Senin, 20 April 2009

Alkitab di Dunia Modern

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

PASAL I: LATARBELAKANG SITUASI MASA KINI

  1. KONSENSUS PADA PERIODE SESUDAH PERANG
    1. Gerakan Neo-orthodox
    2. Ditekankannya Alkitab di luar gerakan neo-orthodox
    3. Akibat-akibat gerakan kritik-historis
    4. Ciri-ciri keneo-orthodoxan
      1. Unsur polemik terhadap fundamentalisme
      2. Alkitab dipandang sebagai keseluruhan
      3. Ditekankannya exegesis
      4. Keneo-orthodoxan dan gerakan oikumenis
      5. Keneo-orthodoxan dan soal-soal sosio-politis
    5. Kesimpulan
  2. BEBERAPA TANDA-TANYA YANG DIAJUKAN BELAKANGAN INI
    1. Persoalan-persoalan kritik-historis belum terpecahkan
    2. Betulkah Alkitab harus dibaca sebagai keseluruhan?
    3. Reaksi terhadap berkhotbah secara exegetis
    4. Persoalan-persoalan tentang exegesis di kalangan "oikumenis"
      1. Reaksi terhadap pendapat bahwa "Alkitab merupakan landasan Kesatuan"
      2. Diskusi tentang metode-metode hermeneutik
    5. Kesimpulan Sementara
    6. Reaksi merupakan fenomena yang terbatas
      1. Fenomena tampak terutama di kalangan yang berbahasa Inggris
      2. Terbatas pada minoritas
      3. Terutama berpengaruh di antara generasi muda
      4. Bukan penolakan terhadap Alkitab
    7. Pokok-pokok ketegangan yang dirasakan
      1. Persoalan tentang relevansi (perlunya) Alkitab
      2. Persoalan tentang pengkomunikasian berita Alkitab
      3. Persoalan tentang keterbatasan Alkitab
      4. Persoalan tentang "pengisolasian" bahan Alkitab
      5. Persoalan tentang tanggung-jawab kita
    8. Kesimpulan

PASAL II. BEBERAPA KONSEP YANG BERPENGARUH

  1. PENGILHAMAN
    1. "Pengilhaman" diartikan "bebas dari kesalahan"
      1. Ditekankannya asal-mula Alkitab
      2. Ketak-mungkinan-salah Alkitab
    2. Pengilhaman kalamiah/harfiah
      1. Di kalangan fundamentalis
      2. Di kalangan Katholik
        1. Alkitab dan tradisi
        2. Kekonservatifan Katholik
    3. "Pengilhaman" tidak identik dengan "Ketak-mungkinan-salah"
    4. Pengilhaman di bidang kesusasteraan
    5. Keberatan-keberatan terhadap konsep pengilhaman
    6. Kesimpulan
  2. FIRMAN ALLAH
    1. Konsep Firman Allah menurut Karl Barth
      1. Firman Allah = Yesus Kristus
      2. Alkitab sebagai laporan historis dan kesaksian-iman
      3. Firman yang berbentuk tiga
      4. Alkitab "menjadi" Firman Allah
      5. Alkitab bersifat ilahi dan manusiawi
    2. Keuntungan-keuntungan dalam memakai istilah Firman Allah
    3. Keberatan-keberatan terhadap istilah Firman Allah
      1. Konsep Firman Allah terlalu berbau dogmatis
      2. Kesulitan-kesulitan hermeneutis
      3. Keberatan-keberatan teologis
    4. Kesimpulan
  3. KEWIBAWAAN
    1. Konsep "kewibawaan" menunjukkan "hubungan"
      1. Hubungan Alkitab dengan kita
      2. Hubungan Alkitab dengan tradisi
    2. Keuntungan-keuntungan dalam memakai konsep kewibawaan
      1. Mengalihkan perhatian dan soal "asal-mula" Alkitab
      2. Memusatkan perhatian kepada karya-karya Allah dalam proses penyelamatan
      3. Mengalihkan perhatian dari "laporan historis" kepada "kesaksian iman"
      4. "Kewibawaan" tidak diidentikkan dengan "ketak-mungkinan salah"
    3. Keberatan-keberatan terhadap konsep kewibawaan
      1. Krisis kewibawaan di dunia modern
      2. "Kewibawaan" disamakan dengan "keotoriteran"
      3. Konsep kewibawaan yang "lunak" dan yang "keras"
        1. Konsep yang "keras"
        2. Konsep yang "lunak"
      4. Istilah "kewibawaan" biasanya diartikan secara keras atau hukumiah
      5. Akar-akar konsep kewibawaan
      6. Konsep kewibawaan tidak sesuai dengan kerangkaian/struktur pemikiran teologis modern
      7. "Kewibawaan. Alkitab" sebagai pengalaman perorangan dan sebagai prinsip umum
  4. FUNGSI
    1. Keuntungan-keuntungan dalam memakai konsep fungsi"
      1. Memungkinkan pendekatan yang konkret atau mendetail/terperinci
      2. Memusatkan perhatian kepada proses-proses penafsiran dan penerapan
      3. Memungkinkan penilaian yang lebih flexibel terhadap berbagai jenis bahan Alkitab
      4. Konsep "fungsi" lebih flexibel daripada konsep "kewibawaan"
    2. Keberatan-keberatan terhadap konsep "fungsi"
      1. Konsep "fungsi" menghasilkan pendekatan yang bersifat deskriptif melulu
        1. Ada keuntungan dalam pendekatan "netral"
        2. Pendekatan melalui "fungsi" tidaklah bersifat deskriptif melulu
      2. Konsep "fungsi" agaknya tidak membantu penentuan norma
      3. Kurang nampak adanya perbedaan prinsipial antara konsep "fungsi" dan konsep "kewibawaan"
  5. PENUTUP

PASAL III. RELATIVISME-ANTAR-KEBUDAYAAN DAN KERADIKALAN BARU

  1. PENDAHULUAN
    1. Tandatanya-tandatanya yang radikal
    2. Sikap keradikalan baru terhadap keneo-orthodoxan
  2. CIRI-CIRI KERADIKALAN BARU
    1. Ditekankannya situasi modern
    2. Penolakan terhadap konsep struktur kewibawaan extern
    3. Relativisme-antar-kebudayaan
    4. Penolakan terhadap ide kekonstanan tabiat manusia
    5. Perbandingan relativisme-antar-kebudayaan dengan teologia Bultmann
    6. Kepekaan terhadap keganjilan-keganjilan yang implisit dalam konsep kewibawaan Alkitab
    7. Kepekaan terhadap unsur kebetulan dalam proses pembentukan kanon
  3. LANGKAH-LANGKAH PERTAMA DALAM MENDISKUSIKAN KERADIKALAN BARU
    1. Ditekankannya situasi modern
      1. Unsur-unsur kekuatan
      2. Unsur-unsur keberat-sebelahan
    2. Pertimbangan-pertimbangan tentang relativisme antar-kebudayaan
      1. Kecenderungan untuk mengisolasikan manusia modern
      2. Pendefinisian masa-berlakunya kebudayaan secara terlampau sempit
      3. Kecenderungan untuk mem-pasifkan iman atau teologia Kristen berhadapan dengan kebudayaan modern
    3. Ide tentang kekonstanan tabiat manusia
      1. Pandangan tradisional Kristen mendukung konsep kekonstanan tabiat manusia
      2. Perobahan tabiat dan perobahan situasi
      3. "Analogi situasi" sebagai prinsip penafsiran atau penerapan bahan Alkitab
    4. Beberapa pertimbangan-tambahan tentang keradikalan baru
      1. Aspek falsafi keradikalan baru
      2. Perbandingan relativisme-antar-kebudayaan dengan keneo-orthodoxan
      3. Perbandingan lanjutan antara relativisme-antar-kebudayaan dan teologia Bultmann
      4. Prinsip bahwa konsensus pemikiran gereja sendiri menjadi standard untuk gereja
  4. TANGGAPAN SEMENTARA TERHADAP KERADIKALAN BARU
    1. Unsur kekuatan: protes terhadap keganjilan-keganjilan yang implisit termaktub dalam konsep kewibawaan Alkitab
    2. Unsur yang kurang kuat: ditekankannya relativisme-antar-kebudayaan
    3. Apakah ada alternatif terhadap keradikalan baru itu?
    4. Sanggupkah keradikalan baru itu menghasilkan suatu teologia yang positif?

