Senin, 08 Desember 2008

masalah-masalah pernikahan di dalam Al Kitab

oleh :Thomas mc elwain *)


Masalah pernikahan an sich ,praktek poligami hingga empat istri ,dalam Islam disoroti tajam oleh para pengamat di luar Islam. Sangatlah menarik untuk memperhatikan hukum Al Kitab mengenai persoalan-persoalan tersebut.

Dalam Islam, pernikahan merupakan sebuah kesepakatan antara kedua pihak,seorang laki-laki boleh mengikat hingga dengan dengan empat pernikahan penuh, dengan mas kawin pada satu waktu ,perceraian juga dibolehkan ,perzinahan dapat dihukum mati menurut hukum Islam,tidak ada kehidupan tanpa pernikahan dalam Islam,pernikahan serta keturunan merupakan tugas yang sangat utama.

Sejak sangat awal al kitab tampaknya mendukung nilai-nilai Islam ,kejadian 1:28

?Allah memberkarti mereka,lalu allah berfirman kepada mereka :?beranak cuculah dan bertambah banyak ;penuhilah bumi dan taklukanlah itu,berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi?

adalah perintah pertama dan langsung dari Tuhan kepada manusia di dalam al kitab ,ini adalah perintah untuk berketurunan Reproduksi adalah tugas yang ditetapkan Tuhan dan bukan masalah pilihan .

Memilih tidak berketurunan sama dengan mengingkari perintah Tuhan . Reproduksi manusia ditegaskan kembali dengan perintah langsung didalam kejadian 8:17;9:1,7 dan 35:11

Teks dalam kejadian 3:16 secara khusus berhubungan dengan situasi hawa dan tidak dapat digeneralisi. Hawa ditempatkan dibawah kekuasan suminya karena perannya menjadi media birahi kepada suaminya.ini bukaan bukti subkoordinasi seorang istri secara umum .

Sebaliknya ,catataan tentang bawahan dalam keluaran 20:10 tidaklah menyebutkan istri sebagai bawahan. Ini menunjukkan bahwa istri mempunyai status yang sama dengan suaminya. Konsep kesulitan (yang dirasakan Hawa) adalah nubuat terhadap tragedi Qabil dan Habil.

Nubuat ini diberikan untuk mempersiapkan Hawa terhadap apa yang akan menjadi kengerian luar biasa,dan dengan sendirinya ,merupakan sebuah berkat.

Teks tersebut (kejadian 3:16 ) tidak mengimplikasikan bahwa hawa sedang dihukum dengan rasa sakit saat melahirkan tetapi sedang mengingatkan bahwa anaknya kelak akan membuatnya sedih.

Kejadian 16:2 merupakan kasus pertama poligami yang dilakukan contoh suci Ibrahim seorang yang saleh . dengan contoh suci ,Ibrahim melakukan poligmi dengan syarat bahwa hal tersebut disetujui istri pertama dan untuk tujuan melaksanakan perintah keturunan dalam kasus istri yang mandul .

Kita akan berlanjut pada isu tentang pernikahan terbatas atau pergundikan (concubinage) .
Teks-teks al kitab dapat diklasifikasi kan dalam tiga kelompok :

1 teks-teks yang diucapkan oleh tuhan sendiri dn demikian ,menyampaikan perintah-
perintah tuhan secara langsung.
2 teks-teks yang menggambarkan contoh suci dari para nabi nabi dan manusia-
manusia yang memiliki otorits Tuhan (para Imam) agar manusia bertindak seperti
contoh-contoh suci tersebut

teks-teks yang menggambarkan perilaku manusia biasa yang tidak perlu kita ikuti

jelaslah bahwa kategori yang no:1 adalah normative sedangkan no:3 tidak,sedangkan kategori no:2 memiliki nilai normative hingga batas tertentu

pada prinsipnya ,kita dapat memastikan bahwa pergundikan dimaksudkan hanya bagi teks-teks,yang didalamnya kata ?pilegesh? muncul.
Kata ini pernah digunakan di dalam alkitab pada Yehezkiel 23:20 untuk menyebut pasangan laki-laki dalam sebuah hubungan seperti itu.dengan demikian ,kata tersebut(pilegesh(ibrani;concubine(inggris)atau gundik(Indonesia)) dapat digunakan baik laki-laki maupun perempuan,tanpa berubah bentuk.

Al kitab pertama kali menyebut pergundikan,seperti kasus Nahor,didalam kejadian 22:24
dan gundik nahor,yng namanya Reuma,melahirkan anak juga,yakni Tebah,Gaham,Tahash,dan Maakha,pergundikan disebut lagi didalam kejadian 36:12 dengan nama Timna,yang merupakan gundik Elifas,putra Esau.
Kedua lelaki tersebut adalah orang-orang saleh walaupun bukan teladan-teladan suci.

Akan tetapi,penggunaan kata pilegesh bahkan tidak menjamin bahwa maksudnya adalah pergundikan yang benar. Kejadian 25:6,dari contoh Ibrahim ,menyampaikan kepada kita satu-satunya aturan spesifik tentang ciri-ciri pergundikan,yaitu bahwa anak-anak dari gundik tidak mendapat warisan ayahnya.

oleh karena itu ,penggunaan kata pilegesh didalam kejadian 35:22 merupakan aplikasi yang longgar dari kata tersebut bagi seorang istri budak yang anak-anaknya memperoleh warisan dan yang dijadikan istri khususnya untuk tujuan memperoleh anak

Bagaimanapun teks tersebut meragukan dalam setiap hal dan tidak perlu digunakan ,dalam tawarikh 1:32,kata ?piliegesh mengacu pada kentura,istri ketiga Ibraahim .

Teks Kejadian mengenai pernikahan tersebut bernada ambigu dan pasti pernikahan itu tidak pasti pernikahan itu tidak secara khusus untuk memperoleh anak.teks kejadian tersebut (mengenai pernikahan Abraham/Ibrahim dan kentura) apakah anak-anaknya akan mendapatkan warisan bersama ismail ataukah mereka hanya diberi hadiah,seperti anak-anak dari gundik-gundik yang lain.

Ibrahim adalah contoh suci pertama tentang pergundikan dalam al Kitab. Melalui contoh suci ,pergundikan dinyatakan bagi Abraham didalam kejadian 25:6. kata tersebut muncul disini dalam bentuk jamak (gundik-gundik). maka ,ia menandakan bahwa ibrahim mempunyai lebih daripada seorang gundik .satu perbedaan antara Istri dan gundik (selir) dinyatakan bahwa anak-anak dari seorang istri mendapatkan warisan sementara dari gundik diberikan hadiah atas kebijaksanan ayah.inilah satu batasan khas bagi pergundikan yang dinyatakan Al Kitab.selain itu .tampaknya kita dapat berasumsi bahwa pergundikan cukup dikenal

Deskripsi yang luas mengenai didalam kejadian 24 menambahkan sedikit hukum . kejadian 24:4 mengatakan ,melalui contoh suci,bahwa kerabat adalah pasangan yang lebih disukai daripada yang bukan kerabat,namun ,makna sebenarnya teks ini (kejadian24:4) ;mungkin adalah perbedaan antara penyembah Tuhan dan penyembah Berhala.

Kejadian 24:53 menetapkan mas kawin melalui contoh suci ,walaupun dari ayat 58 tampak bahwa Ribka sangat setuju dengan pernikahannya,ayat 51 lebih menunjukkan bahwa keputusan bagi pernikahan dibuat oleh wali laki-laki,yaitu ayah saudara laki-laki.

Kejadian 24:65 menunjukkan pemakaian kerudung dihadapan mempelai laki-laki sebelum pernikahan .masalah laki-laki dan kerudung tidak ditetapkan melalui contoh suci karena orang-orang yang disebutkan tidaklah otoritatif.

Melalui contoh suci didalam kejadian 25:21 Ishaq berdoa kepada Tuhan atas kemandulan istrinya.hampir semua hukum yang telah disebutkan ditegaskan melalui contoh suci pernikahan-pernikahan Yakub didalam kejadian 29:15-30,30:24.

Yakup mempunyai dua Istri yang bermahar dan dua istri budak .tidak disebutkan adanya gundik.satu-satunya masalah hukum baru (yang muncul dalam rangkaian ayat-ayat tersebut) adalah menikahi saudara perempuan .

kita harus meneliti ulang teks tersebut. Laban adalah ayah Lea dan Rachel ,dua perempuan yang bersaudara yang dinikahi Yakub.penggunaan bahasa Inggris terhadap ayah /bapak mungkin menyesatkan kita karena menggunaan bahasa semit terhadap kata yang sama jauh lebih luas dan sangat mungkin bermakna leluhur laki-laki yang sama ,pemimpin klan yang masih hidup ,yang karenanya kedua perempuan tersebut dianggap bersaudara .karena ini persis dan sangat mungkin didasarkan atas penggunaan kata tersebut sebagai asumsi pertama dan normal kita,maka kita harus memilih maknanya sebagai leleuhur laki lki dan bukan ayah biologis karena ini mungkin sesuai dengan hukum .
fenomena yang sama menjelaskan persoalan Ibrahim dan Sarah

Melalui contoh suci didalam kejadian 34:15 seorang wali dilarang menyetujui pernikahan antara perempuan beriman dan laki-laki yang tidak bersunat.

