kalau tidak disuruh Sara. Bagaimana mungkin seorang ayah kandung mengusir anak yang telah dirindukannya selama 85 tahun? Bagaimana mungkin seorang nabi besar melakukan kekerasan dalam rumah tangganya sendiri? Berbuat sewenang-wenang (KDRT) terhadap anak kandungnya sendiri tidak mungkin dilakukan seorang nabi!
Jadi, pada awalnya, yang mengusir Ismail itu Sara, bukan Ibrahim.

Inilah perintah Sara kepada Ibrahim: “Usirlah hamba perempuan itu bersama anaknya , sebab anak hamba itu tidak akan menjadi ahli waris bersama anakku, Ishak.” (Kej 21:10).

Jadi ternyata Sara mengusir Ismail itu motifnya warisan. Maka wajar jika Ibrahim sendiri merasa sebal dengan peristiwa pengusiran itu. Tapi Tuhan menyuruh Ibrahim agar menuruti saja perintah Sara. “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu. Dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya.” (Kej 21:12) . Dalam bahasa Jawa kira-kira Tuhan bilang begini: “Wis turuti bae perintahe Sara!”

Jadi, Ibrahim mengusir Ismail itu sebenarnya tidak menuruti perintah Sara, tapi menuruti perintah Tuhan.

Manusia punya rencana, Tuhan pun Merencanakan. Kalau Sara punya rencana membuang Ismail agar Ismail tidak mendapat hak waris, lalu bagaimana rencana Tuhan terhadap Ismail?

Ismail dibuang Ibrahim sudah pasti ada di dalam rencana-Nya. Sebagaimana dikisahkan dalam Alkitab, ketika Ismail terusir dari tanah kelahirannya (Kanaan), dalam gendongan ibunya ia diajak menyusuri padang gurun yang gersang. Singkat cerita, di tanah Paran Ismail tumbuh dewasa dan menjadi seorang pemanah. Ia kemudian beristerikan seorang wanita Mesir sehingga beranak cucu. Setelah berabad-abad, anak cucu Ismail tumbuh menjadi suatu BANGSA yang besar, yaitu BANGSA ARAB. Fenomena sejarah ini sebenarnya merupakan penggenapan firman Tuhan kepada Ibrahim: “Tentang anakmu, Aku telah mendengar permintaanmu. IA AKAN KUBERKATI. Kubuat beranak cucu dan sangat banyak. Ia akan memperanakkan dua belas raja dan Aku akan membuatnya menjadi BANGSA yang besar.”(Kejadian 21:20).

Jadi rencana Tuhan dibalik perintah untuk membuang Ismail adalah: Agar Ismail menurunkan Bangsa Arab! Kalau Ismail tidak dibuang Ibrahim, tentu saat ini tidak ada yang namanya BANGSA ARAB. Ya,dua anak Ibrahim (Ismail dan Ishak) akhirnya kita ketahui sebagai moyang dari dua bangsa besar di Timur Tengah: BANGSA ARAB dan BANGSA YAHUDI. Bangsa Arab keturunan Ismail, Bangsa Yahudi keturunan Ishak.

Setelah ada dua bangsa dari dua anak Ibrahim, apa rencana Tuhan selanjutnya?

Berabad-abad Tuhan mengutus rasul dari Bangsa Yahudi, tapi Bangsa Yahudi dikenal sebagai Bangsa yang tegar tengkuk (bandel, bluboh). Setiap rasul dilawan, dikejar-kejar dan ada yang mati dibunuh, yaitu nabi Zakharia dan nabi Yahya (Yohanes).

Yesus pun tak luput dari kebrutalan Bangsa Yahudi, sehingga suatu saat Yesus bersabda: “Tidak pernahkah kau baca dalam kitab suci: batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan suatu perbuatan ajaib di mata kita. Oleh karena itu aku berkata kepadamu: Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu BANGSA yang akan menghasilkan buah kerajaan itu.” (Matius 21:42-43).

Siapakah ‘batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan?’ >>>>>>>> Ismail yang dibuang Ibrahim.
Bangsa mana menurut kitab suci selain BANGSA YAHUDI? >>>>>>> BANGSA ARAB.

Jadi ayat ini mengisyaratkan akan terjadi peralihan risalah kenabian dari BANGSA YAHUDI ke BANGSA ARAB.

Kalau tidak BANGSA ARAB trus BANGSA APA ?

Anonim mengatakan...

secara jujur saya berkata dalam hati saya,kedua duanya masuk akal.Ini jika saya anggap semua kitab suci yg jd acuan sama sama benar.disaat saya percaya bisa saja ishaq yg dikurbbankan,saya juga berpikir Ismail juga bisa dikurbankan.

Hanya Tuhan yang tahu mana kebenaran dari semua itu.
Ismail dan IShaq sama sama nabi mulia dimata Tuhan.


By the way ,yg koment plg atas soal yahudi menguasai dunia,bangsa besar yahudi aku akui itu,memiliki kerajaan besar,tapi bukan yahudi yg sekarang,yahudi yang dulu dipimpin daud(david)dan sulaiman(solomon),bangsa yang tercerai jadi 2,Yehuda dan Israel,namun sudah hancur lebur dan sudah tidak bisa diidentifikasi kemana keduabelas suku(12 suku,12 anak dr yaqub,yusuf,lewi tidak dihitung<diganti 2 anak yusuf),sudah ribuan tahun berlalu.Yahudi yang kamu kenal sekarang,sebagian besar adalah yahudi eropa,ya anda tidak salah dengar,yahudi eropa,yang tidak ada hubungan darah sama sekali dengan yahudi semit ribuan tahun lalu(anak anak yaqub),baca sejarah kerajaan khazar di eropa sebagai cikal bakal yahudi eropa di abad abad awal masehi.baca soal raja kerajaan khazar yg asli eropa yang ingin mencari agama tetap untuk rakyat dan negaranya,dipilihlah yahudi.Mereka yahudi muka bule itu smua sumbernya dr eropa.yang gak ada hubungan darah sama skali dgn yahudi semit.

Anonim mengatakan...

Mungkin ayat 100 dan 112 berkaitan, jadi anak saleh yang diminta itu adalah Ishak.

Andry mengatakan...

Sederhana.... kalau Sydn Ali bin Abi thalib r.a percaya yang disembelih adalah Nabi Ishaq a.s ... ya beliau betul. Bukankah beliau ini gerbang ilmu Nabi Muhammad s.a.w ? Apa yang beliau tahu adalah gerbang dari ilmu Nabi.

Anonim mengatakan...

pemikiran anda tentang jaman itu cenderung lebih menyamakan dengan masa kini(2013) 16 thn jaman sekarang udah gede gan...krna umur orang skrg ga kayak umur orang dulu..16 tahun pada masa abraham ga sedewasa yg anda pikirkan sperti pada masa kini...