PASAL IV. ALKITAB SEBAGAI BAHAN KESUSASTERAAN

  1. ALKITAB SEBAGAI MITOS-DASAR AGAMA KRISTEN
    1. Definisi "mitos" sebagai kategori kesusasteraan
    2. Unsur faktualitas dan unsur kesusasteraan dalam Alkitab
    3. Ditekankannya unsur kesusasteraan tidak timbul dari ketidak-percayaan
    4. "Mitos-mitos kesusasteraan": Terjadinya dunia, Kelahiran Tuhan Yesus, Kebangkitan Tuhan Yesus
    5. Pemakaian bahan Alkitab secara liturgis dan secara meditatif
    6. Typologi dan alegorisasi
    7. Pendekatan "apresiasi kesusasteraan" sebagai milik-bersama gereja dan masyarakat
    8. Pendekatan teologis dan pendekatan "apresiasi kesusasteraan" saling melengkapi
  2. TIGA KEMUNGKINAN PENDEKATAN TERHADAP PENYELIDIKAN ALKITAB
    1. Tiga sasaran: keterangan-obyektif; pikiran pengarang; apresiasi kesusasteraan
    2. Integrasi tradisionil antara ketiga faktor itu
    3. Keterpisahan ketiga faktor itu pada masa kini
      1. Ditekankannya kewibawaan Alkitab
      2. Ditekankannya aspek-aspek kesusasteraan
  3. PEMAKAIAN ALKITAB SECARA LITURGIS DAN MEDITATIF
    1. Titik-titik persamaan dengan pendekatan "apresiasi kesusasteraan"
    2. Titik-titik perbedaan dengan pendekatan "apresiasi kesusasteraan"
    3. Nisbah antara liturgi, faktualitas, den teologia
  4. ALKITAB SEBAGAI BAHAN PUITIS-SIMBOLIS
  5. PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENGAPRESIASIAN KESUSASTERAAN UMUM
    1. Pendapat D.E. Nineham
    2. Beberapa tanggapan terhadap pendapat D.E. Nineham
      1. "Tafsiran yang paling tepat atas karangan kesusasteraan ialah karangan kesusasteraan itu sendiri"
      2. "Tiap-tiap karangan kesusasteraan mengandung kemajemukan makna"
      3. Keberatan terhadap penentuan "makna definitif" karangan kesusasteraan
      4. Jalan tengah: Kemajemukan makna dalam batas-batas tertentu
      5. Hubungan "makna untuk masa lampau" dan "makna untuk masa kini"
  6. KESIMPULAN-KESIMPULAN
    1. Keuntungun-keuntungan dalam pendekatan "apresiasi kesusasteraan"
    2. Bahaya bahwa "apresiasi kesusasteraan" mengaburkan hasil-hasil penyelidikan kritis-historis
    3. Kenetralan-teologis pendekatan "apresiasi kesusasteraan"
      1. Segi-segi positif
      2. Segi-segi negatif

PASAL V. PERISTIWA DAN PENAFSIRAN: ALKITAB SEBAGAI BAHAN KETERANGAN

  1. PENDAHULUAN
  2. ALKITAB SEBAGAI BAHAN KESAKSIAN UTAMA TENTANG "PERISTIWA-PERISTIWA PENYELAMATAN"
    1. Penyataan bukanlah terletak dalam Alkitab, melainkan dalam peristiwa-peristiwa yang dilaporkan Alkitab
    2. Unsur-unsur ketidak-telitian dalam laporan-laporan Alkitab
    3. Unsur-unsur subyektif dalam laporan-laporan Alkitab
    4. Kesimpulan
  3. KEBERATAN-KEBERATAN TERHADAP PENDAPAT BAHWA ALKITAB MERUPAKAN "KESAKSIAN TENTANG PERISTIWA-PERISTIWA PENYELAMATAN"
    1. Konsep "Alkitab = Kesaksian" tidak membuktikan kedefinitifan kanon Alkitab
    2. Konsep tentang rentetan "peristiwa penyelamatan" mempersempit lapangan karya Allah dalam sejarah atau dunia
    3. Status Alkitab sebagai sumber historis tidak menjamin kewibawaannya sebagai norma teologis
      1. "Kewibawaan sumber sejarah" lain dan pada "kewibawaan norma teologis"
      2. Kadang-kadang ada jarak-waktu antara peristiwa dan laporan
      3. Bahan dapat digeser dari statusnya sebagai sumber yang utama atau unik
      4. Ada bahan sekunder dalam Alkitab
      5. Kesimpulan
    4. Nisbah antara peristiwa dan penafsirannya
      1. Tiga jenis "peristiwa"
        1. Karya Allah melalui tindakan manusia-agen/pelaku
        2. Peristiwa berupa "mujijat"
        3. "Peristiwa" yang bersifat legenda
      2. Kekaburan dalam pemakaian istilah "karya penyelamatan"
        1. Karya Allah yang obyektif? atau "Pola pemikiran yang memakai konsep "Allah berkarya/bertindak, berbuat"?
        2. Hubungan "Karya Allah" dengan bahan legenda
        3. Titik-titik persamaan antara "peristiwa-penyelamatan" dan "mitos-dasar"
    5. Konsep "peristiwa penyelamatan" dan penentuan skriptura
    6. Konsep "peristiwa penyelamatan" tidak membuktikan kedefinitifan kanon
      1. Banyak bahan Alkitab yang bukan laporan peristiwa
      2. Ada tafsiran-tafsiran alternatif tentang peristiwa-peristiwa tersebut, disamping tafsiran Alkitabiah
      3. Bukan "peristiwa beserta penafsirannya" yang merupakan norma, melainkan teologia Alkitab
      4. Argumentasi tentang "peristiwa-peristiwa penyelamatan" bersifat a priori
  4. KESIMPULAN