Hubungan sedarah yang diriwayatkan didalam Kejadian 35:22 paling tidak berdasarkan tanda-tanda teks masoteric ,tampaknya merupakan penafsiran dalam menjelaskan kejadian 49 : 4 ,

ia menjadi serius implikasinya terhadap salah satu putra nabi tetapi merupakan sebuah teks yang menunjukkan kata-kata seorang manusia biasa daripada sebuah kutipn dari tuhan. Bila teks ini diterima, maka Kejadian 49:4 sudah cukup jelas menyatakan bahwa perilaku itu tidak dapat diterima.

?Turun ranjang ? , atau tanggung jawab sanak keluarga berikutnya terhadap seorang janda, diperkenalkan melalui contoh suci di dalam Kejadian 38:8-11. tanggung jawab tersebut meliputi menghasilkan anak-anak dengan nama yang meninggal. Kisah tentang Tamar didalam kejadian 38:13-26 adalah sebuah contoh lain dari upaya yang salah arah untuk mematuhi berketurunan . sebagaimana kisah putri-putri luth,ada lagi pada kisah Tamar semata-mata menekankan lagi bahwa upaya mematuhi tuhan tanpa memperhatikan bimbingan ilahi,pada akhirnya justru menyesatkan.

Perilaku Yahuda dalam kisah tersebut harus diperhatikan .pada ayat 26 Yahuda mengakui kesalahannya karena tidak memberikan putra ketiganya ,Selah kepada Tamar sebagaimana yang dituntut hukum?turun ranjang? . ketika mengetahui bahwa perempuan yang tidak dikenalnya ,yang dengannya dia telah mengikat kontrak pernikahan ,adalah menantunya

,Yehuda secara konsisten menerapkan hukum pernikahan kecuali ketika tidak memberikan Tamar kepada Selah karena itulah satu-satunya kesalahan yang dia akui. Oleh karena itu ,kita harus mencari dasar hukum hubungan Tamar dan Yahuda.

Ayat-ayat ini bisa dipahami sebagai negosiasi antara seorang laki-laki dengan seorang pelacur yang belum tentu demikian tidaklah berarti yehuda tidak menikahinya,kita telah melihat dari ayat 26 bahwa Yehuda tidak mengakui telah membuat negosiasi dengan pelacur.

dia mengutuk pelacuran dalam penilaiannya tentang Tamar. Kita juga tahu bahwa Yehuda sebagai putra kedua belas yakub adalah seorang teladan suci ,oleh karena itu kita harus menyimpulkan bahwa Yehuda sedang membuat kontrak pernikahan dengan mas kawin. Oleh sebab itu putra-putra Tamar bukanlah anak-anak yang tidak sah ,terlepas dari kenyataan bahwa pernikahan itu dibatalkan ketika menyadari siapa sebenarnya istrinya .

pembatalan pernikahan itu tidak dijelaskan secara detail . kita tidak mengetahui apakah pernikahan ini dibatalkan melalui perceraian ,dengan memperependek usia pergundikan karena tidaklah pasti jenis kontrak apa yang Yehuda lakukan dengan Tamar.

Hukum tentang pernikahan berlanjut didalam Keluaran 20:14 . ayat ini merupakan bagian dari ?decalogue? dengan demikian mempunyai validitas yang lebih dibandingkan bagian-bagian lainnya. Karena diucapkan langsung oleh Tuhan tanpa perantara seorang nabi.

Keluaran 20:14 yang diulang di dalam Ulangan 5;18 melarang aktifitas seksual diluar kontrak pernikahan bagi yang orang-orang yang menikah. Dasar perintah tersebut tampaknya adalah pertimbangan atas hak anak untuk mengetahui dengan pasti identitas yang ayah dan ibu biologisnya .

oleh karena itu hukum tersebut juga mengimplikasikan adanya larangn adopsi yang mengaburkan identitas seperti itu melalui perubahan atau penyembunyian nama, ia juga berarti melarang enseminasi buatan dengnan donor rahasia atau yang tak dikenal. Perintah tersebut tidak mengungkapkan apa pun tentang keabadian pernikahan atau jumlah pasangan pernikahan perintah tersebut ditegaskan kembali didalam imamat 18;20

Keluaran 21;7-11 menambahkan legeslasi yang detail ketika menjelaskan pernikahan melalui pembelian disamping pernikahan melalui mas kawin.

Ayat 7 menyatakan bahwa pernikahan melalui pembelian hanya dapat dilakukan melalui ayah mempeli wanita. Hal ini mencegah perdagangan budak,ayat 7 melarang pernikahan sementara melalui pembelian.hal ini mencegah pelacuran ank-anak perempun oleh ayahnya.

ayat 8 memperbolehkn perceraian dengan tebusan.perceraian dengan tebusan perceraian dengan menjual istri kepada pasangan atu pedagang lain dilarang.hanya sang ayah yang dapat menebus.

ayat 9 memperbolehkan pembelian seorang istri bagi putra si pembeli,yang dalam kasus ini is istri memiliki hk-hak seorang anak perempuan .

ayat 10-11 berhubungan dengan mengambil istri lain ,baik melalui pembelian atau mas kawin ,mempunyai tiga syarat : istri pertama harus tetap mempertahankan derajat haknya atas makanan ,pakaian,dan hak-hak pernikahan lain seperti sebelumnya. Pengurangan salah satu dari tiga syarat tersebut memberikan kepad istri pertama hak atas perceraian yang bebas,yakni tanpa kewajiban untuk mengembalikan uang tebusan kepada suaminya.

Keluaran 21:22-25 mengacu kepada luka karena kecelakaan yang diderita seorang perempuan hamil dari pihak luar. Luka yang mengakibatkan keguguran harus dikompensasi sesuai dengan tuntutan suami dan hakim. Luka pada perempuan tersebut harus dihukum dengan melukai si pelaku dengan luka yang sama.?Mata ganti mata dan gigi ganti gigi ?berhubungan dengan kasus luka yang diderita perempuan hamil.

Keluaran 22:16-17 mengacu kepada perbuatan zina, yaitu aktivitas seksual antara seorang laki-laki dengan perempuan yang tidak menikah. Dalam kasus seperti itu, si laki-laki wajib menikahi si perempuan. Dia wajib jika ayah si perempuan itu menolak memberikan putrinya kepadanya dalam pernikahan.

Imamat 18:6-20 memberikan daftar tingkatan hubungan yang dilarang untuk dinikahi: ayah,ibu,istri ayah ,saudara perempuan,baik putri ibu ataupun ayah, putri anak laki-laki atau putri anak perempuan,saudara perempuan ayah,saudara perempuan ibu, saudara laki-laki ayah,istri saudara laki-laki ayah,istri anak laki-laki,istri sudara laki-laki,anak perempuan istri,putri dari anak laki-laki istri,putri dari anak perempuan istri, saudara perempuan istri pada saat yang sama.

Imamat 19:20-22 berkaitan dengan hubungan seksual antara seorang laki-laki dengan istri pembelian orang lain. Tidak hukuman mati bagi keduanya: yang wanita harus dicambuk dan yang laki-laki harus menebus pelangaranny dengan seekor biri-biri jantan.

Imamat 20:10-12,14,17 menetapkan hukuman atas aktifitas-aktifitas seksual tertentu.Perzinahan,atau aktifitas seksual antara laki-laki dengan istri orang lain, dengan hukuman mati bagi kedua belah pihak.

Aktifitas seksual dengan istri ayah atau menantu perempuan dihukumi dengan hukuman mati bagi keduanya.Menikahi wanita sekaligus anak perempuannya dihukumi mati dengan dibakar bagi ketiganya.

Pengasingan adalah hukuman atas menikahi saudara perempuan atau saudara perempuan tiri.Imamat 20:19-21 menetapkan hukuman?tanpa anak?sebagai hukuman atas menikahi saudara perempuan ayah atau ibu,istri paman, atau istri saudaralaki-laki.

Bilangan 12 memunculkan poin lain mengenai contoh suci dari sisi Musa. Musa mengambil istri kedua selain Zipora, yang merupakan orang Midian, keturunan Ibrahim dan Keturah. Istri keduanya adalah orang Etiopia. Harun dan Miryam menentang pernikahan itu. Penentangan itu mungkin berdasarkan atas kecemburuan yang salah kaprah kepada Zipora, rasisme atau tidak menyetujui poligami.

Rasisme dan penentangan terhadap poligami adalah tuduhan yang sangat serius bagi Harun dan Miryam jika tanpa disertai bukti yang sangat kuat. Walaupun sebagian besar pemikiran Barat modern menolak keras poligami, hal ini semata mata sebuah prasangka kultural. Alkitab mendukung poligami, baik melalui perintah langsung maupun contoh suci.

Dalam kasus turun ranjang , hal ini bahkan merupakan tugas. Namun demikian, tidak ada dukungan bagi poliandri, mungkin karena pertimbangan hak anak untuk mengetahui identitas ayah dan ibu biologisnya. Tampaknya musa menikahi wanita itu ketika Israel sedang berkemah di Hazerot(Bilangan 11:35) mungkin pernikahan ini adalah salah satu contoh pergundikan walaupun tidak terdapat bukti lain untuk kesimpulan ini selain adanya keintiman yang mungkin lebih didorong oleh hasrat memperoleh kesenangan sesaat daripada memperoleh anak.