Anonim mengatakan...

Pertamax. Sedikit koreksi.aja. Yg bemberi dalil bahwa kitab (Kejadian) telah diporakporandakan. Klo sdra ingin baca yg aasli dipersilahkan baca pada Bahasa Aslinya (Kitab Aslinya Musa) Ibrani. Itu Acuan yg jelas dan tepat. Tks.

Donny Rudi mengatakan...

Oww... Pahammmm, pahaamm, saya paham sekarang.. interpretasi dari Keturunan Ismail yang begitu sempit dan berpikiran pragmatis terhadap isi Kej 21:8-21 (Abraham mengusir Hagar dan Ismael). Saya pun memahami betul bahwasanya Keturunan Ismail yang sesuai dengan ajaran kitab mereka yang memang berpikiran pragmatis (iyee iyee aje,red). Kenapa begitu? Yaaa seperti case berikut : Adakah saksi dari Muhammad ketika, yang katanya, menerima wahyu dr ALLAH di Goa Hirra???
Sehingga makna penyapihan pun adalah penyembelihan.

Nih, saya coba dengan pemikiran yang pragmatis : Sadarlah, bahwa keinginan-NYA menjadikan keturunan Ismail menjadi bangsa yg besar agar menjadi sombong pada kuantitasnya, sedangkan Keturunan Ishak diberkati, contoh saja lihat Bangsa yang tercedas itu bangsa mana???? Selain itu pun, TUHAN sangat merindukan Kerendahan Hati dari Bangsa Yahudi agar menuruti semua perintah2NYA, kenapa TUHAN merindukan hal tersebut?? Karena mereka tergolong dalam manusia yang berkualitas sekalipun jumlah mereka tidak sebanyak Bangsa yang dibesarkan dalam kuantitas. Sehingga suatu saat nanti ketika negara ISRAEL (Bangsa Yahudi,red) benar2 terkepung oleh bangsa yang menang atas kuantitas, maka Bangsa Yahudi akan berteriak "TUHAN, tolonglah kami". Dan, sudah tentu TUHAN akan bertindak, tahu kan bagaimana jika TUHAN bertindak dengan segala kuasanya.. nah, disaat itulah yang dimaksud Akhir Jaman.

Anonim mengatakan...

Sara menyuruh mengusir Ismael dan Hagar karena Hagar memandang rendah Sara... Bukan karena harta warisan..
..
Juga soal yg perkawinan Abraham dngan Hagar! Ngaco.... Tuhan tidak memberkatinya, bahkan diayat-ayat selanjutnya Tuhan menyebut Hagar sebagai "Budakmu" kepada Abraham >:(

Anonim mengatakan...

Torah Beresyit ,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־אַבְרָהָם אַל־יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל־הַנַּעַר וְעַל־אֲמָתֶךָ כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה שְׁמַע בְּקֹלָהּ כִּי בְיִצְחָק יִקָּרֵא לְךָ זָרַע׃
(VAYO'MER 'ELOHIM 'EL-'AVRAHAM 'AL-YERA' BE'EYNEYKHA 'AL-HANA'AR VE'AL-'AMATEKHA KOL 'ASYER TO'MAR 'ELEYKHA SARAH SYEMA' BEQOLÂH KI VEYITSKHAQ YIQARE' LEKHA ZARA')

Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak."

Konteks "anakmu yang tunggal itu, merujuk ayat diatas"

Selain itu pada saat kejadian Hagar dan Ismael sudah diusir dari rumah Abraham !

Anonim mengatakan...

Yang berarti bahwa anak Ibrahim baru satu orang, lalu kemana anak yang satunya lagi ? Padahal kedua anak tersebut masih sama-sama hidup !

Jadi seharusnya ayat yang menerangkan kelahiran Ishaq itu letaknya sesudah ayat pengorbanan, sehingga setelah ayat pengorbanan lalu diikuti oleh ayat kelahiran Ishak. Inilah yang disebut dengan "tahrif" oleh al-Qur'an, yaitu mengubah letak ayat dari tempatnya yang asli ketempat lain sebagaimana yang disitir oleh Surah An Nisa' ayat 46 :

"Diantara orang-orang Yahudi itu, mereka mengubah perkataan dari tempatnya ..."

================================

Dari Kitab Taurat Masoret (abad ke 9), Terjemahan Taurat Yunani Septuaginta 300 th sebelum masehi, bahkan Penemuan text Qumran berumur 1000 tahun sebelum Masoret, semua menceritakan hal yang sama !

Buktikan kalau orang Yahudi merubah tempatnya !!
Dimana text asli dengan urutan yang benar ?
Kapan dan siapa yang melakukan perubahan ?

Kalau Wahyu dijadikan dasar mengkoreksi sejarah,
berarti orang bisa percaya kalau nama bapak Ibrahim adalah Ibranovic dan Ibunya Marlin Monroe, karena semalam dia dapat Wahyu / Wangsit :D







Tri Shollahuddin mengatakan...

kita tanyain yuk ke engkong, nabi ibrahim AS... Biar perkaranya jelas....みϱ"̮みϱ"̮みϱ"̮みϱ

JimmyEatWorld mengatakan...

Penulis tulisan ini punya tingkat pemahaman yang absurd :) -
Inti dari rekam sejarah dan penulisan adalah: apa yang sudah tertulis jangan di karang ulang, apa yang tidak tertulis jangan di tambah2in. Yang sudah JELAS tertulis sebagai anak yang akan di kurbankan adalah nama Ishak. Yang JELAS TIDAK tertulis sebagai anak yang akan dikorbankan adalah ismael. Kalaupun ada sebagian orang, baik itu ahli kitab atau tidak, yang berpendapat dan menduga2 bahwa anak tersebut adalah Ismail, itu masuknya dalam kategori Hear-Say..Katanya..Konon..Alternate Version.
Sekali lagi, yang sudah ada tertulis dan tidak ada tertulis pada dasarnya jangan di reka-reka ulang seenak udelnya. Anda jadi lebih "yahudi" daripada kaum yahudi yang anda sebut2 licik dan picik itu.

Anonim mengatakan...

isak dan ismael itu benar anak abrabam.. tapi kita tinjau dari segi ibunya, istri pertama dan istri kedua. anak dari istri pertama adalah anak yang sah menerima warisan dari ayahnya disebabkan oleh siayah (Ibrahim) terlebih dahulu memilih istri pertama dari pada istri kedua.
masalah keturunan memang agak rumit dibahas dengan nalar.
silsilah ini rasul ini mirip dengan bagan silsilah orang batak, so jelas jika anda ingin tahu detail pewarisan dari istri pertama dan kedua pelajarilah silsilah orang batak..
pasti ketemu deh jawab nya

syalom

Anonim mengatakan...