PASAL VI. PERANAN ALKITAB DALAM BIDANG TEOLOGIA

  1. TEOLOGIA ALKITAB SEBAGAI TEOLOGIA STANDARD
    1. Alkitab mengandung unsur teologia
      1. Alkitab tidak merupakan text-book dogma
      2. Alkitab bukanlah hanya "bahan agamawi"
      3. Teologia explisit dan implisit dalam Alkitab
    2. Pusat perhatian beralih dari "Alkitab sebagai sumber keterangan" kepada "cara-pemikiran pengarang Alkitab"
    3. Nisbah antara teologia dan rekonstruksi sejarah
      1. Hubungan antara laporan peristiwa-peristiwa Alkitabiah, dan cara-pemikiran pengarang Alkitab
      2. Motivasi baru dalam usaha merekonstruksikan peristiwa-peristiwa Alkitabiah
    4. Apakah teologia wajib dibangun atas dasar Alkitabiah?
      1. Pendirian mazhab neo-orthodox
      2. "Kewibawaan" dan kebebasan pemikiran falsafi
    5. Berbagai kemungkinan tentang bentuk atau kerangkaian teologis
    6. Teologia sebagai perumusan iman Kristen dalam bahasa dan kategori-kategori pemikiran modern
    7. Pengenaan norma (Alkitab) dalam proses berteologia
    8. Hubungan hermeneutis antara skriptura dan teologia
      1. Metoda penafsiran ditentukan oleh Alkitab sendiri
      2. Alkitab sebagai "mahkamah tertinggi"
      3. Interaksi bolak-balik antara Alkitab dan metoda penafsiran
    9. "Kekhasan" pola-pola pemikiran Alkitabiah
      1. "Kekhasan" itu relatif
      2. "Kekhasan" dan perbandingan agama
      3. "Kekhasan" dan Kanon
    10. Keseluruhan Alkitab dan bagian-bagiannya
      1. Kewibawaan itu terletak dalam keseluruhan Alkitab
      2. Kekhasan tiap-tiap bagian Alkitab
      3. "Kesatuan Alkitab" bukan landasan, melainkan sasaran
    11. Pemakaian Alkitab secara "agamawi" dan relevansinya untuk teologia
      1. Penjelasan David Kelsey
      2. Pembahasan penjelasan Kelsey
        1. Pengaruh-agamawi skriptura
        2. Pandangan-pandangan agamawi perlu disoroti secara kritis
      3. Contoh-kesimpulan
  2. BEBERAPA POLA TENTANG PENGARUH ALKITAB TERHADAP TEOLOGIA
    1. Penggolongan cara-cara pemakaian Alkitab dalam argumentasi, menurut "pola-pola logis"
    2. Penggolongan menurut konteks-konteks aktual di mana Alkitab dipakai
      1. Konteks teologia
      2. Konteks etika
      3. Konteks prakteka
    3. Penggolongan menurut isi bahan Alkitab
      1. Rumusan-rumusan teologis dan non-teologis
      2. Rumusan-rumusan yang berdasarkan pengetahuan-langsung, dan yang bukan demikian
      3. Pembedaan maksud-umum dan detail-detail perõkop
      4. Pembedaan inti-maknawi perikop dan bentuk-lahiriahnya
      5. Pembedaan "ipsissima verba" Allah atau Yesus dan FirmanNya yang dilaporkan
        1. Ipsissima verba Yesus dalam penyorotan kritik-historis
        2. Patutkah ipsissima verba Yesus mendapat prioritas?
          1. "Patut"
          2. Tidak patut
          3. Posisi menengah
        3. Nisbah antara ipsissima verba dan pribadi Yesus
          1. Ipsissima verba mempunyai kewibawaan yang khas
          2. Hubungan pengajaran dan pribadi atau karya Yesus
          3. Keunikan Yesus terletak dalam hubungan antara pengajaranNya dalam pengalaman-hidupNya
        4. Pembedaan antara "Firman Tuhan" dan "sabda Paulus" dalam surat-surat kiriman
        5. Kesimpulan: Keutamaan ipsissima verba tidak perlu dimutlakkan
  3. PENUTUP
    1. Analisa C.D. Kaufman
    2. Perlunya suatu penjelasan logis-akaliah tentang status Alkitab dalam gereja

PASAL VII. DASAR UNTUK MEMBANGUN

  1. FAKTOR-FAKTOR SITUASI MASA KINI BERKENAAN DENGAN MASALAH STATUS ALKITAB
    1. Hambatan-hambatan terhadap pemakaian: Alkitab secara lebih luas di gereja masa kini
    2. "Neurosis kewibawaan" sudah mereda
    3. Norma-teologis bukanlah titik-tolak proses, melainkan buah proses berteologia
    4. Teologia-modern bersifat majemuk
    5. Konteks-oikumenis teologia modern
  2. PRINSIP-PRINSIP DASAR TENTANG STATUS ALKITAB DALAM TEOLOGIA MODERN
    1. Masalah struktur atau dasar teologia dianggap persoalan terbuka
    2. Dua pra-syarat dalam menyusun teologia yang khas Kristen
    3. Status Alkitab adalah implisit dalam struktur agama Kristen atau Yahudi
  3. PROSES PEMBENTUKAN SKRIPTURA
    1. "Pola-klasik" merupakan buah proses pertumbuhan tradisi
    2. Akibat-akibat terbentuknya skriptura
      1. Pembekuan tradisi
      2. Penyempitan tradisi
      3. Lahirnya tradisi lisan di samping skriptura
      4. Munculnya masalah kanon
    3. Bertahannya proses pembentukan skriptura
      1. Pengertian kita didasarkan atas peninjauan terhadap proses yang sudah selesai
      2. Pertautan periode-Alkitabiah dan periode post-Alkitabiah
      3. Tradisi semakin merupakan penafsiran skriptura
  4. PENGARUH PROSES PEMBENTUKAN SKRIPTURA TERHADAP STATUS ALKITAB
    1. Prinsip-prinsip umum
      1. Status Alkitab berlandaskan keputusan sejarah
      2. Alkitab sebagai "pola-klasik" iman-keagamaan Kristen atau Yahudi
    2. Pokok-pokok yang mendetail
      1. Mutu-kesusasteraan Alkitab
      2. Pembentukan skriptura adalah proses manusiawi
      3. Unsur ketak-sempurnaan dan distorsi dalam Alkitab
      4. Hubungan konsep "penyataan" dan konsep "pola-klasik"
      5. Alkitab sebagai "sabda Israel" atau "sabda tokoh-tokoh gereja-awal"
      6. Hubungan "pola-klasik" dan berakhirnya proses penyataan
        1. "Kristus menjadi puncak proses penyataan"
        2. Beberapa kejanggalan dalam konsep "puncak penyataan" itu
          1. "Peristiwa Kristus" bukanlah "puncak" melainkan penyataan unik
          2. Obyektivitas atau historisitas Yesus, dibandingkan dengan "peristiwa-peristiwa penyataan" yang mendahuluiNya
          3. Jurang yang tak dapat dijembatani antara tradisi dan "peristiwa-peristiwa penyataan" yang melandasi tradisi
        3. Pendekatan "eskatologis": Alkitab bukanlah hasil proses, melainkan landasan proses penyataan
      7. Pandangan Alkitab sendiri tentang status Alkitab
      8. "Penyataan berbentuk pengalimatan" dan "penyataan perorangan"
        1. "Penyataan Diri Allah" dan status-logis pengalimatan Alkitab perlulah dibedakan
        2. Pemisahan yang salah
        3. Penyerangan-penyerangan terhadap konsep "penyataan berbentuk rumusan-rumusan informatoris"
          1. "Rumusan informatoris" dianggap identik dengan "kebenaran abadi"
          2. "Rumusan informatoris" dianggap identik dengan "rumusan abstrak"
        4. Masalah pokok: fungsi "rumusan-rumusan informatoris" yang sebenarnya
        5. "Penyataan berbentuk pengalimatan" dan fundamentalisme
        6. Kesimpulan
      9. Nisbah skriptura dan tradisi
        1. Pengertian Katholik: skriptura dan tradisi saling melengkapi
        2. Pengertian Protestan: tradisi dapat menyeleweng
        3. Pengertian modern: Baik skriptura maupun tradisi mengandung ketidak-sempurnaan
        4. Untung-ruginya pembekuan/membekukan tradisi menjadi skriptura
      10. Efek-efek negatif ide "kewibawaan Alkitab"
        1. Kesembronoan dalam menafsir
        2. Legalisme Alkitab
        3. Penyamaan pandangan pribadi dengan pandangan Alkitab
      11. Alkitab perlu dibaca secara kritis, karena mengandung unsur distorsi
      12. Masalah "pengilhaman tradisi"
        1. Pembentukan tradisi atau skriptura sebagai akibat samping dari tugas-kepemimpinan
        2. Allah menyertai pemimpin "melalui RohNya"
          1. Roh menerangkan makna penyertaan Allah itu
          2. Roh mendampingi reflexi dan karya manusia