Ulangan 7:3-4 melarang pernikahan antara orang beriman dengan orang yang kafir ,baik laki-laki atau perempuan.ulangan 17:4-7 mengatur hukuman mati bagi kejahatan-kejahatan seksual.

hukuman mati ini dilempari batu hingga mati. Dua laki-laki atau satu laki-laki dan dua wanita dibutuhkan sebagai saksi harus menjadi yang pertama dalam melaksankan hukuman mati tersebut .para saksi harus menjadi yang pertama dalaam melaksanakan eksekusi tersebut.

Ulangan 17:17 melarang pernikahan dengan banyak istri bagi raja.Ini tidak harus berarti bahwa raja tidak mempunyai hak istimewa yang sama dalaam pernikahan dengan orang biasa.yang mungkin dilarang adalah membuat perjanjian dengan kekuatan-kekekuatan luar melalui pernikahan namun demikian,masalahnya tetap ada karena melalui contoh suci sulaiman yang banyak sekali melakukannya.

Ulangan 20:7 melarang ikut serta dalam perang bagi orang yang bertunangan , yang pernikahannya belum disempurnakan.

Ulangan 21:10-14 mengatur pernikahan dengan seorang tawanan perang, ayat 12dan 13 menetapkan satu bulan berduka, dengan kepala yang dicukur dan kuku yang dipotong, sebelum pernikahannya disempurnakan. Menceraikan seorang tawanan mengharuskan pemberian kebebasan bagi tawanan tersebut.

Ulangan 22:13-21 mengacu kepada tuduhan ketidak perawanan dalam pernikahan. Apabila seorang yang mengaku perawan menikah dan didapati bahwa dia tidak perawan, dia harus dirajam. Apabila suaminya membuat tuduhan palsu atasnya dan dia dapat membuktikan dirinya perawan, sesuai harus membayar seratus keping perak kepada ayahnya dan melepaskan hak perceraian.

Ulangan 22:22-27 menegaskan kembali hukuman mati atas perzinahan bagi kedua pihak. Namun si wanita tidak dihukum apabila kejahatan itu terjadi ditempat jauh, yamg teriakannya untik meminta tolong tidak terdengar.

Ulangan 24:5-10 mengatur detail kasus ?turun ranjang ?. Jika seorang laki laki meninggal tanpa anak, kerabat dekat berikutnya bertanggung jawab untuk menikahi istrinya dan anak pertama dari keduanya diberi nama sebagai pewaris laki laki yang meninggal tanpa anak itu.menghindari tanggung jawab ini akan melahirkan campur tangan hukum. Si istri harus bersaksi atas penolakan laki laki tersebut untuk menikahinya dihadapan saksi. Bila laki laki itu tetap menolak, maka siwanita harus melepaskan sepatu si laki laki dan meludahi wajahnya.

Sampai disini ,semua legeslasi telah dipaparkan.tentu saja ,masih banyak contoh suci yang mendukung legeslasi ?legeslasi tersebut .

dalam I Samuel 1:10-11,Hanna melalui contoh suci kembali menegaskan permohonan dalam kasus kemandulan. Dia menjelaskan Hukum dengan melakukan sumpah nazar khusus bagi anak yang diharapkan,yang didalamnya bahwa rambut anak itu kemudian tidak akan dicukur

didalam 2 Samuel 6;20-23,dengan contoh suci Daud menghukum istrinya Mikhal,dengan membatalkan secara permanen hak pernikahan tanpa menceraikannya,sebagai hukuman karena tidak menghormati suaminya.

Didalam 2 Samuel 11,kita mempunyai contoh suci dari Daud dan pencabutan perjanjiannnya oleh nabi Nathan dalam 2 Samuel 12 istri Urea yang dipertunangkan dicerai oleh Uria sehingga dia dapat ikut menjadi pahlawan dalam peperangan berdasarkan Ulangan 20:7 atau disempurnakannya pernikahan Urea dengan Batsyeba yang ditebus dengan perceraian untuk alasan yang sama berdasarkan Ulangan 24:5.

pada saat itulah ,Daud membuat kontrak pernikahan dengan Batsyeba karena mengetahui niat Urea untuk menikahi Batsyeba kembali setelah perang,terjadi perselisihan antara Daud dengan Batsyeba mengenai siapakah diantara mereka yang harus memberi tahu mengenai siapakah diantara mereka yang harus memberi tahu Uria tentang pernikahan itu.tidak ada satupun dari mereka sudi melakukannya dan keadaan ini membuat Daud menyerah kepada keinginan Urea untuk menggantikan posisinya jika Uria memperoleh kemenangan dalam perang ,sambil berharap bahwa kematian Urea melepaskan mereka dari keharusn mengungkapkan pernikahan baru mereka.karena meliputi motivasi yang dapat dipertanyakan ,perilaku ini dikeluarkan dari contoh suci dengan wahyu yang disampaikan melalui nabi Nathan .penggunaan teks ini secara umum sebagai pengampunan yang simplistik atas perzinahan dan pembunuhan bukanlah penafsiran yang valid.penafsiran itu akan membuat hukum yang menetabkan hukuman mati baik untuk pembunuhan maupun perzinahan-menjadi tidak berlaku.

ucapan-uapan Nathan dalam 2 Samuel 12:9 harus dilihat sebagai hiperbola dalam menyampaikan kasus itu kepada sang raja Daud.

2Samuel 13:13 menunjukkan kemungkinan pernikahan antara laki-laki dengan saudara perempuaan tirinya.hal ini bertentangan dengan imamat 18:11 ,dengan begitu ,ayat itu (2samuel 13;13)dpat dikatakan berkenan dengan tidak kepedulian Tamar,atau lebnih mungkinnya,upaya Tamar yang tak berdaya agar penyerangnya tidak memperkosanya .

Walaupun pernikahan dan hubungan ?hubungan diluar nikah dibahas dalam tulisan-tulisan nabi lainnya.bahkan dalam kasus Hosea,tidak ada lagi contoh suci atau wahyu langsung dari Tuhan yang tampak.

Contoh-contoh pergundikan lainnya dapat disebutkan secara singkat sebagai berikut.
Dalam Hakim-Hakim 8:31,kita mendapati bahwa Gedeon mempunyai seorang gundik melalui contoh suci,yang melahirkan seorang anak laki-laki ,Abimelekh yang kemudin menjadi raja pertama Israel

Didalam Samuel 5;13 melalui contoh suci Daud yang membuat kontrak pergundikan dan juga pernikahan normal dengan banyak wanita. 2 samuel 15:16 menunjukan sepuluh wanita yang menjadi gundik Daud .kelompok wanita yang sama juga disebutkan dalam samuel 2 Samuel 16:21-22 dan 20:3 .sebuah kelompok gundik Daud lainnya disebutkan didalam 2 Samuel 20:3 para gundik Daud lainnya disebutkan didlam 2 Smuel 20:3 .para Gundik Daud disebut lagi didalam I Tawarikh 3:9

Didalam Raja-Raja11:3 melalui contoh suci Sulaiman yang membuat pernikahan dengan tujuh ratus wanita dan pergundikan tiga ratus .jumlah istri yang mengejutkan ini tentu saja tidak normatif .al kitab tidaklah memberikan batasan terhadap jumlah Istri .batasan empat Istri merupakan salah satu hukum baru yang ada dalam Al Qur?an

Nama dua gundik ,yang terikat kontrak dengan Kaleb ,disebutkan didalam Tawarikh 2;46,48 Kaleb secara khusus bukan merupakan contoh suci tetai tidak ernah disebutkan bahwa ia pernah disebutkan bahwa dia ernah melakukan perbuatan terpkutuk .sebaliknya ,dia seringkali disebut karena keberaniannya dalam kaitan dengan penerus Musa,Yosua.

I tawarikh 7;14 menyebutkan seorang gundik dari manasye ,putra yusuf karena yakup memasukkan kedua putra Yusuf dalam jumlah dua belas, maka manasye meruakan contoh suci.

Didalam 2 Tawarikh 11:21 disebutkan para gundik dari Rahabeam putra Sulaiman . Rahabeam terlepas dari kesaahan-kesalahan politiknya ,dapat dianggap salah satu dari dua belas raja Yehuda yang baik dan oleh karenanya merupakan contoh suci .

Kidung Agung 6:8-9 memuat lagi referensi mengenai contoh suci Sulaiman dalam pergundikan.

Dengan demikian ,terdapat lima atau enam contoh suci tentang pergundikan yang secara khusus disebutkan dalam AlKitab, sekarang kita akan mengamati teks-teks yang merujuk pada pergundikan yang tidak dapat diambil sebagai contoh suci ,dan teks-teks tersebut merujuk kepada conroh suci ,dan teks-teks yang merujuk kepada contoh suci pernikahan yang mungkin merupakan pergundikan atau bukan pergundikan.
Terdapat sebuah kisah yang panjang dan tragis seorang anak gundik lewididalam hakim-hakim 19 terdapat alasan yang kuat bahwa Lewi adalah seorang yang saleh walau bukan contoh yang suci.

Gundik raja Saul disebutkan dengan nama didalam 2 samuel 3:7 dan juga Raja-Raja 21:11 .Raja Saul bukan contoh yang suci karena kerajaannya diambil atas dasar ketidak patuhannya (terhadap perintah Tuhan) namun demikian ,Daud sendiri terus memberlakukannya sebagai yang diurapi dan dihormatinya hingga wafat.