Istri Abraham hanya sarai, hagar dihampiri abraham hanya untuk mendapatkan keturunan bukan istrinya, makanya anak abraham tunggal hanya ishak. mengenai ismael adalah anak haram, makanya ALLAH tidak berkenan kepadanya. atas permintaan abrahamlah maka keturunannya menjadi sangat banyak. Keturunan yang sangat banyak inilah dimamfaatkan malaikat iblis untuk menghancurkan dunia terutama keturunan ishak yang juga sangat banyak, karena dendam malaikat iblis kepada ALLAH yang telah mengusirnya dari sorga. iblis enjadikan manusia dan turunannya jin untuk menentang ALLAH, hingga suatu saat akhir jaman ALLAH marah dan menghukumnya dan pengikutnya ke dalam api neraka yang kekal supaya tidak ada lagi manusia yang di sesatkan

Anonim mengatakan...

Pertanyaan klasik, kembalikan saja kepada iman masing-masing. Bagi yang percaya dengan Torah, pertanyaannya adalah: Abram atau Abraham?

John mengatakan...

louis vuitton
chanel handbags
louis vuitton outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglass
coach outlet
gucci outlet
concords 11
gucci outlet
cheap jordans
nfl jerseys
kate spade outlet
abercrombie kids
dior outlet
michael kors outlet
coach factorty outlet
jordan 11
louboutins
polo outlet
true religion
coach outlet
coach outlet store online
ray ban sunglasses
retro 11
louis vuitton
oakley vault
coach outlet
2015630meiqing

Wei Chen mengatakan...

QF0717
nike roshe run
coach outlet online
colts jerseys
troy polamalu jersey,ben roethlisberger jersey,antonio brown jersey,heath miller jersey,jack lambert jersey,le'veon bell jersey,santonio holmes jersey,kevin greene jersey,rod woodson jersey
philadelphia eagles jerseys
robert griffin jersey,joe theismann jersey,andre roberts jersey,sonny jurgensen jersey,art monk jersey,bashaud breeland jersey,barry cofield jersey,perry riley jersey,e.j. biggers jersey,duke ihenacho jersey,josh morgan jersey
oakley sunglasses canada
celtics jersey
cheap jordans
bears jerseys
tory burch outlet
nike air max 2014
mbt shoes
nike outlet store
burberry outlet online
evening dresses
oakley sunglasses wholesale
miami heat jersey
juicy couture outlet
warriors jerseys
chanel sunglasses
dallas cowboys jersey
nike air max
ray ban sunglasses
the north face outlet
nike free run
nike shoes
christian louboutin uk
arizona cardinals jerseys
lebron 12
moncler outlet
prada shoes
nike free uk
bottega veneta handbags

Xiaozhengmm 123 mengatakan...

2015-7-25 xiaozhengm
polo ralph lauren
jordan homme
mont blanc pens
gucci
mcm handbags
air max 90
jordan shoes
air jordan
ray ban sunglass
ralph lauren uk
michael kors uk
michael kors bags
snapback hats wholesale
louis vuitton pas cher
christian louboutin outlet
coach factory outlet
ed hardy clothing
michael kors handbag
cheap ray ban sunglasses
michael kors
cheap true religion jeans
ed hardy clothing
cheap oakleys
chanel outlet
michael kors
true religion sale
kate spade
coach outlet online
louis vuitton
longchamp handbags
christian louboutin
gucci outlet
chanel bags
air max shoes
coach outlet
tory burch shoes
ray ban sunglasses
longchamp outlet
borse louis vuitton
soccer shoes

mao qiuyun mengatakan...

ray ban sunglasses, http://www.raybansunglassesonline.us.com/
nike trainers, http://www.niketrainers.me.uk/
gucci handbags, http://www.guccihandbags-outlet.co.uk/
herve leger, http://www.herveleger.us.com/
timberland boots, http://www.timberlandboots.name/
coach outlet online, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletcanada.in.net/
juicy couture outlet, http://www.juicycoutureoutlet.net/
calvin klein underwear, http://www.calvinklein.in.net/
ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.us.com/
prada outlet, http://www.pradaoutlet.us/
lululemon outlet, http://www.lululemonoutletstore.in.net/
tory burch shoes, http://www.toryburchshoesoutlet.com/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutlet.org.uk/
replica watches, http://www.replicawatchesforsale.us.com/
pandora jewelry, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
nfl jerseys wholesale, http://www.nfljerseys-wholesale.us.com/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletonlinstore.us.com/
oakley outlet, http://www.oakleyoutlet.in.net/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasses-outlet.us.com/
michael kors bags, http://www.michaelkorsbags.uk/
ray ban sunglasses, http://www.ray-bansunglasses.eu.com/
oakley sunglasses, http://www.oakley.in.net/
air max 2015, http://www.airmax2015.in.net/
the north face uk, http://www.thenorthfaces.org.uk/
swarovski outlet, http://www.swarovski-outlet.co.uk/
pandora jewelry, http://www.pandora.eu.com/
chanel handbags, http://www.chanelhandbags-outlet.co.uk/
1002maoqiuyun

Gepeng berbobot mengatakan...

RANCU-RANCU-RANCU...
KALAU SAHABAT NABI AJA SUDAH BEDA PENDAPAT, BAGAIMANA BISA ANDA YG HIDUP JAMAN SEKARANG MEMBERIKAN TAFSIR/PENDAPAT PRIBADI MEMIHAK PADA 1 SISI SAJA???
KALAU SAHABAT NABI SAJA YG PASTI SERING BERTEMU DAN BERKUMPUL (SERING BERAGUMENTASI) SAJA MASIH BERBEDA PENDAPAT ,ARTINYA "SIAPA" YG DIKORBANKAN ITU ADALAH "BELUM DIPASTIKAN" ITU JAWABAN YG BIJAK .... YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA MENGAPA NABI TIDAK BERTANYA SAJA MENGENAI HAL ITU KEPADA ALLAH ??? ATAU SUDAH BERTANYA TETAPI TIDAK DIJAWAB??? ATAU SUDAH DIJAWAB TETAPI TIDAK MAU BERTERUS TERANG??? ANDA YG HARUS MENILAINYA SENDIRI.....

John mengatakan...

ray-ban sunglasses
uggs on sale
toms outlet
north face uk
michael kors outlet
louis vuitton
ugg outlet
cheap oakley sunglasses
adidas originals
ray ban sunglasses outlet
concords 11
canada goose jackets
ugg boots for men
cheap oakley sunglasses
abercrombie & fitch
ugg boots
adidas superstar
true religion jeans
cheap uggs for sale
chanel bags
christian louboutin outlet
ray ban sunglasses
polo ralph lauren
ugg boots outlet
coach factory outlet
oakley sunglasses wholesale
michael kors outlet online
coach outlet
nike air force 1
hollister clothing
20151216yuanyuan

林磊 mengatakan...