PASAL VIII. TEOLOGIA DAN PENAFSIRAN

  1. PEMIKIRAN TEOLOGIS HARUS BERSIFAT KONSTRUKTIF
    1. Bahan-bahan yang dimanfaatkan dalam menyusun teologia: Alkitabiah dan non-Alkitabiah
      1. Bahan teologia yang implisit dalam Alkitab perlu dirangkaikan
      2. Keaneka-ragaman bahan Alkitab menuntut penyeleksian dan pengaturan
      3. Penyusun teologia patutlah memanfaatkan bahan Alkitab secara kritis
      4. Peranan kredo-kredo dalam penyusunan teologia
    2. Peranan "teologia-teologia Alkitabiah" dalam proses penyusunan teologia yang menyeluruh
    3. Unsur-unsur falsafi dan Alkitabiah saling melengkapi
  2. PERANAN ALKITAB DALAM HOMILETIKA
    1. Alkitab menjadi "pola-klasik" dalam pelaksanaan tugas homiletik
    2. Keutamaan "mitos-dasar" atas "kerangkaian teologia" dalam pengkhotbahan
    3. Pemanfaatan distorsi-distorsi Alkitab dalam pengkhotbahan
    4. Perlukah khotbah berlandaskan Alkitab?
      1. Pada prinsipnya, sebaiknyalah demikian
      2. Bahan Alkitabiah dalam liturgi itu perlu diuraikan dalam khotbah
      3. Dalam uraian berdasarkan situasi kontemporer, dasar Alkitabiah adalah implisit
      4. Kemajemukan metoda homiletik sejajar dengan kemajemukan corak teologia
      5. Dua pertimbangan praktis mengenai uraian-uraian berdasarkan situasi kontemporer
        1. Kesan "imperialisme kristiani (kristen)" perlu dicegah
        2. Kesanggupan atau bakat pengkhotbah perlu dipertimbangkan
  3. PENERAPAN BAHAN KUNA KEPADA JAMAN MODERN
    1. Relevansi Alkitab untuk manusia modern
      1. Kekunaan Alkitab
      2. Alkitab tidak langsung relevan, melainkan membangun iman yang relevan
      3. Hubungan konsep "relevansi Alkitab" dan konsep "Alkitab sebagai buku referensi"
      4. Alkitab: dokumen kuna yang ditangani manusia modern
    2. Masa lampau - masa kini - masa depan
      1. Ditekankannya "kenormatifan Alkitab" menempatkan norma gereja di masa lampau
      2. Pengambilan keputusan berlangsung pada masa kini
      3. Penggenapan perjanjian-perjanjian Alkitab terletak di masa depan
    3. Konsep "penyataan progresif"
      1. Pendefinisian istilah
      2. Beberapa ciri-negatif konsep "penyataan progresif"
        1. Ditekankannya "puncak-puncak" penyataan Alkitabiah
        2. Pemakaian konsep secara apologetis
        3. Penerapan konsep secara selektif
      3. Segi-segi positif konsep "penyataan progresif"
  4. KEORTHODOXAN DAN KEBIDATAN
    1. Alkitab sebagai "standard keorthodoxan"
    2. Pergumulan-teologis yang tergambar dalam Alkitab
    3. Teologia dan "anti-teologia" dalam Alkitab
    4. Sumbangan antiteologia-antiteologia kepada teologia-teologia Alkitab

PASAL IX. PEMBATASAN DAN PENYELEKSIAN

  1. PENDAHULUAN
  2. PEMBENTUKAN DAN PEMBATASAN-JUMLAH KITAB-KITAB DALAM ALKITAB
    1. Latarbelakang pembentukan kanon
      1. Cara-cara pengolahan bahan, sampai menjadi kitab-kitab definitif
      2. Flexibilitas yang mula-mula dalam daftar kitab-kitab definitif
      3. Kitab-kitab Apokrif
        1. Batas-batas kategori "Apokrif"
        2. Tiga cara penurun-alihan kitab-kitab Apokrif
    2. Masalah-masslah pokok
      1. Pertautan kategori "kanonik" dan "apokrif"
      2. Unsur kebetulan dalam penentuan batas-batas kanon tidaklah menjadi soal
      3. Bolehkah gereja mengubah kanon?
      4. Perbedaan konsep "skriptura" dan konsep "kanon"
    3. Kesimpulan
  3. PENYELEKSIAN DAN PENGATURAN BAHAN ALKITAB SECARA INTERN
    1. Pengaruh tradisi gerejani atau akademis terhadap penilaian dan penafsiran bahan Alkitabiah
    2. Ketidak-rataan bahan-bahan Alkitabiah
    3. Pengakuan-iman-pengakuan-iman sebagai sarana pengaturan bahan Alkitabiah
    4. Usaha "teologia Alkitabiah" untuk mengatur bahan Alkitab
      1. Usaha mencari "teologia-inti" yang disodorkan oleh Alkitab sendiri
      2. Kesulitan-kesulitan yang menghambat usaha tersebut
      3. Hasil positif yang dicapai melalui usaha itu
    5. Pengutamaan tema-tema tertentu dalam Alkitab
    6. "Kanon-inti" dan "bahan-inti"
      1. Pendefinisian istilah-istilah
      2. Keberatan-keberatan terhadap konsep-konsep tersebut
      3. "Tema-tema inti" tak boleh diutamakan secara permanen
      4. "Tema-tema inti" tak boleh dikecualikan dari penyorotan kritis
  4. "Titik-titik penyambung"
    1. "Titik-titik penyambung" boleh bersifat Alkitabiah atau nonAlkitabiah
    2. Adanya "Titik-titik penyambung" tidak menghambat proses penyeleksian dan pengaturan
  5. Pengaruh kritik-historis terhadap proses penyeleksian
    1. Kemajemukan lapis-lapis bahan Alkitabiah
    2. Penafsiran lapis-lapis tersebut
    3. Keutamaan teks-definitif
  6. Nisbah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
    1. Kecenderungan modern untuk menurunkan derajat Perjanjian Lama
    2. Kaitan kecenderungan tersebut dengan sikap "fundamentalis"
    3. Pada prinsipnya, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru sederajat, dan berdiri sendiri-sendiri
    4. Perbedaan fungsi antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
    5. "Allahnya Israel" dan "Yesus dari Nazaret"
    6. Apakah sepatutnya riwayat Yesus dihisabkan kepada Perjanjian Baru atau kepada Perjanjian Lama?