Ester 2:14 merujuk kepada gundik dari raja Ahasyweros. Raja ini bukan seorang contoh suci .

Hingga disini ,mungkin perlu kita mengamati penyebaran masalah-masalah pergundikan ,lebih dari pada setengah jumlah-jumlah orang mengikat pada pergundikan adalah teladan-teladan suci yang kehidupan kehidupannya bersikap otoritatif dan mendapat wahyu dari Tuhan,yang kepada mereka manusia pada zaman mereka masing-masing diperintahkan untuk mencontoh mereka.yang lainnya kecuali Ahasyweros,adalah orang Saleh ,

beberapa diantaranya bahkan tidak ternoda dalam catatan hidup mereka. Tidak ada catatan tertentu dalam Al Kitab pergundikan itu disebutkan mengenai hal ini . dalam al Kitab ,pergundikan hanya disebutkan hanya dalam kehidupan yang saleh,penjelasan mengenai hal ini adalah mungkin bahwa orang-orang jahat pada umumnya lebih memilih pelacuran daripada mengambil tanggung jawab daripada pergundikan.

Teks-teks suci tidak membahas jangka waktu kontrak pernikahan ,pada umunya,pernikahan yang digambarkan dalam al kitab adalah pernikahan permanent walaupun jenis ini tidak pernah ditetapkan hukumnya . banyak kasus pergundikan yang kita jumpai tampaknya berjangka waktu panjang. Keluaran 21:7 secara langsung menyatakan bahwa pernikahan dengan pembelian haruslah berdifat permanent. Hal ini jelas merupakan penentangan terhadap pelacuran. Kesimpulannya adalah bahwa ada kontrak dalam bentuk-bentuk lain.

Baik pergundikan maupun poligami tidak lagi dipratekkan beberapa saat setelah kembali dari the Babylonian captivity dan selama munculnya rabiisme. Ketika pergundikan ridak lagi digunakan dikalangan Yahudi ,muncullah masalah ,walaupun terdapat bukti bahwa pelacuran terjadi bersamaan dengan pergundikan dan pernikahan ,kasus pelacuran mungkin akan lebih banyak terjadi lagi bersamaan dengan penurunan praktek poligami dan pergundikan.

Bagian-bagian Injil yang berhubungan dengan periode sebelum kepemimpinan Yesus kembeli menegaskan kembali validitas hukum tentang pernikahan . Yusuf mempertimbangkan untuk menceraikan Maria karena dia hamil sebelum sempurnanya pernikahan mereka (Mat 1:19). Hal ini selaras dengan hukum .

Yohanes Pembaptis dipenjara akhirnya dihukum mati karena sangat teguh mempertahankan hukum yang melarang pernikahan dengan istri saudara laki-laki
(Markus 6:17)

tidak ada legeslasi wahyu yang langsung dalam Injil,hanya dengan satu atau dua pengecualian yang mungkin ,maka seluruh isi teks (Injil) jelas merupakan saksi-saksi selain Tuhan. Hal ini juga dapat dilihat dari sudut pandang hierarki urutan yang menjadi subordinat dari teks-teks suci Yahudi (perjanjian Lama). Karena Yesus menggabungkan dalam dirinya tugas-tugas kenabian tindakan-tindakannya dapat menggugurkan atau dapat menegaskan kembali teladan suci sebelumnya , dan mengklarifikasi atau menerapkan wahyu langsung Tuhan.

Perhatikan kontekstual dari perintah utama Tuhan itu sendiri tidak lagi terlihat dalam tahap ini. Tidak ada kebutuhan untuk menambah populasi dibumi,yang tampaknya sudah mencapai populasi yang cukup,penekannya berpindah dari reproduksi ke perwartaan Injil.

Alih-alih melahirkan banyak lagi orang yang beriman,fokusnya beralkih pada anak baru lahir. Karenanya ,perintah yang utama haruslah ditafsir ulang untuk mencakup pewartaan Injil, penghubung untuk hal ini sudah terlihat dalam keberkahan atas benih Ibrahim,Ishak ,Yakub yang dijumpai didalam Kejadian,yang melelui semua bangsa berbagi keimanan terhadap Tuhan .

Namun demikian, Injil memberikan beberapa sorotan terhadap hubungan-hubungan pernikahan dan tugas-tugas moral yang berhubungan dengannya.

Matius 5:31-32 (Lukas 16:18) mengutip Ulangan 24:1 dalam kaitan dengan kompesasi perceraian .hal ini diperluas pada pembahasan didalam Matius !9:1-12(Markus 10-12) Kisah didalam Matius 22:23-33(markus 12:18-27;Lukas 27-38) tidak merujuk langsung pada pernikahan tetapi kebangkitan kembali .

Teks tersebut (Matius 5:31-32) pada umumnya ditafsirkan bahwa Yesus ,menggugurkan Hukum perceraian pada semua kasus kecuali pada perzinahan ,yang karenanya perceraian diperbolehkan. Terdapat masalah serius dalam masalah ini

Pertama: Yesus tidak memiliki orotitas untuk menggugurkan hukum,dia hanya memiliki otoritas untuk menegaskan kembali ,mengklarifikasi ,menerapkannya pada situasi yang baru atau tertentu ,misalnya kekerasan hati .Yesus hanya dapat mnerapkannya kembali dalam keadaan tertentu ,misalnya ketika kekerasan hati tidak ada lagi.

Kedua adalah bahwa hukuman atas perzinahan adalah hukuman mati .tidak ada gunanya mengizikan perceraian dalam kasus perzinahan karena perceraian hanya diterapkan terhadap orang yang masih hidup . hanya orang-orang yang masih hidup yang dapat menerima kompensasi perceraian. Namuan akibat langsung dari perzinahan yaitu: hukuman mati,harus dilakukan sebelum masalah baru muncul ,bahkan bila hukuman itu dapat ditunda untuk apa menceraikan jika hanya untuk mati?

Masalah ini hilang ketika istilah ?porneia?(dalam Injil bahasa Yunani) ,yang diterjemahkan fornication?hubungan diluar pernikahan?(dalam KJV) diaplikasikan kedalam daftar ?pernikahan yang dilarang? didalam Imamat 18:6-20.

karenya ,perceraian ini dipandang sesuai hanya dalam kasus yang terjarang terjadi ,yakni ketika pernikahan pada saat tertentu , didapati tidak sah karena hubungan hubungan kekeluagaan yang sebelumnya tidak diperhatikan.

Kalau menganggap Lukas 16:18 sebagai hukum murni ,dan pengecualian didalam Matius sebagai klarifikasi yang salah dari orang-orang yang datang kemudian ,maka kita hanya mempunyai larangan atas perceraian tanpa syarat . ini menjadi lebih mudah dibahas.tanpa menggugurkan hokum umum perceraian pada situasi tertentu tidak sah.teks tersebut tidak memberi indikasi mengenai situasi apa yang terjadi kita harus berasumsi bahwa aplikasi mengenai situasi apa yang terjadi . kita harus berasumsi bahwa aplikasi tersebut bersifat spedifik dan terbatas atau,karena ats hierarki nilai-nilai tekstual,menolak teks secara keseluruhan.

Apabila tidak terdapat indikasi didalam teks mengenai situasi seperti apa yang memicu munculnya larangan perceraian tersebut,kita harus mencari situasi seperti pertama kali dalam praktek masyarakat setelah itu didaerah yang sama.kita tidak memiliki informasi tentang praktek masyarakat pada masa Yesus tetapi menemukan contoh-contoh didaerah tersebut.

Hukum perceraian digunakan di Timur tengah sebagai alternative pelacuran. Maksudnya adalah kontrak pernikahan dilakukan dengan maksud untuk bercerai ,bahkan dalam waktu yang sangat singkat,seperti beberapa jam.
Adalah aman kita berasumsi yesus (melarang perceraian dengan) mengacu kepada praktik ini.

Hukum didalam Matius 5:31-32 dan Lukas 16:18 adalah salah satu teladan suci yang sah karena ayat-ayat itu mengadung ucapan-ucapan seorang nabi/rasul dan dibimbing oleh Ilahi. Ayat-ayat tersebut mengklarifikasi aplikasi yang sah terhadap kasus-kasus,ketika kekerasan hati pasangan pernikahan menyebabkan ketidak mampuan mereka hidup bersama.

Ia juga mengklarifikasi bahwa pernikahan dengan niat untuk segera cerai sebagai alternatif terhadap pelacuran mengakibatkan perzinahan dan,oleh karena itu ,merupakan penerapan hukum perceraian yang salah. Selain meningkatnya pelacuran itu sendiri,adalah logis bagi kita untuk berasumsi bahwa praktek pernikahan dengan maksud bercerai ,seperti saat ini mulai muncul pada abad pertama Yudaisme,masa dan tempat yang dirujuk dalam injil-injil.

Alternatif terhadap pelacuran ini kini menjadi umum di Timur tengah dan pasti dikenal pada zaman Yesus,dalam konteks inilah ,kita harus membaca perintah perintah Injil yang menentang perceraian kita dengan aman dapar berasumsi bahwa perlakuan Yesus terhadap pernikahan dengan maksud bercerai membentuk sebuah bagian dari reformasi hukum Yesus.Yesus menolak system pengajaran rabbi sebagai aplikasi terhadap hukum,

pernikahan dengan maksud bercerai persis sama dengan jenis penolakan yang diperbolehkan oleh pengajaran para rabbi,sebaliknya Yesus bergantung pada teladan suci dalam menerapkan hukum dan menerapkan hukum dan menetapkan dirinya sebagai seorang teladan itu sendiri.