2016-2-19 leilei
new balance shoes
true religion outlet
michael kors bags
ray ban sunglasses
air jordan femme
coach outlet online
burberry outlet
jordan 3 retro
mulberry uk
coach factory outlet online
michael kors bag
cheap toms
burberry outlet online
jordan retro 8
micahel kors
louboutin shoes
ugg boots for sale
coach factory outlet online
burberry outlet
ture religion outlet
louis vuitton uk
michael kors uk
ray ban sunglasses
michael kors handbags
north face outlet
michael kors outlet
mcm handbags
coach factory outlet
rolex replica watches
jordan shoes
coach outlet online
instyler max
moncler jackets outlet
ed hardy uk
ugg outlet
michael kors handbags
christian louboutin outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
louis vuitton outlet stores

Meiqing Xu mengatakan...

oakley store
louis vuitton outlet onlne
prada outlet
kate spade outlet
kate spade outlet
ugg boots outlet
christian louboutin shoes
coach outlet online
kobe shoes 11
cheap oakleys
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
the north face jackets
ed hardy outlet
celine handbags
true religion sale
air max 95
ugg on sale
louis vuitton outlet
kate spade handbags
jordan 3 powder blue
louis vuitton purses
cheap air jordans
michael kors outlet online
abercrombie and fitch
louis vuitton outlet
true religion
coach factory outlet
oakley sunglasses
christian louboutin outlet
louis vuitton bags
lebron james shoes 13
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
ralph lauren outlet
jordan retro 8
longchamp handbags
cheap air jordans
2016307chenzhen

Zhenhong Bao mengatakan...

louis vuitton bags cheap
swarovski outlet
longchamp solde
soccer jerseys
michael kors outlet store
michael kors outlet
lebron james shoes
michael kors outlet
michael kors online outlet
coach outlet canada
nike air max 90
cheap jordan shoes
christian louboutin outlet
ray ban sunglasses
links of london jewellery
louis vuitton outlet
cheap jordans
calvin klein outlet
fitflop clearance
cheap nba jerseys
michael kors handbags outlet
prada sneakers
ray ban outlet
basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes
true religion outlet
michael kors handbags
ray ban sunglasses
michael kors handbags sale
cheap jordans
soccer jerseys
ray ban sunglasses
kobe shoes
michael kors handbags clearance
cheap oakley sunglasses
michael kors clearance
20160406zhenhong

Chen Jeje mengatakan...

tiffany online
mlb jerseys authentic
mlb jerseys authentic
tiffany and co jewellery
fitflops
http://www.outlettiffanyand.co
true religion store
michael kors outlet store
cheap rolex watches
http://www.chromehearts.in.net
fitflops outlet
ray ban sunglasses
huaraches shoes
cheap nfl jerseys
michael kors outlet store
tiffany and co uk
tiffany and co
cheap jordan shoes
michael kors outlet online
michael kors handbags sale
michael jordan shoes
michael kors outlet
oakley sunglasses,oakley outlet sunglasses
michael kors outlet
Cheap Jerseys Online
Cheap Jordans For Sale
christian louboutin shoes
michael kors outlet online
tiffany and co uk
tiffany jewelry
jeje

chenlili mengatakan...

2016-4-21 xiaobao
ghd hair straighteners
louis vuitton bags
louis vuitton
nike trainers
tory burch sale
michael kors handbags
nike sb shoes
oakley sunglasses wholesale
christian louboutin
celine handbags
mont blanc pens
hollister uk
hollister clothing
air jordans
michael kors outlet
north face outlet
nfl jerseys
cheap jordans
louis vuitton outlet stores
nike basketball shoes
louis vuitton outlet
kate spade handbags
coach outlet
kate spade handbags
nike sb
tory burch outlet
michael kors outlet
oakley sunglasses
adidas shoes
louis vuitton outlet
lebron james shoes
fitflops
michael kors outlet
oakley sunglasses
ralph lauren polo
louis vuitton outlet
replica watches
caoch outlet
michael kors outlet online
adidas superstar

Unknown mengatakan...

ummat islam tidak mau jujur pada dirinya sendiri . pada suatu kesempatan ummat islam mengatakan bahwa Alkitab atau injil itu telah dipalsukan ( walaupun mereka tidak mampu mengatakan siapa yang memalsukan , ayat mana yang telah dipalsukan dan kapan dipalsukan ... asal KLAIM ..? ) .- Pada kesempatan lain malah menggunakan Alkitab yang katanya telah dipalsukan itu sebagai reverensi pembenaran surah Alquran . ha ha ha ... Aneh bukan ..?
--- ada yang paling janggal dalam Alquran dan hadist , tapi ummat islam pura2 tidak mengerti ( atau tidak mau tahu ..? ). sepengetahuan kita ,sifat dasar dari Tuhan adalah... maha pengampun , maha Baik atau maha segala galanya . tapi Allah swt ( Tuhan nya orang islam ) tidak memiliki sifat dasar dari Tuhan yang kita kenal selama ini Yaitu maha PENGAMPUN . ada surah dalam Alquran yang mengatakan .... sekalipun ummat islam memohon ampunkan kesalahan orang2 fasik , namun sekali kali tidak akan di AMPUNI oleh Allah swt .
surah IBRAHIM 14 . 4 .... Allah swt akan menyesatkan ummatnya yang dia kehendaki dan akan membimbing ummatnya yang Dia kehendaki .
surah Ar - Rad 13 ... Dia lah Zat yang keras tipu daya nya ... dsb
---- Dari uraian surah diatas , apakah ada relevansi sifat dasar Tuhan dengan Allah swt ..? .menurut hemat saya , sifat Dasar Allah swt lebih cenderung pada sifat dasar IBLIS yang penuh TIPU DAYA dan MENYESATKAN ...
Kesimpulannya : Kalau nanti pada hari kiamat / hari PENGHAKIMAN , Ummat islam ditanya atau di interogasi oleh Tuhan Tentang DOSA2 yang telah dilakukan mereka , Mereka tentu akan berdalih dengan mengutip surah IBRAHIM 14 . 4 .... Bukankah Allah swt sendiri yang telah MENYESATKAN kami ... ya Tuhan ..? mintalah pertanggung Jawaban dari Allah swt .... !!!