PASAL X. KATA DAN MAKNA, HURUF DAN ROH

  1. PENAFSIRAN HARFIAH
    1. "Harfiah" tidak identik dengan "fundamentalis"
      1. Fundamentalisme lebih mementingkan ketak-mungkinan-salah daripada keharfiahan
      2. Fundamentalisme melawan kritik-sumber-sumber Alkitabiah, yang berakar dalam pendekatan harfiah
    2. Penafsiran harfiah yang langsung menyelidiki obyek-obyek yang disinggung dalam nats (Sudut A dalam segitiga)
      1. "Harfiah" lawan "alegoris"
      2. "Harfiah" berarti "mendetail"
      3. Dua catatan tambahan
        1. Alegori juga sering terikat kepada detail-detail nats
        2. Alasan-alasan memilih pendekatan harfiah atau non-harfiah
    3. Pendekatan harfiah, bila Alkitab dianggap naskah-teologia kesusasteraan (Sudut B dan C dalam segitiga)
      1. Bentuk-harfiah nats membuka pengertian tentang latar belakang atau pemikiran pengarang
      2. Ditekankannya "pemikiran pengarang" meningkatkan peranan detail-detail nats
      3. Detail-detail menyõnggung pemikiran pengarang secara langsung, dan menyinggung obyek nats secara tidak-langsung
    4. Masalah pokok bukanlah "penafsiran harfiah" melainkan "penafsiran yang mendetail"
      1. Keuntungan-keuntungan dalam penafsiran yang mendetail
        1. Ciri-ciri tiap pengarang mendapat perhatian
        2. Kemajemukan lapis-tradisi mendapat perhatian
        3. Keanekaragaman bahan Alkitab menjadi sumber makanan rohani
        4. Kesimpulan-kesimpulan umum sepatutnyalah berdasarkan pembahasan detail-detail
        5. Pembedaan detail yang bermakna dan detail yang kurang
      2. Alkitab tidak mengutarakan
      3. Pembahasan prinsip: "Huruf mematikan, roh menghidupkan"
      4. Kesimpulan: "rumusan-kalamiah" tidak bertentangan dengan "makna"
  2. KESIMPULAN UMUM
    1. Keilhaman: Skriptura diilhamkan, namun berstatus "mungkin salah" juga
    2. Firman Allah: Alkitab adalah kristalisasi tradisi umat Allah dan sarana penyampaian Firman Allah
    3. Kewibawaan: konsep kewibawaan kurang sesuai dengan cara berfungsinya struktur teologia modern
    4. Fungsi: Konsep fungsi dapat membina saling-pengertian, dan sesuai juga dengan kemajemukan teologia modern
    5. Landasan Kesatuan Alkitab

CATATAN KAKI



Alkitab di Dunia Modern
(The Bible in the Modern World)
Prof. James Barr
Terjemahan Dr. I.J. Cairns
BPK/8331086/7
Penerbit BPK Gunung Mulia, 1979
Kwitang 22, Jakarta Pusat

sumber :media.isnet.org

Tidak ada komentar:

BERITA DAN REFLEKSI




  1. CERAMAH AKHIR TAHUN HIJRIYAH 1429

  2. RENUNGAN 1 MUHARRAM 1430 H

  3. Refleksi Ibadah Haji Penangkal Jeratan Sistem Dajj…

  4. Teologi Apologetik dalam Membaca “Kitab Suci”

  5. Memilih Pemimpin

  6. "Dualisme"

  7. Propaganda ”Lintas Agama” yang Kian Canggih

  8. SEMANGAT BARAT

  9. Ribuan Manuskrip Islam Kuno Tersimpan di Perpustakaan...

  10. Invasi Gaza:"Operasi Cast Lead", bagian Dari Sebuah konpirasi...

  11. Antara Kebenaran dan “Pembenaran”

  12. "Kaum Yahudi dan Perusakan Agama”

  13. Inaugurasi Obama, Masonic Bible, dan Obelisk Fir’aun...

  14. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [2]...

  15. Meninjau Kembali Gerakan Religio-Politik Islam [1]...

  16. "Tuhan" Filsafat

  17. Mengambil Hikmah Dari Yahudi-Yahudi "Nyeleneh"

  18. Adakah Jarak antara Agama dan Ilmu Pengetahuan? (1)

  19. Kumpulan Artikel M. Syamsi Ali

  20. Virus-Virus Akidah

  21. ZEITGEIST the movie

  22. Penemu Sirkulasi Pernapasan Ibn Al-Nafis atau Harv...

  23. TITIK TEMU ISLAM DAN KRISTEN

  24. Mengapa saya masuk Islam?

  25. Pendahuluan Kuliah Tauhid

  26. TAWHID dan KEMERDEKAAN

  27. SYIRIK dan MUSYRIK

  28. KISAH KETA’ATAN DAN KEMUNGKARAN DALAM AL-QUR’AN;

  29. SEJARAH YANG SELALU BERULANG…

  30. Madu Lebah Obat Luka Akibat Diabetes di Amerika

  31. HAL-HAL YANG MENGURANGI ATAU MERUSAK SIKAP TAUHID

  32. Proyek Rahasia Dibalik Agresi Brutal Israel ke Jalur gaza...

  33. Virus Merah Jambu, Bernama St Valentine

  34. Proyek Isa, Mengajak Muslim Menuju Kristiani

  35. VALENTINE DAY = Hari Raya Pagan Mengenang Pendeta

  36. Didukung Perusahaan Raksasa, Satukan Kekuatan Seba...

  37. Ribuan Media Misi Hadiri Konvensi Media Kristen International...

  38. Gereja Anglikan Inggris Setujui "Kristenisasi"

  39. Presiden Turki: Perpecahan Kelompok Sumber Utama Kekalahan...

  40. Musibah tanggul Situ Gintung

  41. Vatikan akan Boikot Film 'Angels & Demons'

  42. Waspadai Dendeng/Abon Sapi mengandung Babi

  43. Pesan Islam Dalam Game Nintendo, AS Gempar!

  44. Uskup Perancis: Kenapa Masjid Penuh dan Gereja Koson.

  45. Vatikan: Perbankan Barat Harus Melihat Sistem Keua...

  46. Terapi Musik Dalam Peradaban Islam

  47. what is name ?