Kita tidak mengetahui yang spesifik dari teladan suci yang dibuat Yesus sehubungan dengan pergundikan . dia hanya mengutuk alternative yang menggantikan kedua hal tersebut ,yakni pernikahan bermaksud bercerai.

asumsi umum bahwa Yesus sendiri tidak menikah hanya memiliki dasar tekstual bahwa tidak seorangpun istri yang secara khusus disebutkan.

Hal ini didasarkan pada anggapan bias yang muncul dari pemikiran-pemikiran ?monastisme?(monastisme dari bahasa Yunani :monachos ?orang kesepian? Kristen yang belakangan .dengan mempertimbangkan usia Yesus dan adapt istiadat pada zamannya,kita dapat dengan aman berasumsi bahwa dia memiliki satu istri. Hal ini merupakan asumsi Yahudi modern yang kosisten.

Dengan mempertimbangkan otoritas Yesus dalam menerapkan hokum yang bertentangan dengan system pengajaran rabbi,bahkan lebih aman bagi kita berasumsi bahwa bisa saja Yesus mempunyai lebih daripada satu istri dan gundik.para istri dan gundik tersebut dapat saja tercakup diantara mereka yang disebutkan didalam teks-teks seperti

Lukas 23:55
? Dan perempuan-permpuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea,ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-nya dibaringkan.?

Kumpulan surat-surat yang muncul setelah Injil-Injil ,yang datang begitu saja ,memiliki otoritas paling rendah diantara kitab suci.

Surat-surat itu tidak berisi kutipan-kutipan firman Tuhan tetapi semata-mata persaksian manusia. Pada titik ini,hanya sedikit yang bisa dilakukan yakni penegasan kembali apa yang telah ada sebelumnya dan penerapan terbatas terhadap beberapa situasi yang baru. Kita tidak memiliki hak untuk menafsirkan surat-surat tersebut jika bertentang dengan teks-teks kitab suci terdahulu.

Konflik Paulus dengan hukum sebaiknya tidak dilihat sebagai pertentang dengan teks kitab suci tetapi konfigurasi system pengajaran para rabbi dalam mengajarkan dan menerapkannya.

1 Korintus 5:1 menegaskan kembali hokum yang menentang pernikahan dengan istri ayah(Imamat 18:8,Ulangan 22:30) . ayat-ayat 9-13 menjelaskan hukuman bagi orang beriman harus secara total menghindari para pendosa. Hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa orang beriman hidup dibawah pemerintahan yang zalim sehingga tidak mampu melaksanakan fungsi hukuman dari hokum.pasal 6 menunjukkan fakta bahwa kelompok orang beriman bertanggung jawab secara hukum untuk memerintah secara hukum. Namun hal itu terhalang oleh pemerintahan yang zalim. Kondisi inilah yng harus menjadi pertimbangan praktis,menyetujui orotitas penguasa seperti itu (yang zalim) dilarang.

1 Korintus 7 merupakan kelanjutan dari hukum yang diterapkan Paulus pada gereja Korintus pada zamannya. Ayat 1 menyatakan apa yang tampaknya menjadi pemikiran seorang penganut praktek kehidupan membujang. Hal ini harus berdasatkan beberapa factor.
Pertama: seperti yang sudah disebutkan,kebutuhan untuk memperbanyak populasi di Bumi telah menjadi perhatian kedua,dan secara akurat dilengkapi oleh perintah untuk mewartakan Injil.

Kedua : masa-masa yang tidak stabil saat itu tidak kondusif bagi kehidupan keluarga(1korintus 7:26,29)

Faktor ini muncul pada peringatan Yesus dalam Matius 24:19

?celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyususkan bayi pada masa itu.?

Surat-surat Paulus ,dengan segala inspirasinya,ditulis dalam konsepsi yang ada pada masa itu. Terdapat harapan yang terlalu cepat akan kedatangan kedua Kristus ,kesengsaraan dan akhir dunia.

Dalam kondisi tersebut,pemikiran paulus tentang kehidupan membujang mendapat dukungan. Dia sendiri ,didalam 1 Korintus 7:6 mengatkan bahwa pemikirannya ini bukanlah wahyu Tuhan melainkan fatwa semata.

Dengan kualifikasi-kualifikasi tersebut Paulus memberikan perintah khusus tentang bagaimana mempertahankan kehidupan membujang dan tetap melestarikan tuntutan hukum mengenai pernikahan dan kesucian. Pernikahan semestinya menggugurkan kehidupan membujang jika,dalam prakteknya terjadi konflik hukum:

?sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu.?
(1 korintus 7:9)

setiap upaya untuk menghindari perceraian harus dilakukan tetapi perceraian itu sendiri tidaklah secara mutlak dilarang (1 korintus 7:15) tampaknya tidak ada pernyataan di dalam yang bertentangan dengan hukum .

praktek-praktek hukum berikut ini secara spesifik disebutkan didalam 1Korintus 7 : saling berbuat baik antara suami maupun isrti ,hubungan badan merupakan tugas,baik bagi suami maupun istri ,kerelaan kedua belah pihak untuk menghindari hubungan badan agar dapat berpuasa dan beribadahlah haruslah bersifat sementara,menghindari perceraian bagi seorang yang beriman,mengizinkan pernikahan kembali bagi seorang janda.

2Korintus 2 merekfleksikan makian terhadap seorang laki-laki yang menikahi isrti ayahnya.saran paulus adalah untuk ?meninggalkannya bersama setan? dan secara total menghindarinya.

Namun tampaknya orang tersebut menyesal dan berpisah dengan kelompok itu. Paulus kembali menegaskan penerimaan kembali dan pengampunan sebagai pendiriannya (2Korintus 2:6-11). Imamat 20:11 menetapkan hukuman mati atas kasus seperti ini. Dengan demikian keputusan paulus bertentangan dengan hokum .pada saat itu trerdapat tradisi panjang tentang pengadilan-pengadilan Yahudi . system pengajaran rabbi pun telah lahir.

Hukuman mati prakteknya tidaklah diterapkan pada masyarakat Yahudi . pembalikan Paulus,melalui keputusannya,dari hukum pengasingan ,menjadi pengampunan tidak hanya didasarkan atas konteks penyesalan laki-laki itu. Namun hal itu juga didasarkan atas konteks faktual bahwa hukum tidak menetapkan pengasingan atas dosa tersebut tetapi bahwa hukuman mati tidaklah menyediakan satu hukuman pengganti bagi saru hukuman yang lain. Oleh sebab itu,kepurusan Paulus yang berubah itu sama absahnya dengan yang pertama.

Di dalam Galatia 5:19,terdapat sebuah kecaman terhadap perzinahan,hubungan di luar pernikahan,najis,dan nafsu birahi.

Efesus 5:22-33 memaparkan beberapa prinsip hubungan antara suami dan istri . Paulus ,menyerukan hubungan terbaik antara suami dan istri tetapi seraya berdasarkan atas penyerahan diri sang istri kepada suaminya dan cinta suami kepada istrinya. Kesetaraan social antara suami dan istri yang dinikahi dengan mas kawin tidak lagi dipertanyakan didalam teks-teks yahudi (perjanjian lama). Sikap paulus dapat menunjukkan pengaruh sebuah masyarakat chauvinistic atau perubahan budaya ke arah subordinasi posisi perempuan walupun keputusannya tidak dapat dituntut pemikiran chauvinistic yang sama muncul didalam kolose 3:18-19.

Keparuhan terhadap hukum yang berkaitan dengan perilaku sexual ditekankan di dalam 1 Tesalonika 4:3,5,7. didalam 1 Timotius 3:2 Paulus memaparkan kualifikasi-kualifikasi bagi seorang penilik di dalam jemaat,dengan mengatakan bahwa dia sebaliknya menjadi suami dari satu istri .hal yang sama dikatakan para diaken gereja didalam ayat 12. kadang-kadang hal ini dipahami bermakna lebih dari istri secara bergantian.namun jika ini masalahnya tampaknya bukan perceraian yang akan dilarang tetapi pernikahan kembali bagi para janda.walaupun praktek monogami Yahudi sudah ada pada saat itu,tidaklah demikian halnya dengan masyarakat Yunani. Disini ,Paulus menyatakn bahwa para penilik gereja dan diaken haruslah monogamis.sisi lainnya adalah bahwa monogamy bagi anggota jemaat biasa tidaklah diperintahkan.

Di dalam 1 Timotius 4:3 Paulus mengecam mereka yang melarang pernikahan .didalam 5:14,dia mendorong perempuan-perempuan muda untuk menikah dan mempunyai anak .1 Petrus 3:1 dan seterusnya sepakat dengan keputusan-keputusan Paulus,bahkan hingga persoalan chauvinistic dengan memerintahkan penyerahan diri para istri dan cinta para suami.
Sampai disini ,adalah mungkin bagi kita untuk membuat evaluasi umum terhadap teks-teks Al Kitab dari sudut pandang Islam.