艾丰 mengatakan...

jianbin0630
mulberry handbags
beats by dre
cazal sunglasses
pandora outlet
mulberry bags
michael kors outlet
coach outlet store
toms outlet store
nba jerseys
ray-ban sunglasses
tory burch shoes
true religion uk outlet
replica watches
burberry outlet online
rolex watches outlet
michael kors outlet clearance
mulberry uk
nike air max 2015
cheap michael kors handbags
cheap jordans
tiffany and co
louis vuitton outlet
tory burch outlet online
lebron james shoes
beats headphones
omega outlet
michael kors canada
michael kors clearance
swarovski jewelry
iphone case uk
true religion jeans
air jordan shoes
michael kors outlet

BERITA DAN REFLEKSI




  1. CERAMAH AKHIR TAHUN HIJRIYAH 1429

  2. RENUNGAN 1 MUHARRAM 1430 H

  3. Refleksi Ibadah Haji Penangkal Jeratan Sistem Dajj…

  4. Teologi Apologetik dalam Membaca “Kitab Suci”

  5. Memilih Pemimpin

  6. "Dualisme"

  7. Propaganda ”Lintas Agama” yang Kian Canggih

  8. SEMANGAT BARAT

  9. Ribuan Manuskrip Islam Kuno Tersimpan di Perpustakaan...

  10. Invasi Gaza:"Operasi Cast Lead", bagian Dari Sebuah konpirasi...

  11. Antara Kebenaran dan “Pembenaran”

  12. "Kaum Yahudi dan Perusakan Agama”

  13. Inaugurasi Obama, Masonic Bible, dan Obelisk Fir’aun...

  14. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [2]...

  15. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [1]...

  16. "Tuhan" Filsafat

  17. Mengambil Hikmah Dari Yahudi-Yahudi "Nyeleneh"

  18. Adakah Jarak antara Agama dan Ilmu Pengetahuan? (1)

  19. Kumpulan Artikel M. Syamsi Ali

  20. Virus-Virus Akidah

  21. ZEITGEIST the movie

  22. Penemu Sirkulasi Pernapasan Ibn Al-Nafis atau Harv...

  23. TITIK TEMU ISLAM DAN KRISTEN

  24. Mengapa saya masuk Islam?

  25. Pendahuluan Kuliah Tauhid

  26. TAWHID dan KEMERDEKAAN

  27. SYIRIK dan MUSYRIK

  28. KISAH KETA’ATAN DAN KEMUNGKARAN DALAM AL-QUR’AN;

  29. SEJARAH YANG SELALU BERULANG…

  30. Madu Lebah Obat Luka Akibat Diabetes di Amerika

  31. HAL-HAL YANG MENGURANGI ATAU MERUSAK SIKAP TAUHID

  32. Proyek Rahasia Dibalik Agresi Brutal Israel ke Jalur gaza...

  33. Virus Merah Jambu, Bernama St Valentine

  34. Proyek Isa, Mengajak Muslim Menuju Kristiani

  35. VALENTINE DAY = Hari Raya Pagan Mengenang Pendeta

  36. Didukung Perusahaan Raksasa, Satukan Kekuatan Seba...

  37. Ribuan Media Misi Hadiri Konvensi Media Kristen International...

  38. Gereja Anglikan Inggris Setujui "Kristenisasi"

  39. Presiden Turki: Perpecahan Kelompok Sumber Utama Kekalahan...

  40. Musibah tanggul Situ Gintung

  41. Vatikan akan Boikot Film 'Angels & Demons'

  42. Waspadai Dendeng/Abon Sapi mengandung Babi

  43. Pesan Islam Dalam Game Nintendo, AS Gempar!

  44. Uskup Perancis: Kenapa Masjid Penuh dan Gereja Koson.

  45. Vatikan: Perbankan Barat Harus Melihat Sistem Keua...

  46. Terapi Musik Dalam Peradaban Islam

  47. what is name ?