  48. Orientalism, , kesalahan informasi dan Islam



BERITA MUSLIM

  1. 4 Anak Jombang Jadi Jenius Berkat Hanifida

  2. Syirik: Dari Samiri sampai Ponari

  3. Warga Lebak Temukan Alquran dan Pedang Raksasa

  4. MER-C Usulkan Tangani Pengungsi Rohingya ..

  5. Tim kesehatan dari "Medical Emergency Rescue Commitmen...

  6. Presiden: Indonesia Bisa Jadi Pusat Perbankan Syar...

  7. Muslim Brazil Membangun Institute Imam Dan Da'i

  8. Selamatkan Muslim Rohingya

  9. Manusia Perahu Rohingnya dan Warga Yang Dilupakan

  10. Rohingya, Nestapa Minoritas Muslim Myanmar

  11. Pengungsi Rohingya Enggan Kembali Ke Myanmar

  12. Satu Lagi Perahu Rohingya Berlabuh di Aceh

  13. AS Akhirnya Bersuara Atas Nasib Rohingya

  14. Muslim Korsel Sulit Peroleh Makanan Halal

  15. Ragam Etnis Komunitas Muslim Korea

  16. Muslim India Makin Tercekik Diskriminasi

  17. Muslim India Menentang Penyiksaan

  18. Ribuan Orang Mendesak Sekjen PBB Menyelamatkan Kashmir...

  19. Aksi Hari Solidaritas Kashmir

  20. Komunitas Cina Muslim : Minoritas di Antara Minoritas...

  21. Tuduhan Ekstrimis Bagi Yang Meyakini Iman Islam di Inggris...

  22. Organisasi Muslim AS Ancam Boikot FBI

  23. Temuan Ilmuwan Muslim Indonesia Digunakan oleh NASA...

  24. Inggris Miliki Asuransi Mobil Islam Pertama

  25. Strategi Baru Anti-Teror Inggris Sudutkan Muslim

  26. Dakwah Islam di Penjara-Penjara AS, Banyak Tahanan...

  27. Masjid Geometri Putih Kawasan Urban Bosnia

  28. Suku Indian Cherokee dahulu adalah muslim

  29. Kapolda Beri Hak Jilbab, Media Asing dan Kaum Libera.

  30. Wanita Berjilbab Pimpin Distrik di Belanda

  31. HRW Soal Larangan Jilbab: Jerman Diskriminatif...

  32. Sekolah Bulgaria Larang Jilbab

  33. Norwegia Batalkan Keputusan Pemakaian Aparat Berji...

  34. Jilbab di Kesatuan Polisi Norwegia

  35. Norwegia: Polwan Muslim Boleh Berjilbab

  36. Bilqis, Muslimah Berjilbab Pertama ,bola basket

  37. Tuna Netra Palestina Menemukan Metode Baru .

  38. Jamaah Thawaf, Awan Lafaz Allah Muncul

  39. Sekolah Islam Diterima, Muslim Australia Gembira

  40. Bagaimana Sikap Rakyat Palestina Terhadap Hamas?

  41. Islamic Center di Moskwa Dibuka, Dihadiri Mufti ...

  42. Mujahid Al Qassam "Diselamatkan" Al-Quran

  43. Syekh Zayed, Masjid Terbesar Ketiga di Dunia

  44. Sekolah Islam menjamur di Sacramento

  45. Madrasah Islam di Virginia, Sarana Dakwah Islam di...

  46. Subhanallah, acara Maulid Nabi DI RS Katolik

  47. Filipina Amandemen UU Otonomi Muslim Mindanao

  48. Membangun Lingkungan dan Masa Depan Islam di Amerime.

  49. Fakta Baru, Israel Dalang Serangan 11 September

  50. Muslim Jepang Rindu Bimbingan Agama

  51. Diskriminasi dan Rasisme Terhadap Muslim di Kepolisi.

  52. Ilmuwan Malaysia Ikut Rancang Perluasan Masjidil H...

  53. 1,1 Juta Muslim Italia Ingin Didengar

  54. Keamanan Lebih Parah Bagi Muslim Xinjiang

  55. Kebijakan Memata-matai Kaum Muslim Picu Kemarahan

  56. Proyek perluasan Masjidil haram

  57. Muslim di Filipina Minoritas di Negeri Sendiri

  58. Inggris 'Mengemis' Agar Muslim Perkuat Militer

  59. Islam di Inggris Berkembang dari Kampus

  60. Ratusan Orang Dihalangi untuk Shalat Jumat di Al-Aqs.

  61. CIA Akan Rekrut Intel Muslim

  62. Kepala Babi Di Masjid Lejitkan Ketenaran Partai Na...

  63. Gerakan Muslim Malawi Lawan Kekerasan Domestik


BERITA MUALAF



  1. Muslim di Amerika: Sebuah Perjalanan dalam Pencarian...
  2. Meningkatnya Mahasiswa Muallaf AS Paska Tragedi WTC...
  3. Stephen Schwartz, Jurnalis Amerika yang Bersyahada...
  4. Muslimah Rusia Bangun Masjid dari Kocek Sendiri
  5. Profesor Jeffrey Lang Temukan Hidayah melalui Pera...
  6. Muhammad Abdullah (d/h Alexander Pertz) : Kisah Is...
  7. Vicente Mota Alfaro: Dari Mualaf Sampai Menjadi Im...
  8. Michael: Kebenaran Itu Hanya Ditemukan Dalam Islam...
  9. Tolak Blokade Israel, Mahasiswa Inggris Duduki Kam...
  10. Islam Tumbuh Pesat di Inggris
  11. Kisah Yesus Tingkatkan Muallaf Spanyol!
  12. Alvero, Kisah Seorang Spanyol yang Memeluk Islam
  13. Kaci Starbuck Bangga Jadi Muslimah
  14. Hj Vera Pangka, Ibunya Para Muallaf
  15. Yusuf Islam Donasikan Lagu untuk Gaza
  16. Gadis Islandia itu Temukan Islam di Amerika
  17. Memeluk Islam, Pelukis Rusia Ekspresikan Keimanann...
  18. Jamilah Kolocotronis, Menemukan Cahaya Islam Saat ...
  19. Luna Cohen, Yahudi Maroko Menemukan Kebenaran Isla...
  20. Katlin Hommik Terkesan Puasa Ramadhan
  21. Konsep Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Memilih Islam...
  22. Saudi: 510 Warga Asing Menyatakan Masuk Islam
  23. Dalam Sehari, 10 WN JEPANG Masuk Islam
  24. 14.200 Warga Kulit Putih Inggris Masuk Islam, Keba...
  25. Erik Meijer: Islam Itu Bisa Diterima Logika
  26. Tiap Tahun 3600 Warga Prancis Masuk Islam
  27. Kyrgyzstan Menjauhkan Anak-Anak Dari Islam
  28. Bantuan ke Jalur Gaza Capai 36 Trilyun
  29. HRW: Larangan Jilbab Mendiskriminasi Wanita Muslim...
  30. Penggalangan Dana Peduli Muslim Rohingya di Arena ...
  31. Selamat dari Kecelakaan Maut, Muslimah Rusia Bangu...
  32. Mengenal Islam Melalui Musik Underground
  33. Aria Desti Kristiana : Kenapa Tuhan Harus Disalib?...
  34. Di AS : Seorang Pendeta Menyatakan Masuk Islam "Di...
  35. Pelaksanaan Ajaran Islam Semakin Meningkat,.
  36. STEVEN KRAUSS
  37. PROFESOR JEFREEY LANG,PROFESOR MATEMATIKA
  38. ALEXANDER PERTZ
  39. VICENTE MOTA ALFARO
  40. MICHAEL DAVID SHAPIRO
  41. STEPEN SCHAWARTZ
  42. ISLAM TUMBUH PESAT DI INGGRIS
  43. KISAH YESUS TINGKATKAN MUALAF DI SPANYOL
  44. EASY ASHBY MEMELUK ISLAM USIA 13 TAHUN
  45. KACI STARBUCK
  46. Hj VERA PANGKA,IBUNYA PARA MUALAF
  47. GADIS ISLANDIA TEMUKAN ISLAM
  48. AL HAJ LORD HEADLY AL FAROOQ