*)Thomas Mc Elwain didalam keluarga Kristen yang taat di Amerika Serikat,dia menggemari persoalan-persoalan keagamaan sejak muda dan bercita-cita sebagai Pastor.Dia mempelajari Teologi dan sejarah pada ?seminare du saleve? di Perancis dari tahun 1968-1972,kemudian melanjutkan studi tentang agama pada Andrews University di Michigan ,1974 melanjutkan study di University of Uppsala untuk mendalami bahasa-bahasa Biblikal dan
Etnografi ,kemudian pada tahun 1979 di University of Stoukholm,McElwain mendapat gelar Phd,selama bertahun-tahun dia mengajar di pelbagai Universitas,terutama University of Turku di Filandia,tempat aktifitasnya sejak 1979-1984. dia juga aktif sebagai editor ?jurnal perbandingan agama:?TEMENOS? selain itu sejak 1982,Dia mengajar pada Departemen perbandingan Agama di University of Stockholm.
.

kutipan dari buku karyanya : "Bacalah Bible!"

Tidak ada komentar:

BERITA DAN REFLEKSI




  1. CERAMAH AKHIR TAHUN HIJRIYAH 1429

  2. RENUNGAN 1 MUHARRAM 1430 H

  3. Refleksi Ibadah Haji Penangkal Jeratan Sistem Dajj…

  4. Teologi Apologetik dalam Membaca “Kitab Suci”

  5. Memilih Pemimpin

  6. "Dualisme"

  7. Propaganda ”Lintas Agama” yang Kian Canggih

  8. SEMANGAT BARAT

  9. Ribuan Manuskrip Islam Kuno Tersimpan di Perpustakaan...

  10. Invasi Gaza:"Operasi Cast Lead", bagian Dari Sebuah konpirasi...

  11. Antara Kebenaran dan “Pembenaran”

  12. "Kaum Yahudi dan Perusakan Agama”

  13. Inaugurasi Obama, Masonic Bible, dan Obelisk Fir’aun...

  14. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [2]...

  15. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [1]...

  16. "Tuhan" Filsafat

  17. Mengambil Hikmah Dari Yahudi-Yahudi "Nyeleneh"

  18. Adakah Jarak antara Agama dan Ilmu Pengetahuan? (1)

  19. Kumpulan Artikel M. Syamsi Ali

  20. Virus-Virus Akidah

  21. ZEITGEIST the movie

  22. Penemu Sirkulasi Pernapasan Ibn Al-Nafis atau Harv...

  23. TITIK TEMU ISLAM DAN KRISTEN

  24. Mengapa saya masuk Islam?

  25. Pendahuluan Kuliah Tauhid

  26. TAWHID dan KEMERDEKAAN

  27. SYIRIK dan MUSYRIK

  28. KISAH KETA’ATAN DAN KEMUNGKARAN DALAM AL-QUR’AN;

  29. SEJARAH YANG SELALU BERULANG…

  30. Madu Lebah Obat Luka Akibat Diabetes di Amerika

  31. HAL-HAL YANG MENGURANGI ATAU MERUSAK SIKAP TAUHID

  32. Proyek Rahasia Dibalik Agresi Brutal Israel ke Jalur gaza...

  33. Virus Merah Jambu, Bernama St Valentine

  34. Proyek Isa, Mengajak Muslim Menuju Kristiani

  35. VALENTINE DAY = Hari Raya Pagan Mengenang Pendeta

  36. Didukung Perusahaan Raksasa, Satukan Kekuatan Seba...

  37. Ribuan Media Misi Hadiri Konvensi Media Kristen International...

  38. Gereja Anglikan Inggris Setujui "Kristenisasi"

  39. Presiden Turki: Perpecahan Kelompok Sumber Utama Kekalahan...

  40. Musibah tanggul Situ Gintung

  41. Vatikan akan Boikot Film 'Angels & Demons'

  42. Waspadai Dendeng/Abon Sapi mengandung Babi

  43. Pesan Islam Dalam Game Nintendo, AS Gempar!

  44. Uskup Perancis: Kenapa Masjid Penuh dan Gereja Koson.

  45. Vatikan: Perbankan Barat Harus Melihat Sistem Keua...

  46. Terapi Musik Dalam Peradaban Islam

  47. what is name ?