  48. Orientalism, , kesalahan informasi dan Islam



BERITA MUSLIM

  1. 4 Anak Jombang Jadi Jenius Berkat Hanifida

  2. Syirik: Dari Samiri sampai Ponari

  3. Warga Lebak Temukan Alquran dan Pedang Raksasa

  4. MER-C Usulkan Tangani Pengungsi Rohingya ..

  5. Tim kesehatan dari "Medical Emergency Rescue Commitmen...

  6. Presiden: Indonesia Bisa Jadi Pusat Perbankan Syar...

  7. Muslim Brazil Membangun Institute Imam Dan Da'i

  8. Selamatkan Muslim Rohingya

  9. Manusia Perahu Rohingnya dan Warga Yang Dilupakan

  10. Rohingya, Nestapa Minoritas Muslim Myanmar

  11. Pengungsi Rohingya Enggan Kembali Ke Myanmar

  12. Satu Lagi Perahu Rohingya Berlabuh di Aceh

  13. AS Akhirnya Bersuara Atas Nasib Rohingya

  14. Muslim Korsel Sulit Peroleh Makanan Halal

  15. Ragam Etnis Komunitas Muslim Korea

  16. Muslim India Makin Tercekik Diskriminasi

  17. Muslim India Menentang Penyiksaan

  18. Ribuan Orang Mendesak Sekjen PBB Menyelamatkan Kashmir...

  19. Aksi Hari Solidaritas Kashmir

  20. Komunitas Cina Muslim : Minoritas di Antara Minoritas...

  21. Tuduhan Ekstrimis Bagi Yang Meyakini Iman Islam di Inggris...

  22. Organisasi Muslim AS Ancam Boikot FBI

  23. Temuan Ilmuwan Muslim Indonesia Digunakan oleh NASA...

  24. Inggris Miliki Asuransi Mobil Islam Pertama

  25. Strategi Baru Anti-Teror Inggris Sudutkan Muslim

  26. Dakwah Islam di Penjara-Penjara AS, Banyak Tahanan...

  27. Masjid Geometri Putih Kawasan Urban Bosnia

  28. Suku Indian Cherokee dahulu adalah muslim

  29. Kapolda Beri Hak Jilbab, Media Asing dan Kaum Libera.

  30. Wanita Berjilbab Pimpin Distrik di Belanda

  31. HRW Soal Larangan Jilbab: Jerman Diskriminatif...

  32. Sekolah Bulgaria Larang Jilbab

  33. Norwegia Batalkan Keputusan Pemakaian Aparat Berji...

  34. Jilbab di Kesatuan Polisi Norwegia

  35. Norwegia: Polwan Muslim Boleh Berjilbab

  36. Bilqis, Muslimah Berjilbab Pertama ,bola basket

  37. Tuna Netra Palestina Menemukan Metode Baru .

  38. Jamaah Thawaf, Awan Lafaz Allah Muncul

  39. Sekolah Islam Diterima, Muslim Australia Gembira

  40. Bagaimana Sikap Rakyat Palestina Terhadap Hamas?

  41. Islamic Center di Moskwa Dibuka, Dihadiri Mufti ...

  42. Mujahid Al Qassam "Diselamatkan" Al-Quran

  43. Syekh Zayed, Masjid Terbesar Ketiga di Dunia

  44. Sekolah Islam menjamur di Sacramento

  45. Madrasah Islam di Virginia, Sarana Dakwah Islam di...

  46. Subhanallah, acara Maulid Nabi DI RS Katolik

  47. Filipina Amandemen UU Otonomi Muslim Mindanao

  48. Membangun Lingkungan dan Masa Depan Islam di Amerime.

  49. Fakta Baru, Israel Dalang Serangan 11 September

  50. Muslim Jepang Rindu Bimbingan Agama

  51. Diskriminasi dan Rasisme Terhadap Muslim di Kepolisi.

  52. Ilmuwan Malaysia Ikut Rancang Perluasan Masjidil H...

  53. 1,1 Juta Muslim Italia Ingin Didengar

  54. Keamanan Lebih Parah Bagi Muslim Xinjiang

  55. Kebijakan Memata-matai Kaum Muslim Picu Kemarahan

  56. Proyek perluasan Masjidil haram

  57. Muslim di Filipina Minoritas di Negeri Sendiri

  58. Inggris 'Mengemis' Agar Muslim Perkuat Militer

  59. Islam di Inggris Berkembang dari Kampus

  60. Ratusan Orang Dihalangi untuk Shalat Jumat di Al-Aqs.

  61. CIA Akan Rekrut Intel Muslim

  62. Kepala Babi Di Masjid Lejitkan Ketenaran Partai Na...

  63. Gerakan Muslim Malawi Lawan Kekerasan Domestik


BERITA MUALAF



  1. Muslim di Amerika: Sebuah Perjalanan dalam Pencarian...
  2. Meningkatnya Mahasiswa Muallaf AS Paska Tragedi WTC...
  3. Stephen Schwartz, Jurnalis Amerika yang Bersyahada...
  4. Muslimah Rusia Bangun Masjid dari Kocek Sendiri
  5. Profesor Jeffrey Lang Temukan Hidayah melalui Pera...
  6. Muhammad Abdullah (d/h Alexander Pertz) : Kisah Is...
  7. Vicente Mota Alfaro: Dari Mualaf Sampai Menjadi Im...
  8. Michael: Kebenaran Itu Hanya Ditemukan Dalam Islam...
  9. Tolak Blokade Israel, Mahasiswa Inggris Duduki Kam...
  10. Islam Tumbuh Pesat di Inggris
  11. Kisah Yesus Tingkatkan Muallaf Spanyol!
  12. Alvero, Kisah Seorang Spanyol yang Memeluk Islam
  13. Kaci Starbuck Bangga Jadi Muslimah
  14. Hj Vera Pangka, Ibunya Para Muallaf
  15. Yusuf Islam Donasikan Lagu untuk Gaza
  16. Gadis Islandia itu Temukan Islam di Amerika
  17. Memeluk Islam, Pelukis Rusia Ekspresikan Keimanann...
  18. Jamilah Kolocotronis, Menemukan Cahaya Islam Saat ...
  19. Luna Cohen, Yahudi Maroko Menemukan Kebenaran Isla...
  20. Katlin Hommik Terkesan Puasa Ramadhan
  21. Konsep Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Memilih Islam...
  22. Saudi: 510 Warga Asing Menyatakan Masuk Islam
  23. Dalam Sehari, 10 WN JEPANG Masuk Islam
  24. 14.200 Warga Kulit Putih Inggris Masuk Islam, Keba...
  25. Erik Meijer: Islam Itu Bisa Diterima Logika
  26. Tiap Tahun 3600 Warga Prancis Masuk Islam
  27. Kyrgyzstan Menjauhkan Anak-Anak Dari Islam
  28. Bantuan ke Jalur Gaza Capai 36 Trilyun
  29. HRW: Larangan Jilbab Mendiskriminasi Wanita Muslim...
  30. Penggalangan Dana Peduli Muslim Rohingya di Arena ...
  31. Selamat dari Kecelakaan Maut, Muslimah Rusia Bangu...
  32. Mengenal Islam Melalui Musik Underground
  33. Aria Desti Kristiana : Kenapa Tuhan Harus Disalib?...
  34. Di AS : Seorang Pendeta Menyatakan Masuk Islam "Di...
  35. Pelaksanaan Ajaran Islam Semakin Meningkat,.
  36. STEVEN KRAUSS
  37. PROFESOR JEFREEY LANG,PROFESOR MATEMATIKA
  38. ALEXANDER PERTZ
  39. VICENTE MOTA ALFARO
  40. MICHAEL DAVID SHAPIRO
  41. STEPEN SCHAWARTZ
  42. ISLAM TUMBUH PESAT DI INGGRIS
  43. KISAH YESUS TINGKATKAN MUALAF DI SPANYOL
  44. EASY ASHBY MEMELUK ISLAM USIA 13 TAHUN
  45. KACI STARBUCK
  46. Hj VERA PANGKA,IBUNYA PARA MUALAF
  47. GADIS ISLANDIA TEMUKAN ISLAM
  48. AL HAJ LORD HEADLY AL FAROOQ
  49. MOHAMMAD ASAD
  50. JOSEPH COHEN ,YAHUDI PINDAH KE ISRAEL MASUK ISLAM
  51. PEMUDA PERANCIS DAPAT HIDAYAH DI INGGRIS
  52. MOHAMMAD ALEXANDER RUSSEL WEBB
  53. SIR JALALUDIN LOUDER BRUNTON
  54. MUHAMMAD AMAN HOBOHN
  55. PROF HAROON MUSTAPA LEON
  56. ALI SELMAN BENOIST
  57. Dr. UMAR ROLF BARON EHRENFEL
  58. Dr. ABDUL KARIM GERMANUS
  59. Dr. HAMID MARCUS
  60. WILLIAM BURCHEL BASYIR PICKARD
  61. KOLONEL DONALD S ROCKWELL
  62. Mr. R.I. MELLEMA
  63. MISS MAS'UDAH STEINMANN
  64. FRIDA T MARAMIS
  65. YUSUF ROGER MARAMIS , Dari Evangelis Menjadi Dai
  66. H. Muhammad Zulkarnaen (d/h Eddy Crayn Hendrik)
  67. THERESIA DELLI SURJARMI
  68. SANDRINA MALAKIANO
  69. RUDY MULYADI FOORSTE S.TH
  70. DUA KALIMAT SYAHADAT MEMBISIK DI TELINGAKU
  71. CHRISTIAN GUSTAV
  72. AMY PEREZ
  73. TORQUATO CARDELLI
  74. TIA 'AFI'
  75. ALICIA
  76. SEORANG WALIKOTA DI AS MEMUTUSKAN MASUK ISLAM
  77. MUHAMAD RAMADHAN (STENDLY DELON)
  78. DARI SEORANG NEO NAZI MENJADI SEORANG MUSLIM
  79. PELATIH SEPAK BOLA ASAL PRANCIS MEMILIH MASUK ISLAM
  80. MIHAI BRESCARO
  81. ESTANISLAO SORIA(MANTAN PENDETA KATHOLIK FILIPHINA)
  82. PAQUITA WIDJAYA
  83. Molly
  84. IVONNE RIDLEY
  85. JESSICA,PUTRI SURIAH
  86. KATHY,WANITA AMERIKA
  87. PENDETA SENIOAR DI AFRIKA
  88. PROF DR HUBERTUS MYNAREK (PASTOR DAN TEOLOG)
  89. CHRISTIAN SCIENE MONITOR
  90. LAKSAMANA TNI (PURN SUDOMO)
  91. SUDOMO :SAYA MURTAD SELAMA 36 TAHUN
  92. OKTO RAHMAT TOBING
  93. KI MANTEP SUDHARSONO
  94. TAN PING SIEN (MUHSIN)
  95. G.M. SUDHARTA
  96. LIEM TJENG LIE
  97. ALEXANDRA GOTTARDO
  98. JIP HENJY JANA P, M.B.A.
  99. H. BURHAN NAPITULU
  100. OEY KIAM TJENG
  101. WS RENDRA
  102. AHMAD IHSAN (LIEM TJOE SAN)
  103. JAW MEI HWA
  104. NAOKO KASAI
  105. MUHAMMAD MU’MIN
  106. ANNA MARCELIA
  107. IRENI (Ny. Han Hoo Lie)
  108. STEFANUS R SUMANGKIR (EX PENDETA)
  109. RAHMAT PURNOMO (EX PENDETA)
  110. HANDOKO EX AKTIFIS GEREJA
  111. KWIK DYIT SOEN
  112. RICHELLE SANTOS,GADIS FILIPHINA
  113. WILLIBORDUS ROMANUS LASIMAN
  114. SYEIKH YUSUF ESTES EX PENGINJIL
  115. AISHA CANLAS
  116. SAYA INGIN MENJADI BAGIAN ORANG ISLAM
  117. KH. Drs. ALIFUDDIN EL ISLAMI (d/h Siong Thiam )
  118. PEREMPUAN JERMAN BERBONDONG-BONDONG MEMELUK ISLAM
  119. AMIRAH BOURABA
  120. PEMUDA ARGENTINA TEMUKAN ISLAM LEWAT INTERNET
  121. Ayesha
  122. GADIS KOLOMBIA BERSYAHADAH LEWAT INTERNET
  123. "JORDIE ROSENBAUM,PUTRI YAHUDI”
  124. BRITNEY SPEARS
  125. RUQAYYAH WARIS MAQSOOD
  126. GADIS AMERIKA BERSYAHADAH DI BIS KOTA
  127. MARGARITA
  128. Dr YAHYA YOPIE WALONI
  129. MICHAEL JAKSON
  130. DELANCE ,PERJALANAN SPIRITUAL
  131. MARMADUKE PICKTHALL
  132. SARA BOKKET,MANTAN MODEL
  133. AMIRA MAYORGA
  134. PENDETA KATHOLIK FILIPHINA YANG MENEMUKAN ISLAM
  135. MASUK ISLAM KARENA IKLAN BUS
  136. MUALAF LATIN DI AMERIKA
  137. ANAKKU DIRAMPAS KARENA “AKU MEMILIH ISLAM”
  138. TERTARIK KONSEP KETUHANAN
  139. HIDAYAH TAK KENAL WARNA,BANGSA DAN MASA
  140. PENGACARA YAHUDI PELUK ISLAM SETELAH 9/11
  141. DIANGGAP GILA SETELAH MENEMUKAN ISLAM
  142. TUHAN TELAH MEMILIKAN SAYA
  143. AKU BAHAGIA DIDALAM ISLAM
  144. ISLAM BUKAN TERORIS
  145. TERBIMBING MENUJU ISLAM
  146. OH TUHAN,TUNJUKANLAG BAGAIMANA AKU,MENEMUKANMU
  147. BERANJAK DARI TITIK NOL
  148. BERAWAL DARI BENCI BERAKHIR DENGAN CINTA
  149. Kisah Pemuda Yahudi –menemukan Islam di Internet