  49. MOHAMMAD ASAD
  50. JOSEPH COHEN ,YAHUDI PINDAH KE ISRAEL MASUK ISLAM
  51. PEMUDA PERANCIS DAPAT HIDAYAH DI INGGRIS
  52. MOHAMMAD ALEXANDER RUSSEL WEBB
  53. SIR JALALUDIN LOUDER BRUNTON
  54. MUHAMMAD AMAN HOBOHN
  55. PROF HAROON MUSTAPA LEON
  56. ALI SELMAN BENOIST
  57. Dr. UMAR ROLF BARON EHRENFEL
  58. Dr. ABDUL KARIM GERMANUS
  59. Dr. HAMID MARCUS
  60. WILLIAM BURCHEL BASYIR PICKARD
  61. KOLONEL DONALD S ROCKWELL
  62. Mr. R.I. MELLEMA
  63. MISS MAS'UDAH STEINMANN
  64. FRIDA T MARAMIS
  65. YUSUF ROGER MARAMIS , Dari Evangelis Menjadi Dai
  66. H. Muhammad Zulkarnaen (d/h Eddy Crayn Hendrik)
  67. THERESIA DELLI SURJARMI
  68. SANDRINA MALAKIANO
  69. RUDY MULYADI FOORSTE S.TH
  70. DUA KALIMAT SYAHADAT MEMBISIK DI TELINGAKU
  71. CHRISTIAN GUSTAV
  72. AMY PEREZ
  73. TORQUATO CARDELLI
  74. TIA 'AFI'
  75. ALICIA
  76. SEORANG WALIKOTA DI AS MEMUTUSKAN MASUK ISLAM
  77. MUHAMAD RAMADHAN (STENDLY DELON)
  78. DARI SEORANG NEO NAZI MENJADI SEORANG MUSLIM
  79. PELATIH SEPAK BOLA ASAL PRANCIS MEMILIH MASUK ISLAM
  80. MIHAI BRESCARO
  81. ESTANISLAO SORIA(MANTAN PENDETA KATHOLIK FILIPHINA)
  82. PAQUITA WIDJAYA
  83. Molly
  84. IVONNE RIDLEY
  85. JESSICA,PUTRI SURIAH
  86. KATHY,WANITA AMERIKA
  87. PENDETA SENIOAR DI AFRIKA
  88. PROF DR HUBERTUS MYNAREK (PASTOR DAN TEOLOG)
  89. CHRISTIAN SCIENE MONITOR
  90. LAKSAMANA TNI (PURN SUDOMO)
  91. SUDOMO :SAYA MURTAD SELAMA 36 TAHUN
  92. OKTO RAHMAT TOBING
  93. KI MANTEP SUDHARSONO
  94. TAN PING SIEN (MUHSIN)
  95. G.M. SUDHARTA
  96. LIEM TJENG LIE
  97. ALEXANDRA GOTTARDO
  98. JIP HENJY JANA P, M.B.A.
  99. H. BURHAN NAPITULU
  100. OEY KIAM TJENG
  101. WS RENDRA
  102. AHMAD IHSAN (LIEM TJOE SAN)
  103. JAW MEI HWA
  104. NAOKO KASAI
  105. MUHAMMAD MU’MIN
  106. ANNA MARCELIA
  107. IRENI (Ny. Han Hoo Lie)
  108. STEFANUS R SUMANGKIR (EX PENDETA)
  109. RAHMAT PURNOMO (EX PENDETA)
  110. HANDOKO EX AKTIFIS GEREJA
  111. KWIK DYIT SOEN
  112. RICHELLE SANTOS,GADIS FILIPHINA
  113. WILLIBORDUS ROMANUS LASIMAN
  114. SYEIKH YUSUF ESTES EX PENGINJIL
  115. AISHA CANLAS
  116. SAYA INGIN MENJADI BAGIAN ORANG ISLAM
  117. KH. Drs. ALIFUDDIN EL ISLAMI (d/h Siong Thiam )
  118. PEREMPUAN JERMAN BERBONDONG-BONDONG MEMELUK ISLAM
  119. AMIRAH BOURABA
  120. PEMUDA ARGENTINA TEMUKAN ISLAM LEWAT INTERNET
  121. Ayesha
  122. GADIS KOLOMBIA BERSYAHADAH LEWAT INTERNET
  123. "JORDIE ROSENBAUM,PUTRI YAHUDI”
  124. BRITNEY SPEARS
  125. RUQAYYAH WARIS MAQSOOD
  126. GADIS AMERIKA BERSYAHADAH DI BIS KOTA
  127. MARGARITA
  128. Dr YAHYA YOPIE WALONI
  129. MICHAEL JAKSON
  130. DELANCE ,PERJALANAN SPIRITUAL
  131. MARMADUKE PICKTHALL
  132. SARA BOKKET,MANTAN MODEL
  133. AMIRA MAYORGA
  134. PENDETA KATHOLIK FILIPHINA YANG MENEMUKAN ISLAM
  135. MASUK ISLAM KARENA IKLAN BUS
  136. MUALAF LATIN DI AMERIKA
  137. ANAKKU DIRAMPAS KARENA “AKU MEMILIH ISLAM”
  138. TERTARIK KONSEP KETUHANAN
  139. HIDAYAH TAK KENAL WARNA,BANGSA DAN MASA
  140. PENGACARA YAHUDI PELUK ISLAM SETELAH 9/11
  141. DIANGGAP GILA SETELAH MENEMUKAN ISLAM
  142. TUHAN TELAH MEMILIKAN SAYA
  143. AKU BAHAGIA DIDALAM ISLAM
  144. ISLAM BUKAN TERORIS
  145. TERBIMBING MENUJU ISLAM
  146. OH TUHAN,TUNJUKANLAG BAGAIMANA AKU,MENEMUKANMU
  147. BERANJAK DARI TITIK NOL
  148. BERAWAL DARI BENCI BERAKHIR DENGAN CINTA
  149. Kisah Pemuda Yahudi –menemukan Islam di Internet

  150. Wajah baru Islam

  151. Ribuan orang Terkemuka di Inggris ke pelukan Islam

  152. Mualaf berbicara tentang bagaimana menegakkan Islam

  153. Mualaf Rusia memperkenalkan Toleransi didalam Islam

  154. Increasing Number Of Germans Embracing Islam

  155. Orang Katholicyang beralih ke agama Islam meningkat

  156. Beberapa nasehat untuk Mualaf baru

  157. A CATHOLIC NUN:BAD EXPERINCE BUT BEATIFUL END

  158. Hungarian Convert to Islam: Sultan

  159. Khadega Pihan dari Jerman

  160. MUSLIMS AUSTRIA: THE EARLY RECOGNITION OF RELIG...

  161. Muslim Mualaf dokuomentasi Texas

  162. Perjalananku menuju Islam

  163. Iman (Monica) Aparicio dari Kristen ke Islam

  164. 73 Year old Italian Man and His Wife Convert to Is...

  165. Ibrahim Karlsson

  166. Christopher Shelton

  167. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  168. Rob Wicks

  169. Yahiye Adam Gadahn

  170. Cinta tak terbatas untuk sebuah pujian

  171. Shalawat untuk Muhammad Mustafa saw

  172. Indian Nobel Prize Nominee Embraces Islam

  173. Iman from Italy finds Islam

  174. A French Doctor of Medicine Narrates his Adherence...

  175. A Different Childhood

  176. Sir Abdullah Archibald Hamilton (England)

  177. Muhammad Aman Hobohm (Germany)

  178. Thomas Irving (Canada)

  179. Mavis B. Jolly (England)

  180. Miss Fatima Kazue (Japan)

  181. professor Haroon Mustapha Leon

  182. American Muslims Growing in Number Rapidly After...

  183. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  184. DISCOVERING ISLAM: A CANADIAN MUSLIMA'S STORY

  185. Karima Slack Razi

  186. Jewellee

  187. HEADLINE : WHY I CHOSE ISLAM, BY BRIDE JEMIMA

  188. C. Huda Dodge : My Path To Islam

  189. Afrah Alshaibani : Becoming Muslim

  190. Testimony of Ahmed Corpus (Formerly Marco Corpus)

  191. Dr. ALI SELMAN BENOIST

  192. Christopher Patrick Nelson : Islam Saved My Mental...

  193. FAUZUDDIN AHMAD OVERING

  194. CNN News: 1.5 Million Americans coverted to ISLAM ...

  195. NBC NEWS: 20000 Americans Convert To ISLAM Each Ye...

  196. Africa, the first refuge for Muslims

  197. List of converts to Islam from Dharmic religions a...

  198. List of converts to Islam from Judaism

  199. List of converts to Islam from Christianty

  200. 'Allah came knocking at my heart'