  48. Orientalism, , kesalahan informasi dan Islam



BERITA MUSLIM

  1. 4 Anak Jombang Jadi Jenius Berkat Hanifida

  2. Syirik: Dari Samiri sampai Ponari

  3. Warga Lebak Temukan Alquran dan Pedang Raksasa

  4. MER-C Usulkan Tangani Pengungsi Rohingya ..

  5. Tim kesehatan dari "Medical Emergency Rescue Commitmen...

  6. Presiden: Indonesia Bisa Jadi Pusat Perbankan Syar...

  7. Muslim Brazil Membangun Institute Imam Dan Da'i

  8. Selamatkan Muslim Rohingya

  9. Manusia Perahu Rohingnya dan Warga Yang Dilupakan

  10. Rohingya, Nestapa Minoritas Muslim Myanmar

  11. Pengungsi Rohingya Enggan Kembali Ke Myanmar

  12. Satu Lagi Perahu Rohingya Berlabuh di Aceh

  13. AS Akhirnya Bersuara Atas Nasib Rohingya

  14. Muslim Korsel Sulit Peroleh Makanan Halal

  15. Ragam Etnis Komunitas Muslim Korea

  16. Muslim India Makin Tercekik Diskriminasi

  17. Muslim India Menentang Penyiksaan

  18. Ribuan Orang Mendesak Sekjen PBB Menyelamatkan Kashmir...

  19. Aksi Hari Solidaritas Kashmir

  20. Komunitas Cina Muslim : Minoritas di Antara Minoritas...

  21. Tuduhan Ekstrimis Bagi Yang Meyakini Iman Islam di Inggris...

  22. Organisasi Muslim AS Ancam Boikot FBI

  23. Temuan Ilmuwan Muslim Indonesia Digunakan oleh NASA...

  24. Inggris Miliki Asuransi Mobil Islam Pertama

  25. Strategi Baru Anti-Teror Inggris Sudutkan Muslim

  26. Dakwah Islam di Penjara-Penjara AS, Banyak Tahanan...

  27. Masjid Geometri Putih Kawasan Urban Bosnia

  28. Suku Indian Cherokee dahulu adalah muslim

  29. Kapolda Beri Hak Jilbab, Media Asing dan Kaum Libera.

  30. Wanita Berjilbab Pimpin Distrik di Belanda

  31. HRW Soal Larangan Jilbab: Jerman Diskriminatif...

  32. Sekolah Bulgaria Larang Jilbab

  33. Norwegia Batalkan Keputusan Pemakaian Aparat Berji...

  34. Jilbab di Kesatuan Polisi Norwegia

  35. Norwegia: Polwan Muslim Boleh Berjilbab

  36. Bilqis, Muslimah Berjilbab Pertama ,bola basket

  37. Tuna Netra Palestina Menemukan Metode Baru .

  38. Jamaah Thawaf, Awan Lafaz Allah Muncul

  39. Sekolah Islam Diterima, Muslim Australia Gembira

  40. Bagaimana Sikap Rakyat Palestina Terhadap Hamas?

  41. Islamic Center di Moskwa Dibuka, Dihadiri Mufti ...

  42. Mujahid Al Qassam "Diselamatkan" Al-Quran

  43. Syekh Zayed, Masjid Terbesar Ketiga di Dunia

  44. Sekolah Islam menjamur di Sacramento

  45. Madrasah Islam di Virginia, Sarana Dakwah Islam di...

  46. Subhanallah, acara Maulid Nabi DI RS Katolik

  47. Filipina Amandemen UU Otonomi Muslim Mindanao

  48. Membangun Lingkungan dan Masa Depan Islam di Amerime.

  49. Fakta Baru, Israel Dalang Serangan 11 September

  50. Muslim Jepang Rindu Bimbingan Agama

  51. Diskriminasi dan Rasisme Terhadap Muslim di Kepolisi.

  52. Ilmuwan Malaysia Ikut Rancang Perluasan Masjidil H...

  53. 1,1 Juta Muslim Italia Ingin Didengar

  54. Keamanan Lebih Parah Bagi Muslim Xinjiang

  55. Kebijakan Memata-matai Kaum Muslim Picu Kemarahan

  56. Proyek perluasan Masjidil haram

  57. Muslim di Filipina Minoritas di Negeri Sendiri

  58. Inggris 'Mengemis' Agar Muslim Perkuat Militer

  59. Islam di Inggris Berkembang dari Kampus

  60. Ratusan Orang Dihalangi untuk Shalat Jumat di Al-Aqs.

  61. CIA Akan Rekrut Intel Muslim

  62. Kepala Babi Di Masjid Lejitkan Ketenaran Partai Na...

  63. Gerakan Muslim Malawi Lawan Kekerasan Domestik


BERITA MUALAF



  1. Muslim di Amerika: Sebuah Perjalanan dalam Pencarian...
  2. Meningkatnya Mahasiswa Muallaf AS Paska Tragedi WTC...
  3. Stephen Schwartz, Jurnalis Amerika yang Bersyahada...
  4. Muslimah Rusia Bangun Masjid dari Kocek Sendiri
  5. Profesor Jeffrey Lang Temukan Hidayah melalui Pera...
  6. Muhammad Abdullah (d/h Alexander Pertz) : Kisah Is...
  7. Vicente Mota Alfaro: Dari Mualaf Sampai Menjadi Im...
  8. Michael: Kebenaran Itu Hanya Ditemukan Dalam Islam...
  9. Tolak Blokade Israel, Mahasiswa Inggris Duduki Kam...
  10. Islam Tumbuh Pesat di Inggris
  11. Kisah Yesus Tingkatkan Muallaf Spanyol!
  12. Alvero, Kisah Seorang Spanyol yang Memeluk Islam
  13. Kaci Starbuck Bangga Jadi Muslimah
  14. Hj Vera Pangka, Ibunya Para Muallaf
  15. Yusuf Islam Donasikan Lagu untuk Gaza
  16. Gadis Islandia itu Temukan Islam di Amerika
  17. Memeluk Islam, Pelukis Rusia Ekspresikan Keimanann...
  18. Jamilah Kolocotronis, Menemukan Cahaya Islam Saat ...
  19. Luna Cohen, Yahudi Maroko Menemukan Kebenaran Isla...
  20. Katlin Hommik Terkesan Puasa Ramadhan
  21. Konsep Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Memilih Islam...
  22. Saudi: 510 Warga Asing Menyatakan Masuk Islam
  23. Dalam Sehari, 10 WN JEPANG Masuk Islam
  24. 14.200 Warga Kulit Putih Inggris Masuk Islam, Keba...
  25. Erik Meijer: Islam Itu Bisa Diterima Logika
  26. Tiap Tahun 3600 Warga Prancis Masuk Islam
  27. Kyrgyzstan Menjauhkan Anak-Anak Dari Islam
  28. Bantuan ke Jalur Gaza Capai 36 Trilyun
  29. HRW: Larangan Jilbab Mendiskriminasi Wanita Muslim...
  30. Penggalangan Dana Peduli Muslim Rohingya di Arena ...
  31. Selamat dari Kecelakaan Maut, Muslimah Rusia Bangu...
  32. Mengenal Islam Melalui Musik Underground
  33. Aria Desti Kristiana : Kenapa Tuhan Harus Disalib?...
  34. Di AS : Seorang Pendeta Menyatakan Masuk Islam "Di...
  35. Pelaksanaan Ajaran Islam Semakin Meningkat,.
  36. STEVEN KRAUSS
  37. PROFESOR JEFREEY LANG,PROFESOR MATEMATIKA
  38. ALEXANDER PERTZ
  39. VICENTE MOTA ALFARO
  40. MICHAEL DAVID SHAPIRO
  41. STEPEN SCHAWARTZ
  42. ISLAM TUMBUH PESAT DI INGGRIS
  43. KISAH YESUS TINGKATKAN MUALAF DI SPANYOL
  44. EASY ASHBY MEMELUK ISLAM USIA 13 TAHUN
  45. KACI STARBUCK
  46. Hj VERA PANGKA,IBUNYA PARA MUALAF
  47. GADIS ISLANDIA TEMUKAN ISLAM
  48. AL HAJ LORD HEADLY AL FAROOQ
  49. MOHAMMAD ASAD
  50. JOSEPH COHEN ,YAHUDI PINDAH KE ISRAEL MASUK ISLAM
  51. PEMUDA PERANCIS DAPAT HIDAYAH DI INGGRIS
  52. MOHAMMAD ALEXANDER RUSSEL WEBB
  53. SIR JALALUDIN LOUDER BRUNTON
  54. MUHAMMAD AMAN HOBOHN
  55. PROF HAROON MUSTAPA LEON
  56. ALI SELMAN BENOIST
  57. Dr. UMAR ROLF BARON EHRENFEL
  58. Dr. ABDUL KARIM GERMANUS
  59. Dr. HAMID MARCUS
  60. WILLIAM BURCHEL BASYIR PICKARD
  61. KOLONEL DONALD S ROCKWELL
  62. Mr. R.I. MELLEMA
  63. MISS MAS'UDAH STEINMANN
  64. FRIDA T MARAMIS
  65. YUSUF ROGER MARAMIS , Dari Evangelis Menjadi Dai
  66. H. Muhammad Zulkarnaen (d/h Eddy Crayn Hendrik)
  67. THERESIA DELLI SURJARMI
  68. SANDRINA MALAKIANO
  69. RUDY MULYADI FOORSTE S.TH
  70. DUA KALIMAT SYAHADAT MEMBISIK DI TELINGAKU
  71. CHRISTIAN GUSTAV
  72. AMY PEREZ
  73. TORQUATO CARDELLI
  74. TIA 'AFI'
  75. ALICIA
  76. SEORANG WALIKOTA DI AS MEMUTUSKAN MASUK ISLAM
  77. MUHAMAD RAMADHAN (STENDLY DELON)
  78. DARI SEORANG NEO NAZI MENJADI SEORANG MUSLIM
  79. PELATIH SEPAK BOLA ASAL PRANCIS MEMILIH MASUK ISLAM
  80. MIHAI BRESCARO
  81. ESTANISLAO SORIA(MANTAN PENDETA KATHOLIK FILIPHINA)
  82. PAQUITA WIDJAYA
  83. Molly
  84. IVONNE RIDLEY
  85. JESSICA,PUTRI SURIAH
  86. KATHY,WANITA AMERIKA
  87. PENDETA SENIOAR DI AFRIKA
  88. PROF DR HUBERTUS MYNAREK (PASTOR DAN TEOLOG)
  89. CHRISTIAN SCIENE MONITOR
  90. LAKSAMANA TNI (PURN SUDOMO)
  91. SUDOMO :SAYA MURTAD SELAMA 36 TAHUN
  92. OKTO RAHMAT TOBING
  93. KI MANTEP SUDHARSONO
  94. TAN PING SIEN (MUHSIN)
  95. G.M. SUDHARTA
  96. LIEM TJENG LIE
  97. ALEXANDRA GOTTARDO
  98. JIP HENJY JANA P, M.B.A.
  99. H. BURHAN NAPITULU
  100. OEY KIAM TJENG
  101. WS RENDRA
  102. AHMAD IHSAN (LIEM TJOE SAN)
  103. JAW MEI HWA
  104. NAOKO KASAI
  105. MUHAMMAD MU’MIN
  106. ANNA MARCELIA
  107. IRENI (Ny. Han Hoo Lie)
  108. STEFANUS R SUMANGKIR (EX PENDETA)
  109. RAHMAT PURNOMO (EX PENDETA)
  110. HANDOKO EX AKTIFIS GEREJA
  111. KWIK DYIT SOEN
  112. RICHELLE SANTOS,GADIS FILIPHINA
  113. WILLIBORDUS ROMANUS LASIMAN
  114. SYEIKH YUSUF ESTES EX PENGINJIL
  115. AISHA CANLAS
  116. SAYA INGIN MENJADI BAGIAN ORANG ISLAM
  117. KH. Drs. ALIFUDDIN EL ISLAMI (d/h Siong Thiam )
  118. PEREMPUAN JERMAN BERBONDONG-BONDONG MEMELUK ISLAM
  119. AMIRAH BOURABA
  120. PEMUDA ARGENTINA TEMUKAN ISLAM LEWAT INTERNET
  121. Ayesha
  122. GADIS KOLOMBIA BERSYAHADAH LEWAT INTERNET
  123. "JORDIE ROSENBAUM,PUTRI YAHUDI”
  124. BRITNEY SPEARS
  125. RUQAYYAH WARIS MAQSOOD
  126. GADIS AMERIKA BERSYAHADAH DI BIS KOTA
  127. MARGARITA
  128. Dr YAHYA YOPIE WALONI
  129. MICHAEL JAKSON
  130. DELANCE ,PERJALANAN SPIRITUAL
  131. MARMADUKE PICKTHALL
  132. SARA BOKKET,MANTAN MODEL
  133. AMIRA MAYORGA
  134. PENDETA KATHOLIK FILIPHINA YANG MENEMUKAN ISLAM
  135. MASUK ISLAM KARENA IKLAN BUS
  136. MUALAF LATIN DI AMERIKA
  137. ANAKKU DIRAMPAS KARENA “AKU MEMILIH ISLAM”
  138. TERTARIK KONSEP KETUHANAN
  139. HIDAYAH TAK KENAL WARNA,BANGSA DAN MASA
  140. PENGACARA YAHUDI PELUK ISLAM SETELAH 9/11
  141. DIANGGAP GILA SETELAH MENEMUKAN ISLAM
  142. TUHAN TELAH MEMILIKAN SAYA
  143. AKU BAHAGIA DIDALAM ISLAM
  144. ISLAM BUKAN TERORIS
  145. TERBIMBING MENUJU ISLAM
  146. OH TUHAN,TUNJUKANLAG BAGAIMANA AKU,MENEMUKANMU
  147. BERANJAK DARI TITIK NOL
  148. BERAWAL DARI BENCI BERAKHIR DENGAN CINTA
  149. Kisah Pemuda Yahudi –menemukan Islam di Internet

  150. Wajah baru Islam

  151. Ribuan orang Terkemuka di Inggris ke pelukan Islam

  152. Mualaf berbicara tentang bagaimana menegakkan Islam

  153. Mualaf Rusia memperkenalkan Toleransi didalam Islam

  154. Increasing Number Of Germans Embracing Islam

  155. Orang Katholicyang beralih ke agama Islam meningkat

  156. Beberapa nasehat untuk Mualaf baru

  157. A CATHOLIC NUN:BAD EXPERINCE BUT BEATIFUL END

  158. Hungarian Convert to Islam: Sultan

  159. Khadega Pihan dari Jerman

  160. MUSLIMS AUSTRIA: THE EARLY RECOGNITION OF RELIG...

  161. Muslim Mualaf dokuomentasi Texas

  162. Perjalananku menuju Islam

  163. Iman (Monica) Aparicio dari Kristen ke Islam

  164. 73 Year old Italian Man and His Wife Convert to Is...