  150. Wajah baru Islam

  151. Ribuan orang Terkemuka di Inggris ke pelukan Islam

  152. Mualaf berbicara tentang bagaimana menegakkan Islam

  153. Mualaf Rusia memperkenalkan Toleransi didalam Islam

  154. Increasing Number Of Germans Embracing Islam

  155. Orang Katholicyang beralih ke agama Islam meningkat

  156. Beberapa nasehat untuk Mualaf baru

  157. A CATHOLIC NUN:BAD EXPERINCE BUT BEATIFUL END

  158. Hungarian Convert to Islam: Sultan

  159. Khadega Pihan dari Jerman

  160. MUSLIMS AUSTRIA: THE EARLY RECOGNITION OF RELIG...

  161. Muslim Mualaf dokuomentasi Texas

  162. Perjalananku menuju Islam

  163. Iman (Monica) Aparicio dari Kristen ke Islam

  164. 73 Year old Italian Man and His Wife Convert to Is...

  165. Ibrahim Karlsson

  166. Christopher Shelton

  167. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  168. Rob Wicks

  169. Yahiye Adam Gadahn

  170. Cinta tak terbatas untuk sebuah pujian

  171. Shalawat untuk Muhammad Mustafa saw

  172. Indian Nobel Prize Nominee Embraces Islam

  173. Iman from Italy finds Islam

  174. A French Doctor of Medicine Narrates his Adherence...

  175. A Different Childhood

  176. Sir Abdullah Archibald Hamilton (England)

  177. Muhammad Aman Hobohm (Germany)

  178. Thomas Irving (Canada)

  179. Mavis B. Jolly (England)

  180. Miss Fatima Kazue (Japan)

  181. professor Haroon Mustapha Leon

  182. American Muslims Growing in Number Rapidly After...

  183. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  184. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  185. Karima Slack Razi

  186. Jewellee

  187. HEADLINE : WHY I CHOSE ISLAM, BY BRIDE JEMIMA

  188. C. Huda Dodge : My Path To Islam

  189. Afrah Alshaibani : Becoming Muslim

  190. Testimony of Ahmed Corpus (Formerly Marco Corpus)

  191. Dr. ALI SELMAN BENOIST

  192. Christopher Patrick Nelson : Islam Saved My Mental...

  193. FAUZUDDIN AHMAD OVERING

  194. CNN News: 1.5 Million Americans coverted to ISLAM ...

  195. NBC NEWS: 20000 Americans Convert To ISLAM Each Ye...

  196. Africa, the first refuge for Muslims

  197. List of converts to Islam from Dharmic religions a...

  198. List of converts to Islam from Judaism

  199. List of converts to Islam from Christianty

  200. 'Allah came knocking at my heart'