  201. Testimony of Ihsan Chua Gim Sam

  202. The Best Speech is the Speech of Allah,And the Bes...

  203. John Kirch, USA, "I went on a 20-year-long search ...

  204. Have you ever wondered what the name Tallahassee m...

  205. Abdul Hakeem Heinz: Islam Eventually Entered My He...

  206. MAVIS B. JOLLY, The Qur'an, I found, works silentl...

  207. Mike LoPrete, USA, 19 year old college student. "...

  208. My Conversion to Islam

  209. Sherif Quinn,Christianity: The Point of Departure

  210. Shive Prasad Demolished Babri Masjid That Day -

  211. TIM WEIS, I have European lineage. I am a Muslim. ...

  212. Walter 'Abdul-Walee' Gomez

  213. The Story of a Jewish Boy - Finding Islam in Cyber...

  214. Kimi from australian

  215. Tasha, I had been studying Islam ever since I was ...

  216. Finding My Way….Lynette Wehner's conversion to Isl...

  217. The conversation to Islam of (Yahya) Donald W. Flo...

  218. How We Came To Embrace Islam

  219. Somayyah, From a Bathing Suit to Hijab.

  220. God works in mysterious ways

  221. Rashida S. (Rachel Singer) daughter of a devout Ro...

  222. Jocelyn Wiener, Times Staff Writer. Young, Female ...

  223. InNoor's Testimony: sights into Women in Islam vs....

  224. ,Nakata Khaula,A Japanese Woman's Experience of Hi...

  225. Michelle, "I came from a Jewish family in New Yor...

  226. Maureen McCormick, Life is good for Muslim women

  227. Maryam Jameelah, Converts' Stories: Interview with...

  228. Maryam al-Mahdayah, There is no more conflict w...

  229. Madonna Johnson "..all of my turmoil and anxiety ...

  230. Dr. Kari Ann Owen.USA, Jewish, "I began to look .....

  231. Karen's Testimony. "If Jesus is God, then why did ...

  232. Haji Maryam Mohammed Ahmed, American Muslima, She ...

  233. Chahida Zanabi, Norway, "..i found [a belief that ...

  234. Asiya Abd al-Zahir,Australia, "..the only religion...

  235. Aminah Assilmi "I couldn't be a Muslim! I was Ame...

  236. Yvonne Ridley In the Hands of the Taliban: From C...

  237. Yusuf Islam (Formerly Cat Stevens) Famous ex-Roc...

  238. Wilfried (Murad) Hofmann, German Diplomat And NATO...

  239. PROF. UMAR MITA, Economist, Social Worker and Pre...

  240. Nuh Ha Mim Keller, From an American Catholic to on...

  241. Leopold Weiss,Statesman, Journalist, Author, and t...

  242. Muhammad Ali

  243. Dr. Maurice Bucaille,The author of: "The Quran and...

  244. Michael Wolfe

  245. Malcolm X - In His Own Words

  246. A Confession by Leo Tolstoy

  247. Kareem Abdul-Jabbar

  248. Johann Wolfgang v. Goethe Embraced Islam

  249. Jemima Goldsmith : Why I chose Islam, by bride Jem...

  250. Jermaine Jackson

  251. Dr. Jeffrey Lang

  252. German Pop Singer Finds Destination in Islam

  253. Lord Headley Al-Farooq (England)

  254. Hamza Yusuf (Mark Hanson)

  255. Lady Evelyn Zeinab Cobbold

  256. Dileep Kumar, Leaving Celebrity Status Behind

  257. Dr. Abu Ameenah Bilal Philips

  258. Testimony of Abdur-Raheem Greene (Formerly Anthony...

  259. Dr. Yahya A.R. Lehmann,(Former Roman Catholic Prie...

  260. Viacheslav Polosin - Former Archpriest of the Russ...

  261. S.M. SULAYMAN,(Former Baptist Church Minister), U....

  262. Selma A. Cook,An Australian Missionary’s Journey t...

  263. Ruba Qewar, Jordanian Missionary reverts to Islam

  264. Raphael Narbaez, Jr. ,From the Watchtower to the M...

  265. Rabbi Moisha Krivitsky of Makhachkala synagogue e...

  266. Muslima,The Former Catholic Missionary (Burundi)

  267. Khadijah 'Sue' Watson - Former pastor, missionary,...

  268. Ibrahim Khalil - Former Egyptian Coptic priest

  269. George Anthony - Former Catholic priest

  270. Dr. Gary Miller (Abdul-Ahad Omar) - Former mission...

  271. Anselm Tormeeda - 14th century CE scholar and prie...

  272. Anonymous Female Missionary Former Catholic missio...

  273. Abdullah al-Faruq - Formerly Kenneth L. Jenkins,

  274. Martin John Mwaipopo

  275. George Anthony - Former Catholic priest

  276. Drs. Alifuddin El-Islamy (d/h Siong Thiam ) :

  277. Cardinal Abu Ishaq

  278. Prof. Abdul Ahad Dawud

  279. Dr. Jerald F. Dirks

  280. Long journey toward Islam, a Muslim American

  281. Aisha Canlas, Peaceful Feeling Hearing Voices Adzan...

Download

    1. ebook : Masalah dan solusi (Shakwaa wa Hulul)

    2. Perlakuan terhadap minoritas menurut Kristen dan Islam

    3. Kisah perjalanan dari Kristen ISLAM

    4. Muhammad Saw dari A sampai Z

    5. Referensi Web Dunia : Quran Mp3

    6. Free ebook : Al-Quran dan Ilmu Astronomi

    7. Saya menyeru kepada Wanita dimana rasa malumu,Saudaraku?

    8. Tafsir Kalimat Tauhid

    9. Perjalanan Mencari Kebenaran (indonesia)

    10. Status Yesus didalam Islam

    11. download :Islamic CGI Scripts

    12. FREE EBOOK FROM pakdenono.com

    13. Download Al Quran dengan terjemahan bahasa urdu (1)

    14. download : E-Hadith Software E-book 2.0.1

    15. Screensaver Islami “ keajaiban Al qur’an

    16. download : INDAHNYA ISLAM KITA

    17. download : Muslim Explorer 2007

    18. Download : Software 1.0 Hadist

    19. download book : Wanita Dalam Pandangan Islam

    20. Kisah-Kisah para Nabi

    21. Cyber Salat

    22. Pentingnya sebuah hak

    23. Bacaan Al Quran : Abd AlWADOOD Haneef

    24. Islamic Screen Savers Downloads

    25. Divine Islam Software

    26. Internet Islamic Tools Downloads

    27. Hadith Downloads

    28. Quran Downloads

    29. Download : Piagam Madinah (language bahasa indones...

    30. HOLY QURAN - Chapter Wise - Beautifully Compiled

    31. Siapkah Kamu untuk Islam?

    32. Pertanyaan mu dan jawaban Al qur’an

    33. Islam – Jawaban kepada Non muslim

    34. Translation of the meaning of the Holy Quran

    35. Quran recitation by Sa'ad al-Ghamdi in MP3 format

    36. Arabic/English Quran in searchable (only English)




Arsip Blog

Gratis Download Ebook,Mp3 dan Software Islam's Fan Box