  165. Ibrahim Karlsson

  166. Christopher Shelton

  167. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  168. Rob Wicks

  169. Yahiye Adam Gadahn

  170. Cinta tak terbatas untuk sebuah pujian

  171. Shalawat untuk Muhammad Mustafa saw

  172. Indian Nobel Prize Nominee Embraces Islam

  173. Iman from Italy finds Islam

  174. A French Doctor of Medicine Narrates his Adherence...

  175. A Different Childhood

  176. Sir Abdullah Archibald Hamilton (England)

  177. Muhammad Aman Hobohm (Germany)

  178. Thomas Irving (Canada)

  179. Mavis B. Jolly (England)

  180. Miss Fatima Kazue (Japan)

  181. professor Haroon Mustapha Leon

  182. American Muslims Growing in Number Rapidly After...

  183. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  184. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  185. Karima Slack Razi

  186. Jewellee

  187. HEADLINE : WHY I CHOSE ISLAM, BY BRIDE JEMIMA

  188. C. Huda Dodge : My Path To Islam

  189. Afrah Alshaibani : Becoming Muslim

  190. Testimony of Ahmed Corpus (Formerly Marco Corpus)

  191. Dr. ALI SELMAN BENOIST

  192. Christopher Patrick Nelson : Islam Saved My Mental...

  193. FAUZUDDIN AHMAD OVERING

  194. CNN News: 1.5 Million Americans coverted to ISLAM ...

  195. NBC NEWS: 20000 Americans Convert To ISLAM Each Ye...

  196. Africa, the first refuge for Muslims

  197. List of converts to Islam from Dharmic religions a...

  198. List of converts to Islam from Judaism

  199. List of converts to Islam from Christianty

  200. 'Allah came knocking at my heart'

  201. Testimony of Ihsan Chua Gim Sam

  202. The Best Speech is the Speech of Allah,And the Bes...

  203. John Kirch, USA, "I went on a 20-year-long search ...

  204. Have you ever wondered what the name Tallahassee m...

  205. Abdul Hakeem Heinz: Islam Eventually Entered My He...

  206. MAVIS B. JOLLY, The Qur'an, I found, works silentl...

  207. Mike LoPrete, USA, 19 year old college student. "...

  208. My Conversion to Islam

  209. Sherif Quinn,Christianity: The Point of Departure

  210. Shive Prasad Demolished Babri Masjid That Day -

  211. TIM WEIS, I have European lineage. I am a Muslim. ...

  212. Walter 'Abdul-Walee' Gomez

  213. The Story of a Jewish Boy - Finding Islam in Cyber...

  214. Kimi from australian

  215. Tasha, I had been studying Islam ever since I was ...

  216. Finding My Way….Lynette Wehner's conversion to Isl...

  217. The conversation to Islam of (Yahya) Donald W. Flo...

  218. How We Came To Embrace Islam

  219. Somayyah, From a Bathing Suit to Hijab.

  220. God works in mysterious ways

  221. Rashida S. (Rachel Singer) daughter of a devout Ro...

  222. Jocelyn Wiener, Times Staff Writer. Young, Female ...

  223. InNoor's Testimony: sights into Women in Islam vs....

  224. ,Nakata Khaula,A Japanese Woman's Experience of Hi...

  225. Michelle, "I came from a Jewish family in New Yor...

  226. Maureen McCormick, Life is good for Muslim women

  227. Maryam Jameelah, Converts' Stories: Interview with...

  228. Maryam al-Mahdayah, There is no more conflict w...

  229. Madonna Johnson "..all of my turmoil and anxiety ...

  230. Dr. Kari Ann Owen.USA, Jewish, "I began to look .....

  231. Karen's Testimony. "If Jesus is God, then why did ...

  232. Haji Maryam Mohammed Ahmed, American Muslima, She ...

  233. Chahida Zanabi, Norway, "..i found [a belief that ...

  234. Asiya Abd al-Zahir,Australia, "..the only religion...

  235. Aminah Assilmi "I couldn't be a Muslim! I was Ame...

  236. Yvonne Ridley In the Hands of the Taliban: From C...

  237. Yusuf Islam (Formerly Cat Stevens) Famous ex-Roc...

  238. Wilfried (Murad) Hofmann, German Diplomat And NATO...

  239. PROF. UMAR MITA, Economist, Social Worker and Pre...

  240. Nuh Ha Mim Keller, From an American Catholic to on...

  241. Leopold Weiss,Statesman, Journalist, Author, and t...

  242. Muhammad Ali

  243. Dr. Maurice Bucaille,The author of: "The Quran and...

  244. Michael Wolfe

  245. Malcolm X - In His Own Words

  246. A Confession by Leo Tolstoy

  247. Kareem Abdul-Jabbar

  248. Johann Wolfgang v. Goethe Embraced Islam

  249. Jemima Goldsmith : Why I chose Islam, by bride Jem...

  250. Jermaine Jackson

  251. Dr. Jeffrey Lang

  252. German Pop Singer Finds Destination in Islam

  253. Lord Headley Al-Farooq (England)

  254. Hamza Yusuf (Mark Hanson)

  255. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  256. Dileep Kumar, Leaving Celebrity Status Behind

  257. Dr. Abu Ameenah Bilal Philips

  258. Testimony of Abdur-Raheem Greene (Formerly Anthony...

  259. Dr. Yahya A.R. Lehmann,(Former Roman Catholic Prie...

  260. Viacheslav Polosin - Former Archpriest of the Russ...

  261. S.M. SULAYMAN,(Former Baptist Church Minister), U....

  262. Selma A. Cook,An Australian Missionary’s Journey t...

  263. Ruba Qewar, Jordanian Missionary reverts to Islam

  264. Raphael Narbaez, Jr. ,From the Watchtower to the M...

  265. Rabbi Moisha Krivitsky of Makhachkala synagogue e...

  266. Muslima,The Former Catholic Missionary (Burundi)

  267. Khadijah 'Sue' Watson - Former pastor, missionary,...

  268. Ibrahim Khalil - Former Egyptian Coptic priest

  269. George Anthony - Former Catholic priest

  270. Dr. Gary Miller (Abdul-Ahad Omar) - Former mission...

  271. Anselm Tormeeda - 14th century CE scholar and prie...

  272. Anonymous Female Missionary Former Catholic missio...

  273. Abdullah al-Faruq - Formerly Kenneth L. Jenkins,

  274. Martin John Mwaipopo

  275. George Anthony - Former Catholic priest

  276. Drs. Alifuddin El-Islamy (d/h Siong Thiam ) :

  277. Cardinal Abu Ishaq

  278. Prof. Abdul Ahad Dawud

  279. Dr. Jerald F. Dirks

  280. Long journey toward Islam, a Muslim American

  281. Aisha Canlas, Peaceful Feeling Hearing Voices Adzan...

Download

    1. ebook : Masalah dan solusi (Shakwaa wa Hulul)

    2. Perlakuan terhadap minoritas menurut Kristen dan Islam

    3. Kisah perjalanan dari Kristen ISLAM

    4. Muhammad Saw dari A sampai Z

    5. Referensi Web Dunia : Quran Mp3

    6. Free ebook : Al-Quran dan Ilmu Astronomi

    7. Saya menyeru kepada Wanita dimana rasa malumu,Saudaraku?

    8. Tafsir Kalimat Tauhid

    9. Perjalanan Mencari Kebenaran (indonesia)

    10. Status Yesus didalam Islam

    11. download :Islamic CGI Scripts

    12. FREE EBOOK FROM pakdenono.com

    13. Download Al Quran dengan terjemahan bahasa urdu (1)

    14. download : E-Hadith Software E-book 2.0.1

    15. Screensaver Islami “ keajaiban Al qur’an

    16. download : INDAHNYA ISLAM KITA

    17. download : Muslim Explorer 2007

    18. Download : Software 1.0 Hadist

    19. download book : Wanita Dalam Pandangan Islam

    20. Kisah-Kisah para Nabi

    21. Cyber Salat

    22. Pentingnya sebuah hak

    23. Bacaan Al Quran : Abd AlWADOOD Haneef

    24. Islamic Screen Savers Downloads

    25. Divine Islam Software

    26. Internet Islamic Tools Downloads

    27. Hadith Downloads

    28. Quran Downloads

    29. Download : Piagam Madinah (language bahasa indones...

    30. HOLY QURAN - Chapter Wise - Beautifully Compiled

    31. Siapkah Kamu untuk Islam?

    32. Pertanyaan mu dan jawaban Al qur’an

    33. Islam – Jawaban kepada Non muslim

    34. Translation of the meaning of the Holy Quran

    35. Quran recitation by Sa'ad al-Ghamdi in MP3 format

    36. Arabic/English Quran in searchable (only English)




Arsip Blog

Gratis Download Ebook,Mp3 dan Software Islam's Fan Box