  201. Testimony of Ihsan Chua Gim Sam

  202. The Best Speech is the Speech of Allah,And the Bes...

  203. John Kirch, USA, "I went on a 20-year-long search ...

  204. Have you ever wondered what the name Tallahassee m...

  205. Abdul Hakeem Heinz: Islam Eventually Entered My He...

  206. MAVIS B. JOLLY, The Qur'an, I found, works silentl...

  207. Mike LoPrete, USA, 19 year old college student. "...

  208. My Conversion to Islam

  209. Sherif Quinn,Christianity: The Point of Departure

  210. Shive Prasad Demolished Babri Masjid That Day -

  211. TIM WEIS, I have European lineage. I am a Muslim. ...

  212. Walter 'Abdul-Walee' Gomez

  213. The Story of a Jewish Boy - Finding Islam in Cyber...

  214. Kimi from australian

  215. Tasha, I had been studying Islam ever since I was ...

  216. Finding My Way….Lynette Wehner's conversion to Isl...

  217. The conversation to Islam of (Yahya) Donald W. Flo...

  218. How We Came To Embrace Islam

  219. Somayyah, From a Bathing Suit to Hijab.

  220. God works in mysterious ways

  221. Rashida S. (Rachel Singer) daughter of a devout Ro...

  222. Jocelyn Wiener, Times Staff Writer. Young, Female ...

  223. InNoor's Testimony: sights into Women in Islam vs....

  224. ,Nakata Khaula,A Japanese Woman's Experience of Hi...

  225. Michelle, "I came from a Jewish family in New Yor...

  226. Maureen McCormick, Life is good for Muslim women

  227. Maryam Jameelah, Converts' Stories: Interview with...

  228. Maryam al-Mahdayah, There is no more conflict w...

  229. Madonna Johnson "..all of my turmoil and anxiety ...

  230. Dr. Kari Ann Owen.USA, Jewish, "I began to look .....

  231. Karen's Testimony. "If Jesus is God, then why did ...

  232. Haji Maryam Mohammed Ahmed, American Muslima, She ...

  233. Chahida Zanabi, Norway, "..i found [a belief that ...

  234. Asiya Abd al-Zahir,Australia, "..the only religion...

  235. Aminah Assilmi "I couldn't be a Muslim! I was Ame...

  236. Yvonne Ridley In the Hands of the Taliban: From C...

  237. Yusuf Islam (Formerly Cat Stevens) Famous ex-Roc...

  238. Wilfried (Murad) Hofmann, German Diplomat And NATO...

  239. PROF. UMAR MITA, Economist, Social Worker and Pre...

  240. Nuh Ha Mim Keller, From an American Catholic to on...

  241. Leopold Weiss,Statesman, Journalist, Author, and t...

  242. Muhammad Ali

  243. Dr. Maurice Bucaille,The author of: "The Quran and...

  244. Michael Wolfe

  245. Malcolm X - In His Own Words

  246. A Confession by Leo Tolstoy

  247. Kareem Abdul-Jabbar

  248. Johann Wolfgang v. Goethe Embraced Islam

  249. Jemima Goldsmith : Why I chose Islam, by bride Jem...

  250. Jermaine Jackson

  251. Dr. Jeffrey Lang

  252. German Pop Singer Finds Destination in Islam

  253. Lord Headley Al-Farooq (England)

  254. Hamza Yusuf (Mark Hanson)

  255. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  256. Dileep Kumar, Leaving Celebrity Status Behind

  257. Dr. Abu Ameenah Bilal Philips

  258. Testimony of Abdur-Raheem Greene (Formerly Anthony...

  259. Dr. Yahya A.R. Lehmann,(Former Roman Catholic Prie...

  260. Viacheslav Polosin - Former Archpriest of the Russ...

  261. S.M. SULAYMAN,(Former Baptist Church Minister), U....

  262. Selma A. Cook,An Australian Missionary’s Journey t...

  263. Ruba Qewar, Jordanian Missionary reverts to Islam

  264. Raphael Narbaez, Jr. ,From the Watchtower to the M...

  265. Rabbi Moisha Krivitsky of Makhachkala synagogue e...

  266. Muslima,The Former Catholic Missionary (Burundi)

  267. Khadijah 'Sue' Watson - Former pastor, missionary,...

  268. Ibrahim Khalil - Former Egyptian Coptic priest

  269. George Anthony - Former Catholic priest

  270. Dr. Gary Miller (Abdul-Ahad Omar) - Former mission...

  271. Anselm Tormeeda - 14th century CE scholar and prie...

  272. Anonymous Female Missionary Former Catholic missio...

  273. Abdullah al-Faruq - Formerly Kenneth L. Jenkins,

  274. Martin John Mwaipopo

  275. George Anthony - Former Catholic priest

  276. Drs. Alifuddin El-Islamy (d/h Siong Thiam ) :

  277. Cardinal Abu Ishaq

  278. Prof. Abdul Ahad Dawud

  279. Dr. Jerald F. Dirks

  280. Long journey toward Islam, a Muslim American

  281. Aisha Canlas, Peaceful Feeling Hearing Voices Adzan...

Download

    1. ebook : Masalah dan solusi (Shakwaa wa Hulul)

    2. Perlakuan terhadap minoritas menurut Kristen dan Islam

    3. Kisah perjalanan dari Kristen ISLAM

    4. Muhammad Saw dari A sampai Z

    5. Referensi Web Dunia : Quran Mp3

    6. Free ebook : Al-Quran dan Ilmu Astronomi

    7. Saya menyeru kepada Wanita dimana rasa malumu,Saudaraku?

    8. Tafsir Kalimat Tauhid

    9. Perjalanan Mencari Kebenaran (indonesia)

    10. Status Yesus didalam Islam

    11. download :Islamic CGI Scripts

    12. FREE EBOOK FROM pakdenono.com

    13. Download Al Quran dengan terjemahan bahasa urdu (1)

    14. download : E-Hadith Software E-book 2.0.1

    15. Screensaver Islami “ keajaiban Al qur’an

    16. download : INDAHNYA ISLAM KITA

    17. download : Muslim Explorer 2007

    18. Download : Software 1.0 Hadist

    19. download book : Wanita Dalam Pandangan Islam

    20. Kisah-Kisah para Nabi

    21. Cyber Salat

    22. Pentingnya sebuah hak

    23. Bacaan Al Quran : Abd AlWADOOD Haneef

    24. Islamic Screen Savers Downloads

    25. Divine Islam Software

    26. Internet Islamic Tools Downloads

    27. Hadith Downloads

    28. Quran Downloads

    29. Download : Piagam Madinah (language bahasa indones...

    30. HOLY QURAN - Chapter Wise - Beautifully Compiled

    31. Siapkah Kamu untuk Islam?

    32. Pertanyaan mu dan jawaban Al qur’an

    33. Islam – Jawaban kepada Non muslim

    34. Translation of the meaning of the Holy Quran

    35. Quran recitation by Sa'ad al-Ghamdi in MP3 format

    36. Arabic/English Quran in searchable (only English)




Arsip Blog

Gratis Download Ebook,Mp3 dan Software Islam's Fan Box